Cara Ampuh Mengatasi Dehidrasi Secara Tepat

Mungkin ada ya dari Anda yang pernah atau sering mengalami dehidrasi, dehidrasi terjadi ketika tubuh Anda terlalu banyak kehilangan cairan dan mineral penting dalam tubuh.
Jika tidak ditangani dengan cepat, hal ini dapat berakibat fatal dan menimbulkan masalah kesehatan lain, seperti masalah ginjal dan infeksi saluran kemih.
Tidak hanya itu, ketika tubuh tidak terhidrasi dengan baik, maka organ tubuh Anda akan kehilangan kemampuan melakukan tugasnya.
Ada banyak hal yang menyebabkan dehidrasi, mulai dari muntah terus menerus, keluar keringat secara berlebihan, akibat cuaca panas yang ekstrem, diare hingga asupan cairan yang terlalu sedikit.
Nah bagi Anda yang sering mengalami dehidrasi, pastikan untuk segera mengatasinya dengan cepat. Kali ini Medisqu akan memberikan beberapa tips ampuh mengatasi dehidrasi untuk Anda.

Minum Air Lebih Banyak

Dehidrasi terjadi karena tubuh kekurangan cairan, oleh karena itu Anda harus menggantikan cairan yang hilang dari dalam tubuh. Minum air merupakan salah satu cara ampuh untuk menggantikan cairan tubuh Anda.
Pastikan untuk minum air secara rutin minimal 8 gelas setiap harinya. Namun jika Anda memiliki aktivitas yang lebih berat, maka sebaiknya Anda menambah jumlah cairan yang dikonsumsi.
Anda bisa menambah jenis cairan yang mengandung elektrolit agar tubuh lebih cepat terhidrasi. Elektrolit sendiri berfungsi mempertahankan tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik.
Minum air juga biasanya hanya bisa menolong mereka yang memiliki masalah dehidrasi ringan, jika dehidrasi lebih parah Anda bisa mencoba untuk melakukan cara lainnya.

Konsumsi Buah Kaya Air

Tidak hanya konsumsi air mineral, Anda juga bisa membantu tubuh menggantikan cairan yang hilang dengan mengkonsumsi beberapa jenis buah yang kaya air.
Beberapa buah yang bisa dijadikan pilihan seperti semangka, mentimun, tomat, jeruk dan juga air kelapa. Setidaknya beberapa buah tersebut mengandung lebih dari 90 persen air.
Untuk cara mengkonsumsinya, Anda bisa langsung mengkonsumsi buah tersebut secara langsung atau melalui proses tertentu seperti proses penghalusan menggunakan juicer.

Istirahat di Tempat yang Sejuk

Karena salah satu penyebab dehidrasi yaitu beraktivitas di cuaca panas yang ekstrem, maka ketika Anda dehidrasi, pulihkan tubuh dengan beristirahat di tempat yang lebih sejuk.
Disamping konsumsi air, istirahat di tempat yang sejuk bisa membantu tubuh cepat terhidrasi.
Sahabat Medisqu, jika dehidrasi yang Anda alami lebih parah, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Biasanya dokter akan memasukkan cairan kedalam tubuh melalui infus atau memberikan oralit.
Selain itu, penting bagi Anda untuk menghindari penyebab dehidrasi, diantaranya seperti tidak berolahraga berlebihan yang bisa memicu keluarnya cairan yang banyak, menghindari konsumsi kopi dan teh, minum air yang cukup setiap hari serta konsumsi buah dan sayur kaya air.
Itulah beberapa cara ampuh untuk mengatasi dehidrasi, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.
Referensi:
Dehydration Treatment. Diakses pada 2020. WebMd
Dehydration. Diakses pada 2020. Medical News Today
Dehydration. Diakses pada 2020. MayoClinic
 
Disclaimer: informasi dari Medisqu tidak menggantikan nasihat medis. Selalu konsultasikan ke dokter Anda sebelum melakukan tindakan lebih lanjut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *