Cara Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Dari sejak usia muda Anda harus mulai menjaga kesehatan jantung agar masalah jantung di masa mendatang dapat terhindarkan.

Mengingat penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian nomor 1 di dunia, hal tersebut diungkap oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Bagi yang memiliki orang tua dengan riwayat penyakit jantung, tentu Anda harus memulai untuk menjaga kesehatan jantung sejak dari muda. Ini untuk mencegah terjadinya penyakit jantung turunan yang mungkin terjadi pada Anda di masa depan.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung sejak usia muda, berikut rangkuman tips menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda praktekkan :

1. Tidak duduk dalam jangka waktu yang lama

Mungkin banyak dari Anda yang memiliki pekerjaan kantoran yang mengharuskan bekerja duduk sepanjang hari. Akibatnya Anda menjadi jarang beraktivitas secara fisik.

Duduk dalam jangka waktu yang lama bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan, salah satunya kesehatan jantung. Meskipun Anda adalah orang yang sangat rajin berolahraga, namun jika aktivitas fisik harian digunakan dengan lebih banyak duduk, maka masalah Jantung bisa dengan mudah menyerang di kemudian hari.

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa orang yang lebih banyak duduk memiliki masalah kardiovaskular yang lebih tinggi, bahkan 90% orang bisa meninggal akibat penyakit jantung.

Untuk itu jika Anda memiliki pekerjaan yang menuntut untuk duduk lebih banyak sepanjang hari, pastikan untuk mencoba berjalan dan melakukan peregangan setiap 30 menit duduk.

2. Olahraga yang Cukup

Olahraga menjadi modal yang penting dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Diketahui bahwa orang dewasa harus olahraga 30 menit setiap hari agar kesehatan seluruh tubuh dapat tetap terjaga, termasuk jantung.

Pilihlah olahraga ringan seperti berjalan santai pagi dan sore hari jika Anda baru akan mulai merutinkan olahraga. Bagi yang memiliki cukup waktu, Anda bisa pergi ke tempat gym atau senam setelah selesai bekerja atau pulang dari kantor.

3. Tidak Merokok

Masalah jantung bisa muncul akibat merokok, bagi Anda yang memutuskan untuk tidak merokok maka pertahankan hal tersebut. Namun jika Anda sudah terlanjur menjadi seorang perokok aktif, cobalah untuk berhenti secara perlahan.

Tidak hanya memicu masalah jantung, merokok juga bisa menjadi pemicu timbulnya masalah kesehatan lain. Jika Anda merasa kesulitan untuk berhenti merokok, coba untuk mencari bantuan seperti konseling.

4. Konsumsi Lebih banyak Sayuran dan Buah

Salah satu kunci sehatnya tubuh adalah cukup dalam mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari. Sayur dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, rendah kalori dan tinggi serat.

Buah dan sayur juga memiliki zat tertentu yang dapat mencegah penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan jantung dalam waktu yang sama.

5. Kurangi Konsumsi Garam

Makanan gurih memang disukai oleh banyak orang, namun dibalik itu ada bahaya kesehatan yang bisa mengancam kesehatan tubuh, salah satunya jantung.

Makanan tinggi garam akan meningkatkan tekanan darah, faktor utama risiko penyakit kardiovaskular. Untuk itu batasi asupan garam harian agar tidak berlebihan.

The American Heart Association merekomendasikan asupan garam maksimal harian yaitu 2300mg, namun idealnya Anda tidak mengkonsumsi garam lebih dari 1500 mg.

Umumnya makanan tinggi garam banyak terkandung dalam makanan cepat saji dan makanan ringan. Untuk itu kurangi jenis makanan tersebut dan cari pengganti makanan lain yang lebih sehat dan rendah natrium atau garam.

6. Batasi Asupan Lemak

Tubuh membutuhkan asupan lemak, namun yang dibutuhkan yaitu jenis lemak sehat. Banyaknya kita mengkonsumsi makanan tinggi lemak yang tidak sehat bagi jantung seperti lemak trans atau lemak jenuh.

Konsumsi makanan yang tinggi lemak trans akan meningkatkan kolesterol darah dan meningkatkan penumpukan plak pada arteri, dampaknya seseorang akan lebih mudah mengalami serangan jantung dan stroke dikemudian hari.

Sahabat Medisqu, penting bagi Anda untuk mulai menjaga kesehatan jantung sejak muda agar masalah jantung di masa mendatang dapat terhindarkan. Pastikan untuk menghindari makanan tidak sehat seperti tinggi lemak jahat, menjauhi rokok, olahraga dan istirahat teratur serta lakukan aktivitas fisik yang cukup.

Selanjutnya sebagai langkah pencegahan lain, Anda juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan jantung secara rutin sejak muda. Semakin bertambah usia Anda, maka tingkatkan intensitasnya. Tidak hanya periksa kesehatan jantung, Anda bisa melakukan pemeriksaan kolesterol dan tekanan darah juga. Hal tersebut dilakukan karena kolesterol jahat yang tinggi dapat meningkatkan resiko masalah jantung.

 

Referensi

  • webmd diakses pada 2020,  6 simple steps to keep your heart healthy
  • mayoclinic dikases pada 2020, art-20047702

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *