Mau Melahirkan secara Normal? Yuk Lakukan Tips Ini Moms

Melahirkan secara normal masih menjadi salah satu metode melahirkan yang banyak dipilih oleh wanita daripada melahirkan melalui jalan operasi. Operasi caesar biasanya dipilih ketika ibu yang melahirkan sedang dalam kondisi darurat dan tidak bisa melakukan persalinan secara normal. Untuk itu banyak wanita yang merencanakan untuk melahirkan secara normal.

Umumnya melahirkan secara normal atau alami merupakan pilihan utama karena dapat memudahkan pemulihan pasca melahirkannya dan minim intervensi medis. Misalnya beberapa wanita yang melahirkan secara normal tidak membutuhkan jahitan setelah melahirkan.

Untuk bisa melahirkan secara normal tanpa operasi, moms tentu perlu persiapan yang matang. Selain itu ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya persalinan normal dapat tercapai :

1. Ikut Kelas Prenatal

Mengikuti kelas prenatal merupakan hal yang cukup penting dilakukan oleh wanita yang akan melahirkan, semua wanita yang sebentar lagi akan melahirkan sangat disarankan untuk mengikuti kelas ini.

disini moms akan belajar banyak hal. Misalnya mengenai tahap persalinan, relaksasi hingga manajemen nyeri yang timbul saat akan melahirkan atau kontraksi.

Tujuannya agar calon ibu dapat menghadapi persalinan dengan maksimal, jika ditemui masalah yang mungkin muncul maka moms tidak langsung panik dan sudah paham akan ilmu serta tahu langkah apa yang perlu dilakukan.

Kelas ini juga akan berlanjut membahas aktivitas pasca melahirkan, yaitu menyusui. Moms akan mempelajari bagaimana menyusui buah hati dengan baik dan maksimal sehingga kebutuhan ASI si kecil selalu tercukupi

2. Konsumsi Makanan Sehat

Tubuh yang sehat bersumber juga dari makanan yang sehat, sehingga wanita yang akan melahirkan perlu memperhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi.

Proses persalinan membutuhkan tubuh yang sehat dan kuat, jika gizi dan nutrisinya terpenuhi dengan baik maka proses persalinan akan semakin lancar dan minim komplikasi dan masalah.

Salah satu yang perlu moms perhatikan yaitu untuk mengkonsumsi zat besi yang cukup agar tidak mengalami anemia pasca melahirkan.

3. Olahraga Teratur

Saat memasuki masa kehamilan bukan berarti moms harus berhenti olahraga karena takut kelelahan ya. Justru moms harus terus olahraga supaya stamina tetap aktif hingga proses persalinan.

Moms bisa olahraga atau senam ringan seperti yoga, hal paling penting yaitu moms membutuhkan pengawasan dari ahli saat berolahraga supaya tidak salah dan aman. Kesalahan dalam gerakan dan jenis olahraga yang dilakukan ibu hamil akan membahayakan kesehatan janin dan dirinya.

4. Tidur dan Istirahat yang Cukup

Tahukah moms kalau istirahat dan tidur yang cukup juga sangat penting untuk perkembangan tubuh bayi, sedangkan manfaat bai mommy yaitu bisa menjaga ketenangan saat memasuki proses persalinan.

Jika moms merasakan lelah dan mengantuk di sela aktivitas, sebaiknya langsung berhenti dan istirahat ya

5. Usahakan Selalu Rileks

Persalinan normal memerlukan pengelolaan pernapasan dan teknik relaksasi yang baik, moms sebaiknya latihan pernapasan berirama, meditasi, self hipnosis dan teknik relaksasi lainnya yang bisa membantu memberikan rasa tenang dan mengelola rasa sakit saat persalinan normal.

Usahakan selalu melakukan teknik relaksasi setiap hari ketika mendekati hari persalinan, luangkan waktu 30 menit setiap hari setelah beraktivitas atau sebelum tidur malam ya moms

6. Dapatkan Motivasi yang Cukup untuk Persalinan Normal

Untuk melakukan persalinan normal moms membutuhkan motivasi yang cukup, jika tidak maka moms akan was – was menghadapi persalinan. Keyakinan untuk memilih proses melahirkan secara normal harus kuat karena dari keyakinan itulah yang akan memuluskan jalan persalinannya.

Moms bisa mendapatkan motivasi persalinan normal dari video atau buku, baca tentang kelahiran normal bahwa proses kelahiran ini lebih aman untuk moms dan bayi.

Tahukah moms bahwa bayi yang lahir melalui persalinan normal memiliki resiko masalah pernapasan yang lebih rendah dibandingkan persalinan melalui jalan operasi.

Banyak hal yang perlu dipersiapkan secara fisik dan mental sebelum memilih persalinan normal, untuk itu moms perlu melakukan beberapa tipsnya satu – persatu agar persiapannya bisa maksimal ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *