Cara Mengatasi Kulit Berminyak dengan Mudah dan Ampuh

Beragam jenis kulit yang ada memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing, salah satunya yaitu jenis kulit berminyak yang cukup banyak dimiliki oleh orang Indonesia.

Orang yang memiliki kulit berminyak umumnya akan memiliki kerutan lebih sedikit dibandingkan dengan orang dengan jenis kulit lainnya. Namun disamping itu, banyak orang kulit berminyak mengeluh akibat minyak berlebih yang sering mereka alami.

Jenis kulit ini memang lebih mungkin untuk memiliki jerawat, hal ini terjadi karena pori – pori tersumbat oleh minyak ketika produksinya sedang berlebih.

Tak hanya itu, orang dengan kulit berminyak juga sulit untuk menggunakan riasan dalam jangka waktu yang lama. Biasanya, riasan pada wajah akan luntur karena minyak yang banyak keluar dari wajah Anda.

Nah, bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak dan mulai terganggu dengan banyaknya produksi minyak hingga menimbulkan beragam masalah kulit, Anda tidak perlu khawatir, Medisqu akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi hal tersebut.

Gunakan Pelembab

Mungkin Anda bertanya – tanya, mengapa kulit berminyak tetap harus pakai pelembab? Memang banyak orang yang memiliki jenis kulit berminyak justru menghindari pelembab karena takut kulitnya akan semakin berminyak.

Hal tersebut justru anggapan yang keliru, semua jenis kulit termasuk berminyak sangat perlu menggunakan pelembab. Pelembab dapat mempertahankan kelembaban dan menyegarkan wajah Anda. Namun bagi yang memiliki kulit berminyak, pastikan untuk memilih produk pelembap khusus.

Cuci Wajah secara Teratur

Mencuci wajah secara teratur mampu mengurangi minyak pada wajah Anda. Namun pastikan untuk menggunakan sabun wajah yang sesuai dengan kulit Anda.

Penggunaan sabun wajah yang salah justru tidak membantu mengurangi minyak berlebih. Cucilah wajah Anda setidaknya 2 kali dalam sehari, misalnya setelah bangun tidur dan setelah membersihkan riasan.

Selanjutnya pastikan untuk tidak mencuci wajah secara berlebihan, mencuci wajah terlalu sering justru akan membuat kulit Anda menjadi kering.

Masker Tomat

Tahukah Anda bahwa tomat sangat baik bagi kesehatan kulit? Tomat memiliki kandungan asam salisilat yang dapat mengurangi produksi minyak berlebih dan mampu untuk mengatasi jerawat.

Untuk membuat masker tomat Anda bisa menghaluskannya atau hanya memotongnya secara tipis. Selanjutnya oleskan masker tomat pada seluruh area wajah, diamkan selama 5 menit dan bilas menggunakan air hangat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengulangi cara ini ketika produksi minyak pada kulit wajah Anda sedang berlebih.

Gunakan Masker Wajah

Setelah menggunakan riasan hampir setiap hari untuk bekerja atau bertemu teman, Anda harus memberikan waktu kepada kulit untuk terbebas dari penggunaan riasan.

Hari dimana Anda tidak menggunakan riasan, gunakan untuk membersihkan dan mengembalikan kesehatan wajah dengan menggunakan masker. Anda bisa menggunakan masker wajah pada akhir pekan.

Orang dengan kulit berminyak membutuhkan masker khusus agar minyak pada kulit Anda dapat berkurang dan tidak membuat kulit menjadi kering.

Anda bisa menggunakan masker madu atau oatmeal buatan sendiri, madu memiliki kemampuan untuk menyerap minyak berlebih. Sedangkan oatmeal berfungsi untuk membersihkan kulit wajah Anda.

Scrub Almond

Scrub wajah juga penting untuk dilakukan secara rutin, yakni untuk mengangkat sel kulit mati, minyak berlebih, kotoran dan memperlancar sirkuasi darah di area wajah.

Bagi pemilik kulit berminyak, Anda bisa menggunakan scrub almond dan madu. Caranya sangat mudah, pertama haluskan beberapa biji kacang almond dan campur dengan satu sendok madu. Selanjutnya olesi scrub buatan Anda ke area wajah selama 10 menit dan bilas menggunakan air hangat.

sahabat Medisqu, memiliki kulit berminyak tentu memerlukan jenis produk perawatan yang khusus. Pastikan Anda memilih seluruh produk perawatan khusus untuk kulit berminyak, jika tidak cermat dalam memilih produk, maka ini dapat memperparah produksi minyak pada kulit Anda.

Selain itu, jika Anda memiliki kulit berminyak akibat keturunan atau hormon, maka lakukan beberapa tips diatas secara teratur. Meskipun produksi minyak akibat keturunan dan hormon sulit untuk dikendalikan, tetap lakukan beberapa cara tersebut untuk mengurangi minyak keluar lebih banyak.

Beberapa pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan mengubah gaya hidup lebih sehat, seperti minum air yang cukup dan hindari makanan tinggi lemak.

 

Referensi: 

Oily Skin. Diakses pada 2020. NHS
Home Remedies for oily skin. Diakses pada 2020. Healthline
 
Disclaimer: informasi dari Medisqu tidak menggantikan nasihat medis. Selalu konsultasikan ke dokter Anda sebelum melakukan tindakan lebih lanjut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *