Manfaat Menangis untuk Si Kecil

Manfaat Menangis untuk Si Kecil

Moms di rumah pasti panik kan kalau mendengar si kecil menangis? Rasanya mau langsung bikin si kecil diam dan mencari berbagai macam cara yang cepat supaya nangisnya berhenti dan mereka jadi tenang kembali. 

Banyak dari mommies yang mungkin khawatir ya kalau menangisnya itu berbahaya kalau tidak segera ditangani.

Tahu nggak moms kalau menangis itu punya manfaat loh buat kesehatan buah hati? Ada banyak manfaat yang baik buat mereka, dari kesehatan fisik hingga kesehatan mentalnya. 

Jadi mommies nggak perlu panik dan stres ya kalau si kecil sering menangis, sesekali beri waktu mereka untuk menangis ya. 

Yuk simak sama – sama apa saja manfaat menangis buat kesehatan si kecil dari Medisqu berikut ini:

1. Meredakan Stres Si Kecil

Perlu diketahui ya moms kalau tidak hanya orang dewasa yang bisa merasakan stres, namun bayi dan anak kecil juga bisa merasakan hal tersebut. 

Nah salah satu cara mereka untuk melepaskan stres yaitu dengan menangis, setelah selesai menangis mereka biasanya akan langsung rileks kembali moms. 

Diketahui bahwa air mata mengandung hormon kortisol, hormon pereda stres yang bisa menghilangkan stres yang sedang si kecil rasa. Selain itu menangis juga mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang bisa membantu tubuh untuk lebih tenang. 

2. Meregangkan Otot

Si kecil memang lebih sering berbaring kan moms? Inilah yang membuat tubuh mereka butuh peregangan supaya tubuh tetap rileks. Salah satunya yaitu dengan menangis. 

Saat bayi menangis, biasanya tangan, kaki, dan wajah mereka ikut bergerak, disinilah peregangan otot terjadi. Biarkan si kecil menangis untuk beberapa saat ya.

3. Membantu Mereka untuk Beradaptasi 

Siapa sangka bahwa anak kecil biasanya menginginkan hal – hal diluar batas toleransi bahkan bisa membahayakan mereka. Misalnya mengkonsumsi makanan yang sudah jatuh dan kotor. 

Nah ketika mereka tidak bisa mewujudkan keinginannya, mereka akan menangis. Setelah menangis mereka akan belajar beradaptasi bahwa tidak semua keinginannya baik dan bisa dilakukan. Sehingga dari sinilah mereka bisa belajar beradaptasi dari sebuah tangisannya. 

4. Mengurangi Rasa Sakit Fisik

Percaya nggak moms kalau menangis ternyata bisa mengurangi rasa sakit pada tubuh si kecil? Peneliti mengungkapkan bahwa saat menangis maka tubuh melepaskan oksitosin dan endorfin, keduanya akan membuat rasa sakit yang sedang dirasakan berkurang. Ini juga bisa membuat perasaan mereka menjadi lebih baik dengan sendirinya. 

5. Melancarkan Sistem Pernapasan

Moms biasanya kalau bayi baru lahir akan langsung menangis ya, ini menjadi salah satu pertanda bahwa paru – parunya bekerja dengan baik, selanjutnya dengan menangis juga bisa membantu melancarkan sistem pernapasannya. 

Justru bayi baru lahir yang tidak menangis perlu diwaspadai karena dikhawatirkan ada masalah tertentu yang membuat si kecil tidak mengeluarkan tangisan.

Jadi pentingnya moms memberikan waktu kepada mereka untuk menangis sebentar saja. Jika sudah dirasa cukup, moms bisa membantu menenangkan mereka. Pastikan untuk tidak membiarkannya terlalu lama agar mereka tidak merasa kelelahan dan timbul masalah tertentu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *