5 Rekomendasi Aktifitas Bersama Anak Saat New Normal di Masa Pandemi

Hampir 7 bulan lamanya Masyarakat Indonesia berjuang untuk melawan virus corona, meski beberapa waktu lalu pemerintah menerapkan kebijakan new normal dalam melakukan aktivitas sehari hari, namun beberapa perusahaan masih menerapkan kebijakan bekerja dan belajar dari rumah.

Dengan begitu, orang tua dan anak akan lebih banyak melakukan aktivitas di rumah, mulai dari belajar hingga bermain. Oleh karena itu, orang tua harus pintar – pintar mencari banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak agar aktivitas sehari – hari tidak membosankan.

Berikut beberapa macam aktivitas yang dapat orang tua dan anak lakukan bersama di rumah pada saat pandemi :

Melukis

melukis dengan anak

 

Banyak anak – anak yang sangat suka bermain dengan cat warna – warni, untuk itu Anda bisa mencoba mengajak mereka berkreasi dengan cat untuk membuat sebuah lukisan.

Selain mengisi waktu luang, ini juga dapat meningkatkan kreativitas anak dan meningkatkan kecerdasan berpikir mereka.

Bermain Air

Sekarang sangat mudah menemukan kolam renang mainan dari bahan karet atau semacamnya, karena tidak ada kolam renang yang beroperasi di masa pandemi, tentu Anda sebagai orang tua harus mencari cara agar anak Anda tetap dapat bermain air di rumah.

Bermain air memiliki banyak manfaat bagi anak, seperti mendorong perkembangan fisik, meningkatkan kreativitas dan sebagai sarana belajar bagi mereka.

Memasak Bersama

Adakah anak Anda yang sangat gemar membantu di dapur? Anak – anak memang sangat senang beraktivitas di dapur saat ibu atau ayahnya sedang memasak.

Oleh karena itu, manfaatkan hal tersebut untuk mengajak anak memasak bersama. Memasak dapat meningkatkan kreativitas dan melatih kerja sama yang baik.

Anda bisa memberi tugas ringan kepada mereka seperti, mencuci buah dan sayur, mencampur bahan – bahan dan menata makanan yag telah matang.

Belajar Menulis Surat

Ketika mereka tidak pergi sekolah, tentu saja mereka juga tidak dapat berinteraksi dengan teman – temannya untuk jangka waktu yang lama. Dengan begitu ajari mereka untuk mengungkapkan rasa rindu dan menceritakan aktivitas harian mereka kepada guru dan teman di kelas.

Selain dapat membantu mereka belajar menulis, ini juga bisa mengajari mereka untuk melakukan kegiatan komunikasi dengan orang lain meski tidak secara langsung.

Olahraga

Olahraga menjadi kegiatan wajib yang perlu dilakukan oleh setiap orang, ketika orang tua dan anak memiliki banyak waktu luang, pastikan untuk menggunakannya untuk berolahraga bersama.

Selain dapat meningkatkan kesehatan anak Anda, ini juga dapat meningkatkan kecerdasan dan perkembangan tubuh mereka.

sahabat Medisqu, bagi Anda orang tua yang memiliki anak dan harus melakukan segala aktivitas di rumah selama masa pandemi, tentu harus mencari banyak kegiatan yang akan dilakukan sehari – hari bersama anak.

Semakin banyak jenis kegiatan yang Anda rencanakan, maka akan semakin baik. Ini akan mencegah rasa bosan pada anak Anda. Mengingat aktivitas new normal akan berlangsung cukup lama hingga berbulan – bulan lamanya.

Pastikan untuk terus mengimbangi aktivitas belajar, bermain dan istirahat mereka. Agar kesehatan anak juga tetap terjaga dengan baik dan perkembangan tubuh serta kecerdasan mereka juga berjalan dengan normal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *