Hindari Mimisan, Kenali Penyebabnya dan Jangan Panik - Medisqu - Literasi Kesehatan Indonesia

Hindari Mimisan, Kenali Penyebabnya dan Jangan Panik

mimisan

Hampir setiap orang tentu pernah mengalami mimisan, baik mimisan yang terjadi saat masih kecil atau berlanjut hingga dewasa. Mimisan memang merupakan hal yang umum terjadi, ini biasanya bukan pertanda adanya masalah kesehatan yang serius, namun beberapa lainnya bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan.

Hidung memiliki banyak pembuluh darah yang sangat rapuh, itulah mengapa beberapa orang sangat mudah mengalami mimisan. 

Namun selain itu, ada beberapa penyebab mimisan yang perlu Anda ketahui agar Anda bisa melakukan pencegahan. Terlebih jika Anda tipe orang yang sangat sering mengalami mimisan. Usahakan untuk tidak panik saat mimisan terjadi dan segera cari tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Berikut beberapa penyebab mimisan yang umum terjadi :

Udara Kering

Udara yang kering dan panas dan memicu terjadinya mimisan. Udara sekitar yang terlalu kering dapat membuat selaput hidung Anda kering, itulah mengapa Anda akan lebih mudah mengalami mimisan.

Cedera/Hidung Patah

Cedera bisa terjadi ketika Anda terjatuh pukulan atau olahraga, ini membuat hidung Anda retak atau patah. Dengan begitu mimisan juga akan lebih mudah terjadi.

Sinusitis Akut

Sinusitis terjadi akibat adanya peradangan pada rongga di sekitar hidung. Ini membuat terjadinya penumpukan lendir dan kesulitan bernapas.

Selain itu, ada beberapa kondisi lain yang dapat meningkatkan resiko mimisan, seperti :

  • Gangguan darah/ Hemofilia
  • Tekanan Darah Tinggi
  • Masalah pada pembuluh darah dan pembekuan darah
  • Arteri yang mengeras
  • Rinitis Non Alergi
  • Leukimia
  • Tumor Hidung
  • Mengorek Hidung
  • Infeksi Saluran Pernapasan
  • Konsumsi Aspirin Dosis Tinggi

Cara mengatasi mimisan 

cara mengatasi mimisan

Untuk mengatasi mimisan dan menghentikan perdarahannya, Anda bisa melakukan beberapa cara mudah di rumah. Pastikan Anda untuk tetap duduk atau berdiri tegak, selanjutnya jepit hidung dengan jari tangan. Pastikan wajah Anda tidak menunduk.

Selain itu, Anda sebaiknya bernapas melalui hidung terlebih dahulu agar darah tidak terus mengalir melalui hidung. 

Sahabat Medisqu, jika mimisan Anda tidak berhenti dalam waktu lebih dari 20 menit dan darah yang keluar semakin banyak, pastikan untuk segera mencari pertolongan medis. Jika dibiarkan terlalu lama, dikhawatirkan Anda akan kehilangan banyak darah dan menimbulkan komplikasi masalah kesehatan lain.

Pencegahan juga perlu Anda lakukan, misalnya seperti menjaga suhu sekitar agar tetap lembab dan tidak mengorek hidung terlalu dalam. Untuk menjaga kelembapan suhu, Anda dapat menggunakan pelembap ruangan seperti humidifier.

Selanjutnya bagi Anda yang cukup sering mengalami mimisan, pastikan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter agar segera dapat diketahui penyebabnya. Mengingat beberapa penyebab mimisan yaitu akibat kondisi medis atau masalah kesehatan tertentu.


Belum ada Komentar untuk "Hindari Mimisan, Kenali Penyebabnya dan Jangan Panik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel