Cara Membangun Kembali Kepercayaan Terhadap Pasangan

Kepercayaan terhadap pasangan merupakan salah satu kunci utama dalam sebuah hubungan, ini menjadi salah satu komponen yang memiliki peran untuk memperkuat hubungan. Tanpa rasa percaya maka hubungan tidak dapat bertahan karena rasa curiga dan tidak tenang selalu menyelimuti.
Oleh karena itu setiap pasangan harus memiliki rasa percaya terhadap satu sama lain agar hubungan selalu berjalan dengan baik. Namun sayangnya beberapa orang terlanjur hilang percaya terhadap pasangan karena kesalahan yang pernah diperbuat. Itu bisa disebabkan oleh perselingkuhan, tidak menepati janji, berbohong terhadap pasangan dan lain sebagainya. 
Pasti tidak mudah membangun kembali rasa percaya setelah sebelumnya kecewa, tetapi setiap orang memiliki keputusan masing – masing. Apakah ingin menyudahi hubungan atau membangun kembali kepercayaan dan memberi kesempatan. 
Bagi Anda yang sedang mengalami kehilangan kepercayaan terhadap pasangan namun masih ingin mempertahankan hubungan dan memberi kesempatan kepada dia, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membangun kembali rasa percaya, diantaranya :

1. Maafkan Pasangan 

Memutuskan untuk memaafkan pasangan yang telah menghancurkan rasa percaya tentu tidak mudah. Namun ini menjadi salah satu langkah utama yang harus Anda ambil agar kepercayaan dapat kembali dibangun. 
Maafkan setiap kesalahan yang telah diperbuat pasangan di masa lalu, lakukan hal ini secara perlahan lahan karena proses memaafkan seseorang juga akan membutuhkan waktu yang cukup lama. 

2. Komunikasikan dengan Pasangan 

Mungkin Anda akan sulit mulai berkomunikasi dengan pasangan setelah dikecewakan dan dirusak kepercayaannya, namun bagaimanapun komunikasi adalah salah satu jalan yang harus ditempuh untuk kembali membangun kepercayaan dan hubungan. 
Anda bisa memberitahukan apa yang membuat kecewa dan sakit atas perlakuan si dia, selanjutnya Anda bisa memberitahu kepadanya apa yang Anda butuhkan darinya. Begitupun sebaliknya, Anda bisa bertanya apa yang membuat dia merusak kepercayaan yang telah Anda berikan kepadanya. 
Setelah saling mengetahui perasaan masing – masing maka selanjutnya Anda dan pasangan bisa mencari solusinya bersama. 

3. Beri Waktu Pasangan Anda

Cara ini dipraktekkan oleh Anda yang telah mengecewakan pasangan, beri pasangan Anda waktu untuk berfikir dan memaafkan.
Beberapa orang lebih membutuhkan waktu untuk berpikir ketika sedang memiliki masalah dengan pasangan, meskipun Anda sudah siap meminta maaf kepada dia, namun bisa saja pasangan Anda butuh waktu untuk bisa memaafkan dan memberi kesempatan Anda kembali. 
Jangan berusaha menekan kehendak mereka untuk segera dimaafkan, karena bisa saja rasa sakit yang pasangan Anda rasakan membutuhkan waktu yang lama untuk kembali seperti semula. 

4. Meminta Maaf dengan Tulus 

Ini juga dilakukan oleh Anda yang telah membuat kesalahan dan merusak kepercayaan yang telah diberikan. Minta maaf lah dengan tulus dan buktikan untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. 
Ini bukan waktunya untuk membela diri sendiri atau membenarkan kesalahan yang telah Anda perbuat, yakinkan dengan perbuatan bahwa Anda layak untuk diberi kesempatan kedua setelah merusak kepercayaan dalam hubungan. 

5. Tidak Mengungkit Masa Lalu

Ada beberapa pasangan yang sangat tidak suka mengungkit masa lalu, ini memang hal yang kurang baik. Mengungkit masa lalu memang selalu bisa menimbulkan masalah dalam sebuah hubungan. 
Namun jika Anda akan memutuskan untuk memberikan kesempatan kedua kepada pasangan, jangan sampai coba untuk mengungkit masa lalu karena ini akan membuat Anda ragu kepada dia dan usaha Anda dalam membangun kepercayaan kedua akan lebih sulit jalannya. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *