Manfaat Memeluk si Kecil Setiap Hari, Orang Tua Wajib Tahu!

Moms setiap anak memerlukan kasih sayang dari kedua orang tuanya ya, salah satunya yaitu dengan menerapkan bahasa kasih melalui sebuah pelukan.

Pelukan dari orang tua kepada anak perlu dilakukan secara rutin karena ini dapat memberikan dampak positif terhadap sikap serta sebagai simbol rasa sayang dan cinta terhadap mereka. 

Tidak dipungkiri bahwa pelukan bisa memberikan rasa tentram dan nyaman dalam waktu yang cepat, terlebih saat anak sedih dan kecewa, maka pelukan yang hangat bisa meredakan perasaan kurang nyaman yang sedang dirasa.

Nah bagi moms dan ayah di rumah, perlu mengetahui apa saja manfaat pelukan bagi si kecil agar kebutuhan akan kasih sayang, pertumbuhan dan perkembangan mereka dapat berjalan dengan baik. 

1. Pelukan Membuat Anak Jadi Lebih Pintar

Tahukah moms kalau anak – anak membutuhkan banyak rangsangan sensorik saat otak mereka sedang tumbuh dan berkembang. 

Ketika bayi, indra pertama yang berkembang adalah sentuhan seperti pelukan. Diketahui bahwa anak yang lebih banyak mendapat pelukan maka mereka akan memiliki otak yang lebih berkembang.

Untuk itu moms dan ayah sebaiknya memberikan pelukan lembut yang cukup dan rutin mulai sejak bayi agar pertumbuhan dan perkembangan otak berjalan dengan baik dan maksimal. 

2. Anak Jadi Lebih Sehat

Berpelukan dapat melepaskan oksitosin, hormon tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Saat kekebalan tubuh meningkat, maka anak menjadi tidak mudah sakit, masalah peradangan berkurang dan luka jadi cepat sembuh. 

3. Menghentikan Tantrum pada Anak

Berpelukan memberikan manfaat secara keseluruhan, termasuk ke dalamnya pertumbuhan secara emosional. 

Sebagai contoh, ketika anak sedang menangis dan tantrum maka pelukan bisa menjadi salah satu cara untuk menenangkan mereka serta membuat perasaannya menjadi lebih baik. 

Mungkin banyak ya orang dewasa yang beranggapan bahwa memeluk anak yang sedang tantrum bisa memperkuat perilaku buruknya, padahal hal tersebut merupakan anggapan yang tidak benar. 

Orang tua justru perlu memberikan pelukan hangat agar emosi mereka menjadi terkendali dan mereda. 

4. Membuat Anak Menjadi Lebih Bahagia

Hormon oksitosin juga dapat membuat anak merasa lebih dihargai dan cintai dalam hidup, dengan begitu mereka akan lebih merasa bahagia saat anak dipeluk oleh orang tuanya. 

Pelukan juga meningkatkan kadar serotonin sehingga bisa dengan cepat mengurangi rasa sedih atau perasaan negatif yang sedang dirasakan oleh anak – anak. 

5. Mengurangi Stres pada Anak

Tidak hanya orang dewasa, anak juga bisa saja merasakan stres. Namun moms dan ayah tidak perlu khawatir mencari cara untuk mengurangi stresnya mereka, melalui pelukan stres yang sedang dialami anak bisa berkurang. 

Selain itu diketahui bahwa anak – anak yang lebih sering melakukan kontak kulit ke kulit seperti pelukan dengan orang tua sejak bayi maka kadar kortisol dan hormon stres jumlahnya lebih rendah. 

6. Merilekskan Tubuh Anak

Berpelukan dapat meningkatkan sirkulasi ke jaringan lunak, dengan begitu tubuh anak bisa menjadi lebih rileks. Pastikan untuk memeluk anak Anda setiap hari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *