Penyebab Pandangan Mata Anda Tiba – Tiba Kabur

Mata merupakan panca indera yang harus selalu dijaga kesehatannya, banyak masalah mata yang bisa timbul kapan saja, tentu ketika hal tersebut terjadi, Anda akan kesulitan melakukan aktivitas sehari – hari.

Salah satu masalah yang umum dialami yaitu pandangan mata menjadi blur atau kabur, pandangan yang kabur dapat disebabkan oleh beberapa masalah pada komponen mata, seperti retina, kornea hingga saraf optik.

Pandangan mata yang tiba – tiba kabur, umumnya diakibatkan oleh kondisi medis tertentu. Untuk itu sebaiknya Anda mengetahui berbagai kemungkinan yang bisa menyebabkan pandangan menjadi kabur, agar Anda segera mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat. Beberapa penyebab pandangan mata kabur seperti :

Endophthalmitis

Ini merupakan salah satu penyakit mata yang terjadi akibat infeksi dan peradangan pada cairan atau jaringan didalam mata. Ini merupakan kondisi darurat medis yang membutuhkan penanganan cepat.

Tidak hanya pandangan mata yang kabur, penyakit ini juga disertai dengan gejala lain seperti mata merah, bengkak dan sakit.

Pengobatan Endophthalmitis yaitu dengan suntikan antibiotik hingga operasi, penanganan tergantung pada tingkat keparahan penyakitnya.

Tumor Otak

Salah satu masalah medis yang cukup parah adalah tumor otak. Gejala yang mungkin terjadi yaitu kaburnya pandangan mata Anda.

Namun tentu disertai dengan gejala lain seperti sakit kepala yang sering datang atau tidak pernah berhenti, kejang hingga muntah.

Tumor otak disebabkan oleh sel yang bermutasi, membelah dan berkembang dengan cepat. Penyebab lainnya yaitu adanya tumor di bagian tubuh lain, lalu berkembang dan menjalar ke otak.

Denegerasi Makula Terkait Usia

Age Related Macular Degeneratin (ARMD) terjadi ketika adanya penurunan fungsi di area mata. Hal ini umumnya terjadi akibat faktor usia, semakin tua usia maka akan semakin menurun fungsi matanya.

Selain itu, penyakit penurunan fungsi mata ini diakibatkan oleh gaya hidup yang buruk seperti merokok, obesitas, diabetes hingga keturunan.

Jika orang tua Anda mengalami pandangan mata yang kabur secara tiba – tiba, maka hal ini mungkin bisa jadi penyebabnya.

Peradangan Saraf Optik

Saraf optik bertugas untuk membawa informasi visual dari mata ke otak, peradangan pada saraf optik dapat menghambat seluruh prosesnya. Sehingga ini membuat pandangan Anda menjadi kabur, bahkan beberapa kasus membuat salah satu mata Anda tidak mampu melihat selama beberapa waktu.

Untuk kasus peradangan saraf optik yang ringan, biasanya tidak diperlukan penanganan yang khusus, karena penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya. Namun jika kasus peradangan lebih serius, Anda memerlukan bantuan dokter serta penanganan medis.

Ablasi Retina

Ablasi retina terjadi ketika retina menjauh atau terlepas dari jaringan sekitarnya. Hal ini membuat mata kehilangan suplai darah dan saraf.

Ketika ablasi retina terjadi, biasanya Anda akan melihat bintik hitam yang diikuti oleh pandangan kabur. Jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, Anda bisa kehilangan penglihatan secara permanen.

Diabetes

Pengidap diabetes tipe 1 dan 2 juga bisa menyebabkan pandangan mata menjadi kabur, hal ini terjadi ketika diabetes Anda tidak ditangani dengan baik.

Selanjutnya, jika diabetes Anda semakin tidak terkontrol, maka Anda akan mengalami retinopati diabetik. Hal ini terjadi ketika adanya kerusakan pada pembuluh darah di jaringan belakang mata.

Migrain

Migrain atau sakit kepala juga bisa menyebabkan pandangan kabur, ketika Anda memiliki sakit kapala yang parah ini juga bisa membuat pandangan Anda berubah menjadi hitam atau meredup selama beberapa waktu.

Mata Lelah dan Tegang

Jika Anda sering melihat dengan sangat fokus terhadap sesuatu dalam jangka waktu yang lama tanpa istirahat, ini bisa membuat pandangan mata menjadi kabur.

Mata bisa menjadi lelah dan tegang setelah Anda melihat layar elektronik untuk jangka waktu yang lama dan mengemudi dalam jarak yang cukup jauh.

Mata lelah dan tegang umumnya bukan kondisi yang serius, mata bisa kembali normal setelah istirahat atau tidur yang cukup.

Sahabat Medisqu, penting bagi Anda untuk segera memeriksakan kondisi mata jika pandangan Anda sangat sering kabur atau blur. Untuk mengatasi hal ini, tentu anda membutuhkan diagnosa yang tepat dari dokter.

Jika pandangan mata terjadi akibat penyakit, maka Anda perlu melakukanperawatan dan pengobatan. Namun jika hal tersebut terjadi akibat mata yang terlalu kelelahan, pastikan untuk mengistirahatkan mata Anda secara teratur.

 

 

Referensi
16 Reasons you may have blurred vision. Diakses pada 2020. Healthline
Sudden blurry vision. Diakses pada 2020. NHS
Disclaimer: informasi dari Medisqu tidak menggantikan nasihat medis. Selalu konsultasikan ke dokter Anda sebelum melakukan tindakan lebih lanjut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *