Ingin Cepat Hamil, Hubungan Seksual saat Masa Subur Solusinya

Ada banyak peluang cepat hamil yang bisa dilakukan oleh setiap pasangan suami istri, salah satunya dengan melakukan hubungan seksual saat wanita sedang dalam kondisi masa subur.

Daftar Isi Halaman

Apa itu masa subur?

Masa subur adalah waktu dimana wanita sedang berovulasi, yaitu proses pelepasan sel telur selama wanita menstruasi. Sel telur ini dikeluarkan oleh folikel ovarium, yang selanjutnya sel telur akan bergerak ke tuba falopi dan dibuahi oleh sperma.

Setiap wanita penting untuk mengetahui kapan masa suburnya karena ini bisa meningkatkan peluang untuk hamil.

Masa subur wanita tidak terjadi dalam waktu yang lama, ini hanya sekitar 12 hingga 24 jam. Berbeda dengan usia sperma yang masuk kedalam, yaitu berkisar antara 3 hingga 6 hari. Jadi misalnya Anda sudah melakukan hubungan seksual beberapa hari sebelum masa subur wanita, maka ini bisa saja meningkatkan peluang hamil karena sperma masih berada hidup dan bertahan didalam.

Masa subur atau ovulasi terjadi di tengah siklus menstruasi Anda, misalnya siklus menstruasi Anda selama 30 hari, maka masa subur terjadi pada hari ke 15. Hitunglah sejak hari pertama menstruasi di bulan sebelumnya.

Faktanya kehamilan hanya dapat terjadi ketika Anda melakukan hubungan seksual saat masa subur, itulah mengapa jika pasangan berencana tidak ingin memiliki anak, mereka akan melakukan hubungan seksual di luar waktu masa subur. Jadi anggapan yang salah jika seorang wanita bisa hamil kapan saja.

Lalu mengapa wanita hanya bisa hamil saat melakukan hubungan di masa subur? Ini kembali kepada usia sel telur wanita, yang tidak hidup lebih dari 24 jam. Begitu juga dengan sperma pria yang tidak hidup lebih dari 5 atau 6 hari.

Ketika sel telur yang bagus dan hidup bertemu dengan sel sperma dengan kondisi yang sama, maka pembuahan dapat terjadi, embrio dapat terbentuk dan wanita akan hamil.

Oleh karenanya jika ingin meningkatkan peluang hamil, lakukan hubungan seksual yang maksimal saat sedang masa subur, atau pilih berhubungan seksual 2 hari sebelum masa ovulasi dan tingkatkan frekuensinya hingga masa subur selesai.

Semakin dekat Anda mulai berhubungan seksual dengan waktu masa subur, semakin tinggi peluang untuk hamil. Gambarannya akan menjadi seperti ini :

  • Hubungan seksual yang dimulai 6 hari sebelum masa subur, kemungkinan untuk hamilnya 0
  • Hubungan seksual yang dimulai 5 hari sebelum masa subur, kemungkinan untuk hamilnya 10%
  • Hubungan seksual yang dimulai 3 hari sebelum masa subur, kemngkinan untuk hamilnya menjadi 30%

Namun ini tergantung usia dan tingkat kesuburan wanita, semakin subur wanita akan semakin tinggi peluangnya.

Masa subur juga ditandai dengan beberapa gejala, tentu jika Anda bisa merasakan gejala yang muncul maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui masa subur dengan tepat. Ini akan menambah lagi tingkat kesempatan untuk hamil. Beberapa tanda seorang wanita sedang dalam masa subur atau ovulasi seperti:

  • Hasrat dan keinginan seksual wanita meningkat
  • Posisi vagina berubah, saat sedang berovulasi vagina berubah menjadi lebih lembut saat disentuh dan lebih sedikit terbuka
  • Nyeri pada Payudara.

 

Referensi

https://www.webmd.com/sex-relationships/news/20040609/sex-heats-up-around-womens-ovulation-date

https://www.medicalnewstoday.com/articles/150870#detection

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *