Makanan Ini Baik Dikonsumsi oleh Pasien Diabetes

Orang dengan diabetes tentu membutuhkan perhatian ekstra agar kadar gula darah tidak melonjak terlalu tinggi. Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan yaitu asupan makanannya.

Tidak hanya gula, makanan juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap kesehatan orang dengan diabetes, makanan bisa saja memberikan dampak buruk bagi kesehatan atau malah sebaiknya, yaitu dapat meningkatkn kesehatan mereka.

Ada beberap makanan yang sehat dan justru direkomendasikan agar dikonsumsi oleh orang dengan diabetes, hal tersebut perlu dilakukan karena makanan tersebut bisa membantu mengontrol gula darah agar tidak melonjak tinggi. Berikut beberapa rekomendasi makanan sehat dari Medisqu yang baik untuk dikonsumsi oleh orang dengan diabetes :

Sayuran Hijau

sayuran hijau

Sayuran memang baik untuk dikonsumsi oleh setiap orang, namun bagi Anda penderita diabetes, wajib bagi Anda untuk mengkosumsi sayuran hijau secara rutin agar gula darah Anda terkontrol.

Selain memiliki gizi yang tinggi, sayuran hijau juga rendah kalori dan rendah karbohidrat sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Dengan begitu, konsumsi sayuran hijau tidak mempengaruhi kadar gula darah secara signifikan.

Sayuran hijau juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, bukti menunjukkan bahwa orang dengan diabetes memiliki kadar vitamin C yang rendah, oleh karena itu orang dengan diabetes perlu mengkomsumi makanan mengandung vitamin C agar kebutuhan harian vitaminnya tercukupi dengan baik.

Beberapa rekomendasi sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kale, pokcoy, dan kangkung.

Kacang – kacangan

Kacang – kacangan merupakan sumber protein nabati yang rendah karbohidrat, ini juga akan memberikan efek kenyang yang lebih lama. Selain itu, kacang juga dapat membantu mengatur kadar gula darah agar tetap stabil.

Beberapa pilihan kacang yang baik dikonsumsi seperti kacang merah, kacang pinto dan kacang navy.

Alpukat

buah alpukat

Buah dengan rasa gurih ini memiliki kadar gula dan karbohidrat yang rendah, serat yang tinggi serta lemak yang sehat. Alpukat juga memiliki khasiat khusus untuk mencegah diabetes.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa alpukat dapat mengahmbat oksidasi dan mengurangi resistensi insulin.

Biji Chia/ Chia seed

biji chia

Biji chia memang dikenal sebagai bahan alami yang menyehatkan tubuh, biji chia mengandung antioksidan, omega 3 yang tinggi serta sumber protein dan serat nabati yang baik.

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa orang dengan diabetes mengalami penurunan berat badan setelah mengkonsumsi biji chia selama 6 bulan berturut – turut, dengan begitu membuktikan bahwa biji chia dapat membantu mengelola kadar gula berlebih pada orang dengan diabetes.

Telur

telur

Telur memang salah satu jenis makanan yang menyehatkan tubuh, telur mengandung lemak sehat dan karbohidrat yang dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa konsumsi telur setiap pagi hari dapat membantu mengelola kadar gula darah sepanjang hari.

Ubi jalar

Ubi jalar merupakan makanan alternatif yang mengandung karbohidrat, meskipun hampir serupa dengan kentang, ubi jalar memiliki kandungan gula yang jauh lebih rendah, sehingga peningkatan gula dalam tubuh tidak terlalu tinggi.

Tentu hal tersebut aman bagi penderita diabetes, beberapa vitamin yang terkandung dalam ubi jalar seperti vitamin A, C, kalium hingga serat.

Strawberry

strawberry

Buah berwarna cerah satu ini memiliki kandungan antioksidan dan antosianin yang terbukti mengurangi kadar kolesterol dan insulin setelah makan.

Strawberry juga mengandung polifenol yang berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas insulin, ketika aktivitas insulin tinggi maka ini akan mencegah kenaikan gula darah yang terlalu tinggi, tentu buah satu ini sangat direkomendasikan untuk orang dengan diabetes.

Buah mengandung Sitrus

lemon

Buah – buahan mengandung sitrus seperti jeruk dan lemon dipercaya memiliki efek antidiabetik. Antidiabetik dalam jeruk didapatkan dari antioksidan bioflavonoid, yaitu hisperidin dan naringin.

Buah jeruk dan lemon juga mengandung vitamin C, kalium hingga folat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Nasi atau mie shirataki

Orang dengan diabetes tentu familiar dengan nama shirataki, ini merupakan alternatif nasi yang dapat dikonsumsi oleh orang dengan diabetes.

Shirataki mengandung glukomanan yang membantu meningkatkan rasa kenyang lebih cepat dan lebih lama. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi shirataki dapat mengurangi kadar glukosa puasa dan mengurangi

Sahabat Medisqu, selain mengkonsumsi beberapa makanan diatas, ketika memiliki diabetes tentu Anda harus mencegah untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan lain dengan kandungan gula yang tinggi.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *