Latih Kedekatan Orang Tua Bersama Anak dengan Cara Ini

Memiliki ikatan atau bonding yang baik, tidak hanya perlu dilakukan terhadap pasangan. Namun ini juga perlu dilakukan oleh orang tua terhadap anak.

Ikatan yang kuat akan selalu menumbuhkan dan mempertahankan rasa sayang dan cinta orang tua terhadap anak, begitu juga sebaliknya. Tak hanya itu, anak akan merasa aman dan nyaman ketika berada di dekat orang tua. 

Lebih lanjut, ikatan yang kuat tidak hanya berpengaruh terhadap perasaan positif dari masing – masing pihak, ini juga akan berpengaruh terhadap perkembangan sosial dan kognitif anak. Tentunya hal tersebut sangat penting dan diperlukan saat anak sedang dalam masa pertumbuhan.

Membangun ikatan yang kuat antara orang tua dan anak tentu membutuhkan waktu yang lama, memerlukan proses yang panjang agar dapat mencapai bonding yang baik. Nah bagi Anda yang sedang mencari cara membangun bonding kepada anak, Medisqu akan memberikan beberapa tipsnya untuk Anda.

Bermain Bersama

Bagi anak – anak, bermain tidak hanya sekedar untuk bersenang – senang. Ini juga bisa menjadi ajang belajar dan mengenal hal – hal baru. Orang tua yang ikut bermain bersama dapat mengetahui perkembangan dan ilmu baru yang didapatkan oleh anak Anda.

Sebuah penelitian juga menunjukkan ketika orang tua bermain bersama anak, ini akan mengurangi perilaku mereka dalam mencari perhatian. Jika biasanya anak – anak sering merengek dan tidak bisa ditinggal oleh orang tua, maka Anda bisa mencoba untuk bermain bersama agar kebutuhan emosional mereka terpenuhi dengan baik.

Makan Bersama

Makan bersama anak juga bisa membantu membangun ikatan yang kuat, terlebih bagi Anda orang tua yang lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah untuk bekerja, pasti Anda kesulitan mencari cara untuk tetap mempertahankan ikatan dengan anak.

Makan malam atau sarapan bersama bisa menjadi kunci terjalinnya ikatan terhadap anak. Meski tidak dilakukan setiap waktu makan, Anda bisa membuat jadwal rutin untuk makan malam bersama setiap seminggu sekali. Setidaknya jangan sampai melewatkan waktu makan bersama untuk waktu yang lama.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa makan bersama dapat membiasakan anak untuk makan lebih teratur, meningkatkan keterampilan, mental dan emosional yang kuat serta meningkatkan prestasi akademik mereka.

Sentuhan Fisik

Sentuhan menjadi salah satu cara mencintai dan mengungkapkan kasih dan sayang, antara orang tua dan anak tentu hal ini sangat diperlukan. Dengan begitu, bonding atau ikatan yang kuat akan terus terjalin beriringan dengan sentuhan yang sering dilakukan. 

Anda bisa memeluk dan mencium anak sesering mungkin, tentu hal ini mudah dilakukan ketika anak masih kecil. Oleh karena itu manfaatkan momen tersebut untuk memberikan sentuhan terbaik.

Sebaliknya, anak juga bisa memberikan pelukan hangat terhadap orang tua sesering mungkin, sebagai tanda sayang terhadap mereka.

Tidak hanya sebagai ungkapan sayang dan cinta, menurut sebuah penelitian, sentuhan anak dan orang tua juga bisa membantu meningkatkan kesehatan antara keduanya, karena membantu menurunkan hormon stres dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Bertanya Tentang Aktivitas

Bertanya kepada anak tentang bagaimana kegiatan mereka selama satu hari merupakan hal yang penting juga untuk dilakukan, Anda bisa bertanya “Bagaimana kegiatan di sekolah hari ini?”.

Selain membangun ikatan yang kuat, bertanya secara teratur tentang kegiatan anak bisa membantu mereka menjadi seseorang yang terbuka terhadap Anda. Sehingga anak bisa menjadikan Anda, tempat berkeluh kesah terbaik. 

Hal tersebut juga bisa mencegah anak Anda menjadi pribadi yang tertutup dan menyimpan masalah dan kesedihan sendiri.

Selanjutnya pastikan, Anda sebagai orang tua juga harus bercerita kepada anak tentang bagaimana hari Anda, serta masalah apa yang telah Anda selesaikan pada hari itu. Dengan begitu, Anda membuat anak merasa dihargai karena telah percaya menceritakan aktivitas harian Anda kepada mereka. 

Membaca Bersama

Ketika membaca bersama, anak dan orang tua akan melibatkan emosi dan kontak mata yang sama. Dengan begitu, ikatan anak dan orang tua semakin terjalin dengan kuat.

Jika anak belum bisa membaca, Anda bisa mendongengkan mereka sesaat sebelum tidur. Pastikan untuk melakukan hal ini secara rutin. 

Membaca juga bisa membantu meningkatkan kemampuan anak untuk berbicara dan mengenal kosa kata baru, sehingga tidak hanya menjalin hubungan emosional yang baik, membaca bersama juga membantu meningkatkan kecerdasan mereka.

Berikan Pujian

Ketika Anda memberikan pujian kepada mereka, itu menandakan bahwa Anda memperhatikan apa yang telah mereka lakukan sepanjang hari. 

Tentunya anak akan merasa dihargai karena Anda memberikan pujian kepada mereka. Anda juga bisa memberikan pujian dan ucapan terima kasih jika sewaktu – waktu anak memberikan bantuan kepada, misalnya ketika anak mengambilkan gelas di dapur atau mematikan televisi setelah selesai menonton.

Sahabat Medisqu, membangun sebuah ikatan memerlukan waktu yang lama, sehingga Anda perlu melakukan beberapa cara diatas secara rutin. Ketika anak mulai bertumbuh besar, Anda bisa menyesuaikan beberapa cara diatas agar ikatan dan hubungan selalu terjalin dengan baik. 

10 Easy Ways to Bond With Your Child. Diakses pada 2020. Parents With Confidence
Bonding With Your Child. Diakses pada 2020. Betterrelationships.org.au

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *