Tips Penyembuhan Cepat dan Efektif Setelah Persalinan Caesar

People photo created by valeria_aksakova

Setiap wanita yang melahirkan memiliki cara yang berbeda, ada yang melahirkan secara normal atau operasi caesar. Umumnya persalinan melalui operasi caesar jadi pilihan terakhir jika persalinan normal tidak dapat dilakukan. 

Moms, setelah melahirkan tentu tubuh membutuhkan pemulihan. Namun untuk persalinan caesar, moms memerlukan waktu lebih lama untuk pulih. Pemulihan biasanya memerlukan waktu selama 4 hingga 6 minggu. Namun setiap wanita memiliki waktu penyembuhan yang berbeda – beda. Bahkan beberapa wanita masih belum pulih hingga minggu ke 20.

Biasanya moms akan merasakan sakit di sekitar area jahitan dan tubuh menjadi lebih lelah. Namun moms tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat pemulihan setelah melahirkan secara caesar. Diantaranya :

1. Istirahat yang Cukup

Setelah melakukan operasi apapun, salah satu cara memulihkannya yaitu dengan istirahat yang cukup. Meski istirahat yang cukup sangat sulit dilakukan oleh wanita yang baru melahirkan, namun moms perlu meluangkan waktu untuk tetap istirahat di sela mengurangi bayi. 

Cara mudah yang dapat moms lakukan yaitu dengan ikut tidur juga saat bayi tidur. Umumnya bayi akan lebih banyak tidur sesaat setelah lahir, sehingga moms bisa memanfaatkan waktu tersebut agar moms juga mendapatkan waktu istirahat yang cukup. 

2. Olahraga Ringan

Setelah operasi moms juga sebaiknya tetap berolahraga untuk memulihkan kondisi, coba lah untuk olahraga ringan secara teratur, misalnya dengan jalan jalan hingga yoga.

Selain menjaga kebugaran tubuh, olahraga setelah operasi caesar juga bisa membantu menjaga kesehatan mental. Tahukah moms bahwa ibu yang baru melahirkan lebih rentan mengalami masalah mental. 

Selain itu, jalan – jaln ringan setelah melahirkan juga bisa mengurangi gumpalan darah, masalah jantung atau masalah pembuluh darah lainnya. 

3. Kontrol Nyeri dan Perdarahan

Rasa nyeri setelah melahirkan merupakan hal yang normal, seminggu setelah proses operasi rasa sakitnya akan terasa tidak nyaman dan cukup mengganggu.

Oleh karena itu umumnya ibu yang baru melahirkan akan mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit, seperti paracetamol hingga ibuprofen. Pilihan obat yang tepat dapat moms konsultasikan terlebih dahulu mana yang terbaik untuk ibu menyusui. 

4. Konsumsi Air yang Cukup

Setelah melahirkan, baik caesar atau normal umumnya moms akan kehilangan lebih banyak cairan, untuk itu moms harus mengkonsumsi cairan yang lebih banyak. 

Ini dilakukan untuk menggantikan cairan yang hilang saat melahirkan dan memenuhi kebutuhan asupan cairan saat menyusui bayi. 

5. Berhati – hati saat Mandi

Setelah operasi caesar sebaiknya moms tidak mandi terlebih dahulu, terlebih untuk berendam menggunakan air hangat hingga bekas jahitan kering dan membaik. 

Perlu moms ketahui setidaknya membutuhkan waktu 3 minggu hingga moms bisa mandi atau berendam secara normal. Sebaiknya moms membersihkan seluruh anggota tubuh dengan mengusapnya menggunakan kain basah. 

6. Konsultasi Dokter 

Setelah operasi caesar, moms juga harus tetap kontrol ke dokter untuk memantau tingkat kesembuhan area jahitan. Ini perlu dilakukan agar dokter bisa mengetahui kondisi jahitannya apakah moms mengalami infeksi atau tidak. Jika terjadi infeksi, dokter akan segera melakukan penanganan yang tepat agar infeksi tidak semakin parah. 

7. Perhatikan Asupan Nutrisi

Setelah melahirkan, moms membutuhkan asupan makanan dengan nutrisi yang baik. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat seperti buah dan sayur. 

Konsumsi makanan sehat setelah operasi caesar tidak hanya baik untuk mempercepat penyembuhan, namun baik juga untuk kesehatan bayi.

Moms, rasa sakit dan tidak nyaman setelah operasi caesar merupakan hal yang wajar. Namun jika timbul gejala yang tidak normal seperti timbul kemerahan di area jahitan, bengkak, timbul nanah, demam dan keluar cairan berbau. Sebaiknya moms segera melakukan pemeriksaan ke dokter, karena hal tersebut merupakan tanda umum infeksi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *