Turunkan Berat Badan dengan Konsumsi 7 Makanan Ini

Setiap orang tentu ingin memiliki bentuk tubuh yang ramping dan sehat, namun siapa sangka banyak orang yang kesulitan untuk mendapatkan bentuk ideal tubuh yang diinginkan. 

Berbagai macam jenis diet coba dilakukan agar berat badan cepat berkurang, beberapa berhasil namun beberapa lainnya kecewa karena berat badan tidak kunjung berkurang, justru malah bertambah. 

Sahabat Medisqu, ada berbagai macam diet yang dapat dilakukan. Namun tahukah Anda ada cara lain yang patut Anda coba lakukan agar berat badan segera turun. Salah satunya adalah mengkonsumsi makanan yang tepat.

Banyak orang yang salah kaprah dengan menghindari banyak waktu makan dan rela menahan lapar selama berjam – jam demi berat badan yang diinginkan. Hal tersebut justru tidak sehat dan bahkan bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Tahukah Anda bahwa berat badan ideal bisa didapatkan hanya dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu, selain bisa mendapatkan berat yang diinginkan, tubuh Anda juga bisa tetap sehat. Berikut beberapa jenis makanannya :

1. Telur

Makanan tinggi protein ini bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama, setidaknya Anda akan merasa kenyang 3 jam lebih lama. Diketahui setelah mengkonsumsi telur, gula darah, insulin dan ghrelin (hormon lapar) juga akan jauh lebih rendah.

2. Apel

Beberapa orang yang sedang diet kebanyakan akan memilih mengkonsumsi apel, diketahui bahwa apel kaya antioksidan yang dapat membantu tubuh membersihkan racun dan menjaga berat badan agar tidak naik berlebihan.

Apel juga kaya serat, dalam satu buah apel terkandung lebih dari 5 gram serat. Itulah mengapa setelah mengkonsumsi apel Anda akan merasakan kenyang lebih lama. 

3. Bayam atau Kale

Sayuran berwarna hijau ini memiliki kalori yang rendah namun tinggi nutrisi, sehingga ketika Anda mengkonsumsi sayuran ini kenaikan berat badan akan sulit terjadi karena kalori yang cukup rendah.

4. Dada Ayam

Orang yang sedang menurunkan berat badan juga lebih sering memilih dada ayam untuk dikonsumsi. Diketahui bahwa satu dada ayam, mengandung 27 gram protein dan 150 kalori. 

Protein yang masuk kedalam tubuh akan membutuhkan waktu lebih banyak untuk dicerna, untuk itu Anda akan merasa kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit.

5. Buah Plum

Nah buah satu ini banyak dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet. Baik plum yang masih segar atau jenis olahan plum lain. Plum dinilai memiliki kalori yang rendah, kira – kira 45 kalori dalam setiap 100 gram buah plum.

Plum juga mengandung serat yang tinggi sehingga membuat seseorang akan merasakan kenyang lebih lama. Anda bisa mengkonsumsi buah plum secara langsung atau membeli plum kering dan menjadikannya sebagai camilan.

6. Oatmeal

Oatmeal bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi saat sarapan, ini karena oatmeal lebih banyak mengandung serat dan kalori serta lebih sedikit mengandung gula. 

Ketika Anda mengkonsumsi oatmeal saat sarapan, maka saat makan siang Anda akan lebih sedikit mengkonsumsi makanan karena sebelumnya Anda telah mengkonsumsi oatmeal yang membuat kenyang lebih lama.

7. Kacang – kacangan

Ada berbagai jenis kacang yang dapat Anda konsumsi sebagai usaha untuk menurunkan berat badan, misalnya kacang almond. Kacang mengandung protein dan serat yang dapat memiliki pengaruh terhadap berat badan. 

Ditambah kacang – kacangan juga sangat menyehatkan jantung dan tubuh karena padat nutrisi. Namun pastikan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. 

Sahabat Medisqu, selain konsumsi makanan di atas. Anda juga perlu menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat. Pastikan untuk menghindari makanan cepat saji yang tinggi lemak, kolesterol dan gula. 

Selanjutnya usahakan olahraga teratur setidaknya 30 menit setiap hari. Mulailah dari jenis olahraga yang ringan terlebih dahulu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *