Pentingnya Zat Besi untuk Ibu Hamil

Makanan merupakan kunci utama agar Anda dan bayi Anda selalu sehat pada saat masa kehamilan.

Meskipun makan untuk dua orang bukan berarti Anda membutuhkan dua kali lipat porsi makan dari yang Anda butuhkan sebelum hamil, saat masa kehamilan Anda perlu meningkatkan asupan kalori dan mineral serta vitamin tertentu.

Salah satu mineral penting yang perlu Anda tingkatkan selama kehamilan adalah zat besi.

Zat besi sangat diperlukan untuk penambahan darah pada tubuh ibu hamil dan bayi yang dikandungnya selama masa kehamilan, zat besi juga membantu menyebarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh Anda dan janin dalam kandungan.

Mendapatkan cukup zat besi dapat mencegah kondisi kekurangan sel darah merah yang dapat membuat tubuh Anda merasakan lelah berlebihan, ini disebut juga dengan anemia defisiensi besi. Anemia dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah atau lahir terlalu dini (prematur).  Bicaralah dengan dokter Anda tentang berapa banyak zat besi yang Anda butuhkan saat hamil.

Berikut Medisqu informasikan beberapa olahan makanan kaya kandungan zat besi yang baik untuk kesehatan ibu hamil.

Daging dan Makanan Laut:

Daging sapi tanpa lemak, ayam, kerang, kepiting, kuning telur, ikan, domba, hati, tiram, sarden, udang, kalkun, dan daging sapi muda.

Sayuran:

Kacang polong hitam, brokoli, kubis Brussel, collard, lobak hijau, kacang lima, ubi jalar, dan bayam.

Kacang-kacangan:

Kacang dan kacang polong kering, lentil, dan kedelai.

Buah:

Semua buah beri, aprikot, buah kering, termasuk prune, kismis dan aprikot, anggur, grapefruit, jeruk, plum, jus prune, dan semangka.

Roti dan Sereal:

Nasi dan pasta yang diperkaya, pretzel lembut, dan gandum utuh serta roti dan sereal.

Makanan Lain:

Molase, kacang tanah, kacang pinus, labu, atau biji labu.

Berapa banyak zat besi yang Anda butuhkan selama kehamilan?

Minimal, Anda membutuhkan zat besi hampir dua kali lebih banyak selama kehamilan daripada yang Anda butuhkan sebelum Anda hamil.

Jumlah zat besi harian yang direkomendasikan untuk wanita usia subur yang tidak hamil adalah sekitar 18 mg.  Jika Anda hamil, jumlah harian yang disarankan meningkat menjadi minimal 27 mg.

Rekomendasi Sumber Terpercaya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) lebih tinggi.  WHO merekomendasikan wanita hamil mengonsumsi antara 30 hingga 60 mg zat besi sehari.

Sahabat Medisqu, mintalah rekomendasi dari dokter kandungan atau bidan Anda. Jumlah tersebut dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti jumlah bayi yang Anda kandung, riwayat anemia, atau ukuran bayi.

Selalu perhatikan asupan makanan untuk tubuh Anda saat hamil dan rutin konsultasi ke dokter kandungan sesuai jadwal agar kesehatan Anda dan bayi dalam kandungan selalu terpantau. Sehingga ia dapat terlahir menjadi bayi sehat.

Referensi

  • https://www.webmd.com/baby/qa/why-is-iron-important-when-youre-pregnant
  • https://www.webmd.com/women/qa/what-are-good-sources-of-iron-while-pregnant
  • https://www.healthline.com/health/pregnancy/iron-rich-foods-for-pregnancy

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *