Cara Menghilangkan Bau Badan

Bau badan merupakan masalah pada tubuh yang cukup mengganggu, ini juga bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Orang dengan bau badan umumnya membuat mereka merasa malu untuk berinteraksi dengan orang lain.

Bau tidak sedap yang keluar dari tubuh, terjadi karena bakteri yang hidup di kulit dan memecah keringat menjadi asam. Osmidrosis atau bau badan dapat dipicu oleh banyak hal, mulai dari lingkungan, gaya hidup, kebersihan, penyakit hingga makanan.

Bagi Anda yang sedang memiliki masalah bau badan, ada beberapa cara yang perlu Anda coba lakukan untuk menghilangkannya. Berikut beberapa tips cara mengatasi bau badan dengan mudah :

Mandi secara teratur

Menjaga kebersihan badan merupakan hal yang penting dilakukan agar bau badan tidak mudah muncul. Pastikan Anda mandi 2 kali sehari, misalnya pagi sebelum beraktivitas dan sore atau malam setelah selesai beraktivitas.

Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan sabun anti bakteri agar bakter yang sedang berkembang di kulit segera hilang dan tidak menyebabkan bau badan menjadi semakin parah.

Konsumsi Makanan Sehat

Makanan memiliki peran yang penting untuk menghilangkan bau badan, jenis makanan tertentu juga bahkan bisa menjadi penyebab bau badan Anda.

Anda bisa mengurangi bau badan dengan mengkonsumsi sayur dan buah segar setiap hari. Selain itu, pastikan untuk mengurangi konsumsi daging merah dan bawang.

Konsumsi daging merah dan bawang berlebih dipercaya dapat memicu bau badan yang tidak sedap.

Seringlah Ganti Pakaian

Sering mengganti pakaian dapat membantu mengurangi bau badan, bakteri yang mungkin menempel pada pakaian Anda bisa menjadi pemicu bau badan. Untuk itu pastikan ganti pakaian sesering mungkin dan cuci pakaian dengan baik.

Pakaian yang selalu bersih akan menyulitkan bakteri untuk berkembang biak pada kulit Anda. Pastikan langsung mengganti pakaian setelah berolahraga atau melakukan aktivitas berat yang membuat tubuh berkeringat. Tidak hanya baju dan celana, Anda juga perlu memperhatikan kaus kaki, ini juga bisa penting untuk Anda perhatikan kebersihannya.

Gunakan Deodoran

Meski tidak semua orang menggunakan deodoran, namun Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan deodoran. Ini merupakan salah satu cara ampuh untuk mengurangi keringat dan bau badan yang menyengat.

Beberapa deodoran membantu ketiak Anda tetap kering sehingga bakteri tidak mudah berkembang biak. Pilihlah deodoran yang sesuai dan cocok denga. Kulit Anda. Gunakan deodoran minimal satu kali sehari, yaitu setelah Anda selesai mandi atau sebelum beraktivitas.

Bersihkan Bulu Ketiak

Bulu ketiak yang terlalu lebat juga memicu bau badan Anda, ini terjadi ketika rambut ketiak Anda lebat maka penguapan keringat akan sangat sulit terjadi, berbeda jika Anda tidak memiliki bulu ketiak.

Untuk itu pastikan bersihkan bulu ketiak Anda secara teratur, Anda bisa memilih untuk waxing, mencukur sendiri atau laser. Bersihkan bulu ketiak dengan cara apapun yanh paling sesuai dengan Anda.

Hindari Stres

Siapa sangka bahwa stres menjadi pemicu bau badan, orang yang stres akan lebih banyak mengeluarkan keringat, itulah mengapa stres dapat memicu bau badan berlebih.

Ketika sedang stres, pastikan Anda melakukan beberapa cara untuk mengurangi stres yang sedang dirasakan, misalnya dengan relaksasi seperti yoga. Yoga dapat mengurangi stres dan keringat berlebih yang keluar dari tubuh akan berkurang.

Sahabat Medisqu, ada banyak penyebab dari bau badan. Jika Anda sudah mencoba beberapa cara diatas namun tubuh Anda masih berkeringat berlebihan dan bau, pastikan untuk segera konsultasi dengan dokter.

Bau badan juga dapat terjadi karena kondisi medis tertentu seperti diabetes, kanker, infeksi kulit dan beberapa masalah kesehatan lain. Jika bau badan disebabkan oleh penyakit, maka dokter akan segera melakukan penanganan tertentu agar penyakit penyebab bau badan dapat segera membaik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *