Cara Cepat dan Efektif Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Saat hamil setiap wanita akan mengalami kenaikan berat badan, beberapa diantaranya akan mengalami kenaikan berat badan yang signifikan bahkan berlebih. 

Meski kenaikan berat badan merupakan hal yang normal saat hamil, namun setelah selesai melahirkan sebaiknya moms mengembalikan berat badan ke ukuran yang ideal.

Memiliki berat badan berlebihan tentu tidak hanya berdampak pada kepercayaan diri moms saja, namun juga akan berpengaruh terhadap kesehatan juga.

Nah bagi moms yang sedang berusaha menurunkan berat badan pasca melahirkan, Medisqu punya beberapa tips yang dapat moms lakukan sehingga penurunan berat badannya cepat dan efektif, diantaranya :

1. Mengubah Pola Makan yang Sehat 

Moms, menurunkan berat badan pasca melahirkan tentu berbeda dengan menurunkan berat badan ketika moms tidak memiliki bayi dan sedang menyusui. 

Salah satu cara yang dapat moms lakukan yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat berbasis tumbuhan, seperti buah dan sayur. Usahakan untuk memilih sayuran dan buah organik agar nutrisinya maksimal dan minim efek samping. 

Beberapa hal yang perlu moms perhatikan seperti pilihlah protein tanpa lemak, artinya moms sebaiknya meminimalkan konsumsi produk hewani dengan tinggi lemak. Protein tanpa lemak dapat diperoleh dari tumbuhan seperti kacang kedelai. 

Selanjutnya hindari makanan yang tinggi gula dan garam. Makanlah dengan porsi yang cukup namun tidak berlebihan. 

Konsumsi makanan yang sehat setelah melahirkan dan saat menyusui tidak hanya baik bagi moms saja, namun juga bagi bayi.

2. Minum Air Lebih Banyak

Minum air yang lebih banyak bisa membantu mencegah rasa lapar, sehingga moms tidak akan terlalu banyak mengkonsumsi makanan. Selain itu moms juga akan terhindar dari dehidrasi.

Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa mengkonsumsi air yang banyak juga dapat mempercepat metabolisme tubuh. 

3. Tidur yang Cukup

Setelah melahirkan umumnya moms akan kesulitan untuk mendapatkan tidur yang cukup, ini terjadi karena bayi sering terbangun dan ingin menyusui, dengan begitu moms harus bangun di tengah malam dan tidur hanya beberapa jam saja dalam setiap malam. 

Dalam sebuah penelitian, ketika moms kurang tidur maka ini dapat mempersulit proses penurunan berat badan pasca melahirkan. Untuk itu pastikan tidur yang cukup setiap malam setidaknya selama 8 jam agar berat badan moms segera turun. 

Kekurangan tidur saat malam hari dapat membuat tubuh menjadi cepat lelah, akibatnya hormon kortisol dan hormon stres lain meningkat dan berat badan juga akan meningkat. 

4. Tingkatkan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik pasca melahirkan juga akan berkurang, ini merupakan hal yang normal karena tubuh moms butuh pemulihan. Namun semakin lama moms harus meningkatkan aktivitas fisik agar berat badan dapat turun dengan mudah. Semakin sedikit aktivitas fisik maka akan semakin sulit berat badan berkurang.

Salah satu aktivitas fisik yang perlu dilakukan yaitu olahraga, moms bisa olahraga ringan seperti yoga atau berjalan jalan di sekitar rumah agar fisik tetap aktif. Semakin lama moms juga bisa meningkatkan frekuensi dan jenis olahraganya. 

Diketahui olahraga juga tidak hanya berfungsi untuk menurunkan berat badan, namun juga mengurangi stres dan mengatasi masalah tidur. 

5. Menyusui

Siapa sangka moms bahwa menyusui ternyata bisa membantu mengembalikan berat badan seperti sebelum hamil loh. Selain itu tentunya menyusui dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan bayi, seperti meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan bayi. 

6. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Makanan tinggi serat memang terbukti membantu menurunkan berat badan, beberapa makanan tinggi serat seperti kacang kacangan, sayur dan buah. 

Diketahui bahwa makanan yang mengandung serat larut dapat membuat moms merasakan kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar. Sehingga moms tidak akan makan secara berlebihan lagi setelah cukup mengkonsumsi sayuran dan buah. 

7. Hindari Makanan Olahan dan Junk Food

Makanan olahan dan junk food memang memiliki rasa yang gurih dan enak, sehingga hampir setiap orang suka mengkonsumsinya secara berulang. Makanan olahan dan junk food mengandung gula, lemak dan garam yang tinggi sehingga tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Tidak hanya menyebabkan penyakit, makanan olahan juga justru dapat menaikkan berat badan alih – alih membantu mengurangi berat badan pasca melahirkan. Demi menjaga kesehatan diri sendiri dan bayi serta menghindari kenaikan berat badan, sebaiknya moms menghindari konsumsi makanan olahan dan junk food. 

Moms, memiliki berat badan yang lebih setelah melahirkan bukan suatu hal yang buruk. Namun moms perlu menjaga kesehatan tubuh dari berat badan yang ideal. 

Jika moms merasa kesulitan, jangan sungkan untuk meminta bantuan kepada dokter atau ahli yang mengerti mengenai cara menurunkan berat badan yang cepat, efektif dan aman setelah melahirkan. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *