Makanan Ini Bisa Meningkatkan Kesehatan Vagina dan Organ Reproduksi

Setiap wanita tentu ingin selalu memiliki vagina yang sehat, tidak hanya sehat pada bagian luarnya, namun area dalam seperti organ reproduksi juga perlu dijaga kesehatannya.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan vagina, seperti mengunjungi ginekolog secara teratur, melakukan seks yang aman serta menjaga kebersihan vagina dengan baik.

Namun tidak hanya itu, ada cara mudah dan praktis yang bisa coba Anda praktekkan setiap hari, yaitu dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan, diantaranya :

1. Ubi jalar

 

Jenis umbi – umbian dengan cita rasa manis ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan vagina, tidak hanya untuk kesehatan bagian luar, namun menyeluruh hingga kedalam organ reproduksi.

Ubi jalar mengandung beta karoten dan vitamin A, keduanya berfungsi untuk memperkuat dan melindungi dinding rahim. Selain itu, ubi jalar juga bisa meningkatkan kesuburan, jadi jika Anda sedang program hamil, konsumsi ubi jalar bisa meningkatkan peluang kehamilan.

Lebih lanjut, ubi jalar bisa meningkatkan hormon seks jika dikonsumsi secara teratur. Ubi jalar ini baik dikonsumsi oleh setiap wanita terutama wanita dengan gangguan PCOS.

2. Cokelat Hitam atau dark Chocolate

Cokelat hitam mengandung antioksidan yang dapat berfungsi untuk meningkatkan hasrat dan fungsi seksual menjadi lebih baik.

Selain itu, cokelat hitam ini juga mengandung magnesium, methylxanthines dan asam amino yang mampu untuk menenangkan saraf, meningkatkan libido, dan menghasilkan dopamin yang bisa memunculkan efek senang dan bahagia.

3. Tempe dan Yoghurt

 

Baik tempe dan yoghurt keduanya memiliki kandungan probiotik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan vagina, seperti menghentikan mikroba berbahaya agar tidak menempel pada jaringan vagina, meningkatkan keasaman vagina hingga menghambat pertumbuhan bakteri jahat di vagina.

4. Ikan Salmon

Jenis ikan satu ini mengandung lemak omega 3 dalam jumlah yang cukup tinggi, konsumsi ikan salmon terbukti bisa membantu mengatasi kekeringan vagina pada wanita yang menopause.

Jadi ini akan sangat bermanfaat untuk wanita diatas usia 45 tahun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka konsumsi ikan salmon setidaknya 2 kali dalam seminggu.

5. Alpukat

 

Alpukat merupakan buah yang mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sangat sehat bagi tubuh, lemak sehat itu membantu tubuh memproduksi hormon seks.

Ketika produksi hormon seks bermasalah dan jumlahnya sedikit, ini bisa menyebabkan vagina menjadi kering. Hal ini membuat wanita akan merasakan sakit ketika berhubungan seks karena cairan yang keluar sebagai pelumas sangat sedikit.

6. Sayuran Hijau

Sayuran berwarna hijau seperti brokoli, sawi, kangkung dan bayam sangat baik untuk meningkatkan sirkulasi darah. Tentunya perlu diketahui bahwa sirkulasi darah berhubungan dengan aktivitas seksual, sirkulasi darah yang lancar dapat meningkatkan rangsangan dan mencegah kekeringan vagina.

Selanjutnya, sayuran hijau juga kaya akan vitamin E, magnesium dan kalsium yang semuanya sangat bermanfaat untuk otot vagina.

Sahabat medisqu, penting bagi Anda untuk menjaga asupan makanan yang tinggi nutrisi dan vitamin agar tubuh khususnya area vagina dan organ reproduksi terjaga kesehatannya.

Ketika memiliki vagina dan organ reproduksi yang sehat, maka aktivitas seksual dapat berjalan dengan lancar, ini tentunya akan berpengaruh terhadap hubungan Anda bersama pasangan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *