Tips Aktivitas era New Normal ditengah Pandemi

Masa pandemi Covid-19 belum juga berakhir, hingga kini masih banyak kasus yang terus dilaporkan setiap harinya. Meski begitu, beberapa waktu lalu pemerintah mengambil langkah berbeda dalam menghadapi pandemi ini. ‘New Normal’ merupakan langkah yang pemerintah siapkan guna mengizinkan masyarakat untuk kembali melakukan aktivitas ditengah pandemi.
Melakukan aktivitas di era New Normal membutuhkan protokol kesehatan yang serius, seperti tetap menjaga jarak, menjaga kebersihan dan menghindari bepergian ketika tubuh sedang tidak dalam kondisi yang sehat.
Bagi Anda yang akan memulai kembali melakukan aktivitas pada era new normal, tentu Anda harus memperhatikan beberapa tips  kesehatan berikut agar aktivitas tetap berjalan dengan baik dan terhindar dari paparan covid-19.

Menjaga Jarak Fisik

Physical Distancing atau menjaga jarak fisik merupakan hal yang harus diperhatikan saat bepergian keluar rumah dan pergi ke tempat umum. Hal ini juga perlu Anda perhatikan ketika Anda menggunakan transportasi umum.
Biasanya saat menggunakan transportasi umum, baik sengaja atau tidak, besar kemungkinan Anda akan bersentuhan secara fisik. Untuk itu pastikan Anda menjaga jarak dengan baik, berdiri atau duduk di tempat yang telah disediakan oleh petugas.
Selanjutnya saat bertemu dengan orang lain seperti kerabat atau teman, pastikan untuk tidak bersalaman atau berpelukan terlebih dahulu.

Mencuci Tangan yang Sesuai dan Rutin

Jika biasanya Anda mencuci tangan sebelum atau sesudah makan saja, pada masa new normal ini, Anda di tuntut untuk lebih rutin mencuci tangan. Misalnya sebelum masuk rumah, setelah menggunakan benda tertentu seperti ponsel, menggunakan kendaraan, masuk ke area sekolah, kantor dan lain sebagainya.
Tidak hanya itu, Anda juga harus memperhatikan langkah mencuci tangan yang baik dan benar. Gunakan sabun dan bilas dengan air mengalir atau gunakan cairan berbasis alkohol.

Konsumsi Makanan sehat

Saat tubuh memiliki imun yang kuat, maka berbagai macam penyakit tidak akan mudah menyerang. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti buah dan sayur setiap hari, untuk mempertahankan imun yang kuat saat beraktivitas pada era new normal.

Olahraga Teratur

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar juga bisa didapatkan dari rutin berolahraga. Pastikan Anda olahraga ringan minimal 150 menit setiap minggu. Anda bisa membagi dalam beberapa sesi, misalnya Anda bisa berlari selama 30 menit selama 5 hari dalam seminggu.

Tidak Bepergian Saat Sakit

Penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan diri sendiri, namun Anda juga harus peduli kepada orang lain dengan menjaga kesehatan mereka dengan tidak bepergian keluar rumah ketika kondisi sedang tidak sehat.
Orang yang sedang tidak dalam kondisi sehat, maka akan rentan terserang covid-19, Anda bisa membahayakan diri Anda sendiri dan orang lain.

Jaga Lansia agar Tetap di Rumah

Apakah Anda memiliki orang tua atau kakek dan nenek di rumah? Jika iya, pastikan Anda lebih ekstra menjaga kesehatan tubuh mereka. Hindarkan lansia di rumah dari paparan aktivitas luar. Misalnya Anda tidak membawa teman yang banyak ke rumah dan melakukan aktivitas yang lama didalamnya.

Gunakan Masker dan Faceshield

Pada era new normal, Anda tidak akan bisa memasuki area umum tanpa menggunakan masker, misalnya pasar modern, mall, menggunakan transportasi umum seperti kereta dan pesawat terbang.
Oleh sebab itu, Anda harus selalu menggunakan masker setiap keluar rumah agar mencegah penularan covid-19 melalui udara dan droplet. Sebagai langkah lengkap perlindungi diri, Anda juga bisa menggunakan faceshield ketika harus pergi keluar dan bertemu dengan banyak orang.

Manfaatkan Fasilitas Telemedicine

Saat ini tersedia banyak fasilitas telemedicine, yaitu konsultasi kesehatan jarak jauh menggunakan internet atau sosial media. Ketika Anda ingin mendapatkan informasi kesehatan apapun termasuk covid-19, Anda bisa langsung mendapatkannya.
Beberapa website atau aplikasi menugaskan tenaga medis untuk menjawab segala pertanyaan terkait gejala penyakit yang sedang dirasakan, sehingga Anda bisa lebih mudah memahami kondisi kesehatan yang sedang terjadi.

Tidak Mengumpulkan Massa dalam Jumlah Banyak

Meskipun masuk dalam era new normal, Anda sebaiknya tetap tidak mengadakan kegiatan yang dapat mengundang massa dalam jumlah banyak, misalnya seperti acara ulang tahun, pernikahan, khitanan dan acara sejenis lainnya.
Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 agar tidak semakin terus meluas. Jika harus menyelenggarakan kegiatan keluarga seperti pernikahan, pastikan untuk membatasi jumlahnya dan tetap laksanakan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah dan medis.
Itulah beberapa tips menjalani aktivitas pada era new normal agar terhindar dari Covid-19. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *