Penyebab dan Jenis Ruam pada Bayi, Moms Wajib Tahu

Bayi memang memiliki kulit yang lebih rentan mengalami masalah, salah satu masalah kulit yang cukup banyak dialami yaitu ruam. Meskipun hal ini merupakan masalah umum, namun ruam bisa menyebabkan bayi tidak nyaman dan menimbulkan iritasi. 

Ada banyak hal yang menjadi penyebab timbulnya ruam pada bayi, seperti penggunaan sabun atau produk bayi yang kurang tepat hingga sentuhan terhadap benda – benda keras seperti bahan pakaian, mainan dan lainnya. 

Selanjutnya ruam juga memiliki beberapa jenis, ada ruam yang disebabkan oleh infeksi virus, kuman, bakteri hingga jamur. 

Gejala yang ditimbulkan pun berbeda antara tipe ruam yang satu dengan yang lainnya, berikut beberapa perbedaannya :

Ruam Nonviral

Jenis ruam ini timbul akibat kuman, bakteri hingga jamur, nah ruam ini yang menjadi penyebab terjadinya ruam popok dan reaksi alergi

Ruam Virus/Exanthema

Jenis ruam ini disebabkan oleh infeksi virus yang menimbulkan bintik merah di beberapa bagian tubuh seperti, dada dan punggung. Banyak dari ruam ini yang tidak menimbulkan rasa gatal, jadi hanya bintik saja. Selain itu, ruam virus ini biasa muncul dibarengi dengan batuk, flu dan demam. 

Selanjutnya ada beberapa jenis ruam yang bisa menyerang si kecil, diantaranya :

Cradle Cap

Jenis ruam ini biasanya muncul di area kepala, gejala yaitu timbul bercak kekuningan, berminyak dan tampak bersisik. Moms tidak perlu khawatir karena jenis ruam ini tidak berbahaya dan cenderung bisa hilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. 

Tak hanya itu, jenis ruam ini juga biasanya tidak membuat si kecil tidak nyaman, ini karena gejala yang timbul hanya bercak tanpa disertai rasa gatal dan sakit. 

Heat rash atau Ruam Panas

Ruam panas ini dapat timbul karena cuaca atau suhu yang panas, ketika si kecil sering kepanasan baik didalam ruangan atau diluar, ini akan memicu ruam. Ruam panas disertai dengan gejala bintik kecil kemerahan.

Ruam Popok

Setiap hari si kecil akan menggunakan popok ya moms, untuk itu mereka akan rentan sekali mengalami ruam popok jika popoknya tidak diganti untuk jangka waktu yang lama. 

Ruam popok disertai dengan gejala bintik merah di area tertentu, seperti paha, selangkangan dan bokong. Oleh karena itu jika si kecil mengalami ruam popok, pastikan untuk segera mengganti popoknya setiap 2 hingga 4 jam sekali ya moms. 

Ruam Merah Alergi

Ruam merah ini disebabkan oleh alergi akibat binatang, obat – obatan hingga makanan. Ini menyebabkan gatal dan kemerahan.

Jika rumah merah akibat alergi tidak terlalu parah, tanpa perawatan ini akan hilang dalam satu hingga dua hari. 

Namun jika ruam akibat alergi ini cukup parah, maka sebaiknya moms membawa si kecil ke dokter agar segera mendapatkan penanganan. 

Roseola

Roseola ini biasanya akan menyerang anak berusia 6 bulan hingga 2 tahun, hampir semua anak mengalami ruam satu ini. Ketika anak mengalami roseola, gejala pertama yang muncul yaitu pilek yang diikuti oleh demam tinggi, selanjutnya barulah muncul ruam merah di area punggung hingga dada. 

Moms karena ruam yang timbul pada kulit si kecil banyak jenis dan penyebabnya, penting bagi kita untuk mengetahuinya dengan baik agar penanganannya sesuai serta ruam segera membaik. 

Jika ruam yang muncul semakin parah dari hari ke hari, pastikan untuk segera memeriksakan kondisi si kecil ke dokter ya moms. Semoga artikel ini bermanfaat ya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *