Pilihan Resep MPASI Terbaik untuk Bayi

Bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan, maka mereka membutuhkan asupan makanan pendamping, ini lebih dikenal dengan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI).

Setiap ibu tentu menginginkan bayinya mendapatkan asupan makanan dengan nutrisi dan vitamin yang cukup. Untuk itu setiap ibu perlu mengetahui berbagai jenis olahan makanan pendamping ASI yang sehat.

Selanjutnya agar bayi Anda tidak merasa bosan dengan satu jenis makanan saja, maka Anda sebagai ibu harus memiliki banyak resep. Bagi Anda seorang ibu yang sedang mencari resep MPASI yang sehat, berikut beberapa resepnya yang dapat Anda buat :

1. Bubur Beras Merah

Bubur menjadi salah satu makanan pokok Andalan yang banyak dipilih oleh setiap Ibu. Agar nutrisinya maksimal, sebaiknya Anda menggunakan beras merah untuk dijadikan bubur.

Beras merah mengandung serat yang tinggi dan protein. Untuk membuat bubur dari beras merah Anda bisa menghaluskan beras terlebih dahulu atau langsung memasaknya tanpa menghaluskannya.

2. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah utama yang sering dijadikan makanan pendamping ASI, pisang mengandung potasium dan serat.

Anda bisa menggunakan jenis pisang ambon, cavendish, pisang susu hingga pisang kepok.

Agar bayi Anda mudah mencerna pisang, sebaiknya haluskan terlebih dahulu pisang menggunakan juicer atau dihancurkan menggunakan sendok. Anda bisa mencampurnya dengan ASI atau hanya menggunakan pisang saja tanpa campuran lain.

3. Sayur, ikan dan kacang – kacangan

Bayi membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin yang lengkap, sehingga bayi Anda tidak hanya butuh sayuran saja, namun juga ikan, kacang – kacangan dan jenis makanan lainnya.

Anda bisa mencampur kentang, wortel, ikan tuna dan kacang polong. Haluskan keseluruhan bahan hingga semua bahan tercampur dengan rata dan tidak menggumpal.

Untuk jenis sayurnya Anda bisa mengganti beberapa jenis sayur seperti bayam, buncis, kacang merah dan lainnya.

4. Daging

Daging merupakan salah satu makanan yang perlu dikonsumsi bayi, Anda bisa menghaluskan daging beserta dengan nasi. Daging memiliki banyak manfaat bagi pencegahan penyakit dan membantu meningkatkan energi bayi.

Daging bermanfaat untuk mencegah resiko anemia, membangun sistem kekebalan tubuh, meningkatkan pertumbuhan otak hingga mendorong pertumbuhan fisik bayi yang kuat.

5. Quinoa dan pisang puree

Bayi membutuhkan protein yang cukup, untuk itu Ibu sebaiknya memilih jenis makanan yang mengandung protein tinggi. Salah satu makanan dengan tinggi protein yaitu quinoa.

Quinoa merupakan biji – bijian yang yang tinggi serat dan protein, quinoa juga baik untuk pertumbuhan tulang dan jaringan. Quinoa merupakan salah satu jenis makanan terbaik untuk membantu melancarkan pertumbuhan tulang dari sejak bayi.

Untuk membuat quinoa dan pisang pure, Anda bisa menghaluskan pisang dan quinoa secara bersamaan. Anda juga bisa menambahkan madu atau susu agar memberikan rasa manis.

6. Olahan buah pepaya

Bayi terkadang memiliki masalah sembelit, untuk itu Anda perlu mencegah hal ini terjadi di kemudian hari. Salah satu makanan yang bisa mencegah sembelit yaitu pepaya.

Pepaya mengandung enzim yang dapat berfungsi memperlancar pencernaan, ketika bayi rutin mengkonsumsi pepaya, maka masalah pencernaan akan minim terjadi.

Untuk mengolah pepaya, Anda bisa menjadikan pepaya sebagai jus atau pure. Haluskan pepaya dan tambahkan sedikit air dan madu.

7. Olahan ikan salmon

Pasti banyak orang tua yang memilih ikan salmon sebagai makanan pendamping ASI, salmon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan bayi, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan bayi.

Untuk membuat olahan salmon, Anda bisa menghaluskan salmon yang sudah dikukus kedalam bubur atau kentang yang telah dihaluskan.

Sahabat Medisqu, agar Anda mendapatkan nutrisi dan vitamin yang cukup dari MPASI, maka pastikan untuk mencari beberapa macam resep. Selanjutnya ganti resep setiap hari agar olahan makanan variatif dan bayi Anda tidak bosan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *