Cara Alami dan Cepat Memutihkan Gigi di Rumah

Setiap orang tentu ingin memiliki gigi yang rapi dan putih, memiliki gigi yang putih dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang, Anda dapat tersenyum lebar tanpa takut memperlihatkan gigi kepada orang lain.

Tidak semua orang memiliki warna gigi yang putih dan bersih, sebagian dari kita memiliki warna gigi yang kurang cerah bahkan cenderung kuning hingga cokelat.

Tentu warna gigi yang kurang cerah dan bersih membuat seseorang merasa tidak percaya diri ketika berbincang dengan orang lain bahkan cenderung merasa malu. Nah bagi yang memiliki masalah gigi tersebut, Anda tidak perlu khawatir karena kali ini Medisqu akan memberikan beberapa tips untuk mengembalikan warna putih dan cerah pada gigi secara alami. Berikut beberapa caranya :

1. Soda Kue

Menyikat gigi merupakan kegiatan wajib yang perlu dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari agar kebersihan gigi dan mulut selalu terjaga dengan baik. Namun terkadang menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi saja belum cukup, dengan begitu Anda perlu menggunakan bahan lain agar kebersihan gigi menjadi maksimal.

Soda kue menjadi salah satu bahan yang dapat anda gunakan untuk menyamarkan dan menghilangkan noda kuning dan cokelat pada gigi, tambahkan sedikit soda kue pada pasta gigi Anda. Ini karena soda kue merupakan bahan abrasif. Tak hanya itu, soda kue juga dapat menghilangkan dan mengurangi bakteri yang terdapat pada gigi.

Jika anda ingin mencoba menggunakan soda kue, pastikan anda mencobanya sedikit terlebih dahulu sebelum melakukannya secara rutin. Ini untuk mengetahui kecocokan penggunakan soda kue pada gigi anda.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa tidak hanya baik untuk dikonsumsi, namun ini juga dapat digunakan untuk membuat warna gigi menjadi lebih putih. Tidak untuk mencampurnya dengan pasta gigi, anda bisa menggunakan minyak kelapa sebagai bahan kumur.

Caranya ambil 2 hingga 3 sendok minyak kelapa dan masukkan kedalam gelas kecil, selanjutnya kumur – kumur secara perlahan selama 5 hingga 10 menit.

Setelah itu bilas dan kumur menggunakan air biasa, akan lebih baik jika anda melanjutkannya dengan menyikat gigi.

3. Kulit buah jeruk, lemon dan pisang

Tidak hanya daging buah yang bisa memberikan nutrisi dan baik bagi kesehatan tubuh, namun ternyata kulit buah juga cukup memberikan manfaat untuk mencerahkan warna gigi.

Anda bisa menggunakan kulit pisang, jeruk dan lemon dengan menggosokkannya ke area permukaan gigi. Diketahui bahwa kulit buah jeruk dan pisang mengandung asam sitrat yang dipercaya dapat memutihkan gigi.

4. Hidrogen Peroksida

Ini merupakan zat yang dapat memutihkan gigi dan membunuh bakteri di mulut. Jika anda ingin menggunakan hidrogen peroksida untuk memutihkan gigi pastikan jumlahnya tidak banyak, ini perlu diperhatikan karena penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan gigi sensitif. Bahkan beberapa orang bisa saja tidak cocok menggunakan zat ini, untuk itu pastikan mencoba sedikit terlebih dahulu sebelum menggunakannya secara rutin.

Untuk menggunakan hidrogen peroksida, anda bisa menjadikannya sebagai obat kumur. Agar tidak menimbulkan efek samping, pastikan gunakan larutan maksimal 3% dan Anda perlu mencampurnya lagi dengan air.

5. Konsumsi Buah dan Sayur

Siapa sangka buah dan sayur yang tinggi kandungan airnya juga dapat memutihkan gigi secara alami, beberapa jenis buah seperti strawberry dan nanas dapat mengembalikan warna putih pada gigi Anda.

Kandungan air yang terdapat pada buah dan sayur dapat membersihkan plak pada gigi dan mengembalikan warna putih pada gigi.

6. Cuka Apel

Anda bisa menggunakan cuka apel sebagai obat kumur. Gunakan dua sendok makan cuka apel kedalam setengah gelas kecil air, selanjutnya berkumur selama 2 hingga 3 menit. Selanjutnya bilas menggunakan air biasa.

Untuk menggunakan cuka apel, perhatikan cara penggunaannya. Pastikan Anda tidak menggnakannya secara berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping seperti menyebabkan kerusakan pada struktur permukaan gigi.

Selain mencoba beberapa bahan diatas untuk memutihkan gigi, anda sebaiknya juga mencegah untuk konsumsi makanan atau minuman yang dapat memberikan warna pada gigi. Beberapa contoh minuman seperti kopi, teh dan soda hitam wajib dihindari jika tidak ingin gigi Anda tidak kembali berwarna kuning atau cokelat.

Selanjutnya hindari makanan dengan rasa asam juga, rasa asam dari makanan dapat menyebabkan gigi berwarna kuning dan merusak enamel jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak dan sering.

 

Referensi

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *