Buat Calon Ibu, Perubahan Tubuh Ini Yang Akan Terjadi Saat Hamil

Ketika memasuki masa kehamilan, tentu seorang wanita akan mengalami banyak perubahan pada tubuhnya, ini merupakan hal yang normal.

Perubahan saat hamil terjadi karena adanya peningkatan estrogen, progesteron, retensi cairan hingga peningkatan bobot janin. Olah karena itu perubahan yang terjadi tidak hanya mempengaruhi fisik atau tubuh, namun juga emosional atau suasana hati.

Bagi Anda ibu hamil yang mengalami banyak perubahan, sebaiknya tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu menyesuaikan perubahan yang sedang terjadi pada tubuh dan perasaan.

Berikut beberapa perubahan tubuh dan emosional yang umum terjadi :

1. Perubahan pada mata

Meski tidak semua, beberapa wanita hamil akan mengalami perubahan pada mata atau pandangan. Misalnya mereka akan mengalami peningkatan rabun jauh, sehigga ini akan menyulitkan ibu hamil ketika melihat objek yang jauh.

Selain itu masalah mata lain yang mungkin terjadi seperti ablasi retina atau kehilangan penglihatan, masalah tersebut akan lebih tinggi resikonya pada wanita hamil dengan preeklamsia dan diabetes gestasional.

2. Rambut

Rambut wanita hamil cenderung akan tumbuh lebih tebal dibandingkan saat sebelum hamil, ini terjadi karena peningkatan estrogen dalam tubuh yang mempengaruhi pertumbuhan folikel rambut menjadi lebih sehat dan tebal.

Tidak hanya rambut di bagian kepala, pertumbuhan rambut juga akan meningkat di bagian tubuh lain seperti tangan, kaki, bagian atas bibir dan area lainnya.

3. Kenaikan Berat Badan dan Pembengkakan Tubuh

Sudah tentu seorang wanita hamil akan mengalami kenaikan berat badan, semakin tua usia kehamilan maka akan semakin besar ukuran janin. Inilah yang akan mempengaruhi seberapa banyak kenaikan berat badan Anda.

Nah ketika berat badan naik, ini akan memperlambat sirkulasi darah dan retensi cairan tubuh, terutama pada area tungkai kaki. Akibatnya beberapa wanita hamil akan mengami pembengkakan pada wajah dan kaki saat hamil.

Pembengkakan ini lebih sering terjadi ada kehamilan trimester kedua atau ketiga. Ibu hamil tidak perlu khawatir, Anda bisa mengurangi pembengkakan dengan beberapa cara, seperti hindari berdiri dalam wakti yang lama, istirahat lebih banyak dan hindari kafein dan natrium berlebih.

4. Muncul Stretch Mark

Mungkin banyak ya yang sudah memgetahui mengenai stretch mark ini, ketika hamil salah satu masalah kulit yang sering terjadi yaitu munculnya stretch mark.

Ini terjadi karena adanya peregangan kulit dan hormon elastisitas kulit. Setidaknya sebanyak 90% wanita hamil akan mengalami stretch mark ketika memasuki kehamilan trimester ketiga, hal ini terjadi karena ukuran janin yang semakin membesar.

Ketika stretch mark muncul, ini juga akan memicu gatal di area kulit yang meregang. Oleh sebab itu Anda sebaiknya tidak menggaruk area kulit yang gatal karena akan meninggalkan bekas bahkan membuat kulit Anda terluka. Gunakan krim pelembab untuk mengurangi rasa gatal yang timbul.

5. Detak Jantung dan Darah

Ketika hamil, jantung dan volume darah akan bekerja lebih keras. Jantung ibu saat istirahat akan bekerja 30 hingga 50 persen lebih keras.

Selanjutnya detak jantung akan berdetak 15 hingga 20% lebih cepat daripada sebelumnya. Oleh karena itu ibu hamil akan membutuhkan asupan folat dan zat besi lebih banyak karena volume plasma meningkat hingga 50% dan massa sel darah merah meningkat hingga 30%.

6. Indera penciuman dan Perasa Meningkat

Banyak ibu hamil yang mengalami perubahan pada indera penciuman dan perasanya, bahkan yang lebih parah mereka akan sensitif terhadap beberapa jenis bau. Akibatnya mereka akan kesulitan beraktivitas bersama orang lain dan saat proses makan.

Untuk indera perasa, ibu hamil lebih sering mengalami Dysgeusia, yaitu penurunan kemampuan mengecap. Dengan begitu ibu hamil akan lebih senang mengkonsumsi makanan yang asin dan manis.

Beberapa kasus juga membuat wanita hamil mengalami rasa logam di mulut, ini bisa memicu mual hamil yang lebih parah dan menghambat proses konsumsi makanan.

7. Perubahan Payudara

Ketika hamil payudara wanita bersiap untuk memproduksi ASI setelah bayi lahir, ada beberapa perubahan yang umum terjadi, seperti mempengaruhi pigmentasi kulit yang membuat aerola atau puting menjadi lebih gelap.

Selain itu ukuran payudara juga akan semakin besar dan puting menjadi lebih menonjol dibandingkan saat sedang tidak hamil.

Sahabat Medisqu, perubahan yang terjadi saat hamil merupakan hal yang normal. Namun jika perubahan yang dirasakan cukup mengganggu bahkan menghambat aktivitas, pastikan untuk konsultasi dengan dokter kandungan Anda agar dapat segera diketahui penyebabnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *