Cara Cepat Menaikkan Kadar Gula Darah

Memiliki kadar gula darah atau glukosa yang rendah dapat mempengaruhi tubuh Anda, ketika gula darah Anda rendah atau hipoglikemia, maka tubuh Anda menjadi sangat lemas. Akibatnya Anda mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas.
Tidak hanya itu, hipoglikemia membuat Anda menjadi pusing, tubuh bergetar, berkeringat dan lapar.
Ada banyak hal yang menyebabkan kadar gula darah Anda rendah, seperti tidak mengkonsumsi makanan dalam waktu yang lama, kurang mengkonsumsi gula, terlalu banyak kadar insulin dalam tubuh hingga aktivitas fisik yang berlebih.
Bagi sahabat Medisqu yang pernah atau bahkan sering memiliki kadar gula darah rendah, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk menaikkan kadar gula darah dengan cepat.

Makan

 

Salah satu penyebab gula darah rendah yaitu Anda terlalu lama melewatkan waktu makan, akibatnya Anda lemas dan tidak berenergi. Konsumsi makanan berat dengan karbohidrat seperti nasi, kentang atau roti.
Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengkonsumsi makanan manis seperti buah – buahan, madu hingga permen.
Pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang cukup hingga Anda merasa kenyang, namun tidak berlebihan. Setelah makan, biasanya tubuh Anda kebali bugar dan gula darah kembali meningkat.

Konsumsi Minuman Manis

 

Untuk menaikkan kadar gula, maka Anda harus menambah asupan gula dari minuman manis tertentu. Anda bisa memilih untuk mengkonsumsi jus, smoothie hingga jenis minuman lain yang mengandung gula.

Konsumsi makanan ringan

Diantara waktu makan berat seperti sarapan dan dan makan siang, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan ringan. Terlebih jika Anda orang yang memiliki aktivitas yang padat, pastikan untuk menyediakan makanan ringan didekat Anda.
Mengkonsumsi makanan ringan diantara waktu makan bisa mencegah penurunan gula darah dan menstabilkannya sepanjang waktu. Namun pastikan Anda tidak mengkonsumsi makanan ringan secara berlebihan.

Glukagon

Glukagon biasanaya hanya diberikan kepada orang dengan hipoglikemia berat atau kadar gula darah yanh terlalu rendah. Ini merupakan hormon yang berfungsi menstabilkan gula darah dengan cepat.
Penggunaan glukagon hanya bisa dilakukan oleh dokter setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan, sehingga Anda tidak bisa menggunakan cara ini di rumah.
Sahabat Medisqu, untuk mencegah gula darah Anda turun drastis, pastikan untuk mengkonsumsi makanan berat 3 kali sehari dengan jarak waktu yang sama, jangan mengurangi waktu makan dan porsinya.
Selanjutnya pastikan untuk mengkonsumsi jenis makanan dan minuman mengandung gula setiap hari, hindari olahraga berlebih dan lakukan pengecekan gula darah secara rutin.
Hypoglicemia. Diakses pada 2020. Mayoclinic
Low blood sugar. Diakses pada 2020. Healthline
Hypoglicemia. Diakses pada 2020. NHS
 
Disclaimer: informasi dari Medisqu tidak menggantikan nasihat medis. Selalu konsultasikan ke dokter Anda sebelum melakukan tindakan lebih lanjut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *