Cara Tepat Menjaga Kesehatan Vagina

Vagina merupakan organ reproduksi yang cukup penting untuk dijaga kesehatannya, vagina yang sehat tidak hanya mempengaruhi ketika Anda melakukan hubungan intim bersama pasangan, namun juga kesehatan tubuh secara umum.

Sebetulnya vagina memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri, sehingga vagina akan selalu bersih jika Anda tidak melakukan kesalahan yang membuat vagina bermasalah.

Namun Anda tetap perlu menjaga kesehatan vagina agar masalah reproduksi, kepuasan bersama pasangan dan melahirkan tidak terhambat. Berikut beberapa cara yang dapat wanita lakukan agar vagina Anda tetap sehat :

1. Bersihkan Vagina dengan Air Saja

Karena vagina dapat membersihkan dirinya sendiri melalui sekresi atau keputihan, maka Anda tidak memerlukan tisu atau sabun khusus untuk membuat vagina menjadi bersih.

Justru penggunaan tisu dan sabun bisa mengganggu tugas normal vagina dalam membersihkan dirinya sendiri. Untuk itu pastikan cukup menggunakan air saja ketika membersihkan vagina baik setelah buang air atau setelah melakukan hubungan intim.

2. Bersihkan Rambut Vagina Secara Berkala

Rambut di sekitar vagina harus selalu dibersihkan agar bakteri dan jamur tidak berkembang biak, namun anda sebaiknya tidak mencukurnya hingga bersih, cukup rapikan saja dan sisakan beberapa senti.

Tumbuhnya rambut kemaluan pasti memiliki fungsi tersendiri, yaitu menjaga vagina agar tidak banyak tergesek oleh pakaian yang keras atau saat melakukan hubungan intim.

Rambut vagina juga memberikan perlindungan terhadap bakteri dan parasit yang mungkin akan muncul dan berkembang disana.

3. Lakukan Pemeriksaan Vagina

Pemeriksaan vagina bertujuan untuk melihat adanya masalah kesehatan di organ reproduksi Anda, salah satu pemeriksaan yang perlu dilakukan yaitu pap smear.

Pap smear ini berfungsi untuk mendeteksi dini kanker serviks, setiap perempuan yang telah aktif secara seksual harus melakukan pap smear test setiap satu tahun sekali.

Deteksi dini dapat mengurangi atau mencegah kemungkinan kanker serviks, selain itu jika diketahui Anda mengalami kanker serviks penanganan akan segera dilakukan sehingga ini dapat meminimalisir tingkat keparahannya.

4. Vaksin HPV

Vaksin HPV umumnya dilakukan oleh wanita yang belum aktif secara seksual, ini bertujuan untuk mencegah masalah kesehatan vagina seperti kutil, kanker serviks, dan beberapa masalah kesehatan vagina lainnya.

5. Melakukan Hubungan Intim yang Aman

Penggunaan kondom juga dapat menjaga pH vagina tetap stabil saat berhubungan intim dengan pasangan, dengan begitu bakteri baik yang terdapat dalam vagina tidak berkurang atau hilang.

Tidak hanya menggunakan kondom sebagai pengaman, anda juga harus memperhatikan cara berhubungan intim dengan pasangan. Pastikan vagina sudah terlumasi dengan baik sebelum pasangan Anda melakukan penetrasi.

Penetrasi yang dilakukan secara paksa akan menimbulkan efek menyakitkan dan melukai vagina Anda.

6. Jaga Kesehatan Tubuh secara Menyeluruh

Untuk menjaga kesehatan vagina, Anda juga bisa dengan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh seperti olahraga secara teratur dan konsumsi makanan dan minuman yang sehat.

Pastikan Anda juga menghindari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji, makanan proses dan makanan lain yang bisa memberikan efek buruk terhadap kesehatan vagina.

7. Gunakan Celana Dalam yang Nyaman

Celana dalam merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, gunakanlah celana dalam berbahan katun agar lebih cepat menyerap keringat di area vagina. Vagina yang terlalu lembab akan memudahkan bakteri untuk berkembang biak, tentu ini tidak baik bagi kesehatan vagina.

Selanjutnya sebaiknya tidak menggunakan celana dalam saat tidur, menggunakan celana dalam saat tidur dapat membuat vagina terlalu lembab dan berkeringat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *