Ini Dia Cara Agar Si kecil Mau Konsumsi Makanan Sehat

Kebutuhan nutrisi pada anak sangat perlu diperhatikan oleh orang tua, hal ini penting karena terkait dengan proses pertumbuhan mereka. 

Kebutuhan nutrisi anak umumnya didapatkan dari berbagai jenis makanan sehat seperti sayuran dan buah buahan, namun terkadang nafsu makan si kecil sering menurun dan mereka jadi sulit makan. 

Nah kalau si kecil sedang sulit makan, moms jadi bingung mencari cara agar mereka tetap mau mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur. 

Moms, nggak perlu khawatir ya kali ini Medisqu akan memberikan beberapa cara agar si kecil tetap mau mengkonsumsi makanan sehat setiap hari :

1. Ajak Si Kecil Menyiapkan Makanan

Anak kecil biasanya sangat suka melakukan hal – hal baru, nah kalau moms belum pernah mengajak mereka memasak bersama, bisa coba menggunakan cara ini untuk menarik perhatian si kecil. 

Jika anak – anak berhasil membuat makanannya, biasanya mereka juga akan lebih bersemangat untuk mengkonsumsinya. 

2. Beri Kesempatan untuk Memilih Makanan

Rasa bosan mudah dirasakan ketika harus mengkonsumsi menu makanan yang sama setiap harinya ya. Nah moms nggak perlu khawatir si kecil bosan, yuk mulai berikan pilihan makanan untuk mereka pilih. 

Pastikan pilihan makanannya sehat dan rasanya enak ya moms, supaya si kecil lahap dan kebutuhan nutrisinya tercukupi dengan baik. 

3. Kreasikan Makanan agar Menarik

Tampilan makanan yang lucu dan menarik tentu akan membuat anak jadi suka untuk mengkonsumsinya moms, maka belajarlah untuk mengkreasikan tampilan makanan untuk si kecil.

Moms bisa membentuk makanan seperti bentuk wajah, bunga atau binatang kesukaannya. Saat ini banyak alat yang bisa digunakan untuk menghias makanan agar lebih menarik. 

Tampilan makanan yang lucu dan menarik tidak hanya meningkatkan nafsu makan si kecil, namun itu juga akan meninggalkan kesan spesial yang akan terus mereka ingat. 

4. Tambahkan Makanan Kesukaan Si Kecil

Si kecil pasti punya makanan favorit kan moms? Misalnya ayam goreng atau telur mata sapi yang sering mereka konsumsi saat sarapan. 

Jika mereka punya makanan kesukaan, maka tidak sulit untuk menyajikan makanan kesukaan di samping makanan favoritnya. Untuk awal – awal tidak masalah memberikan porsi makanan kesukaan lebih banyak dari makanan sehatnya, nah semakin lama moms boleh menambahkan porsi makanan sehat nya ke piring si kecil ya. 

5. Jangan Memaksa

Jika sebelumnya moms pernah memaksa si kecil untuk mengkonsumsi makanan yang sehat, untuk selanjutnya sebaiknya tidak menggunakan cara itu lagi ya moms. 

Memaksa anak untuk mengkonsumsi makanan tertentu justru akan membuat si kecil tidak suka dan menghilangkan nafsu makan mereka. Ini akan membuat mereka tidak mau mengkonsumsi makanan bahkan untuk jenis makanan favoritnya. Lakukan cara – cara lain yang bisa menaikkan keinginan si kecil untuk mengkonsumsi makanan sehat. 

6. Berikan Contoh 

Anak – anak akan lebih banyak mencontoh perilaku orang terdekat, yaitu orang tuanya. Oleh karena itu sebagai orang tua, moms perlu memberikan contoh kepada si kecil dengan menunjukkan kepada mereka bahwa moms suka mengkonsumsi makanan tersebut. 

Disini pengaruh orang tua sangat penting sekali, sering – seringlah mengkonsumsi makanan sehat didepan si kecil dan tawari mereka sesekali hingga mereka familiar dengan jenis makanan sehat.

Moms ketika anak – anak sudah mau mengkonsumsi makanan sehat, berikan pujian kepada mereka bahwa apa yang mereka lakukan adalah hal yang sangat baik. 

Pastikan untuk selalu berusaha menyuguhkan makanan sehat untuk si kecil karena dalam masa pertumbuhan, mereka butuh sekali asupan nutrisi yang cukup supaya perkembangan tubuhnya berjalan dengan sempurna. Jangan lupa untuk mencoba beberapa tips diatas ya moms, semoga bermanfaat. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *