Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Komedo merupakan salah satu masalah kulit wajah yang cukup mengganggu, itu menimbulkan lesi berwarna gelap yang umumnya muncul di sekitar area hidung.

bintik hitam yang muncul tersebut, tentu dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang.

Komedo bukan terbentuk akibat kotoran yang menumpuk, melainkan dari melanin yang teroksidasi.

Mungkin banyak ya dari kita yang menghilangkan komedo dengan cara dipencet secara paksa, namun tahukah Anda bahwa cara tersebut tidak benar. Memencet jerawat justru dapat memperburuk kondisi komedo Anda.

Oleh sebab itu, gunakan cara lain yang lebih aman dan efektif sehingga komedo Anda dapat hilang dan kulit pada area wajah tetap sehat. Berikut beberapa rekomendasi cara menghilangkan komedo secara alami dari Medisqu yang dapat Anda coba lakukan :

Teh Hijau

Anda bisa mengkonsumsi atau menggunakan teh hijau sebagai masker untuk mengurangi komedo di sekitar wajah. Teh hijau diketahui mengandung epigallocatechin gallate, ini merupakan polifenol yang dapat mengatasi jerawat dan mengurangi produksi minyak.

Epigallocatechin gallate memiliki sifat androgenik yang berarti dapat membantu mengurangi produksi sebum, ketika sebum tidak banyak terbentuk, maka komedo juga tidak mudah muncul.

Untuk menggunakan teh hijau sebagai masker, Anda bisa merendam kantung teh hijau mengunakan air hangat selama satu jam. Selanjutnya keluarkan teh hijau dari dalam kantung dan campurkan dengan madu.

Selanjutnya oleskan secara merata ke area kulit yang berkomedo, diamkan selama 10 menit dan bilas menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ulangi kegiatan ini selama 2 kali dalam seminggu.

Kunyit

Tanaman herbal satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya bagi kesehatan kulit. Salah satu bahan yang terkandung pada kunyit yaitu dapat mencegah masalah kulit wajah seperti jerawat dan komedo.

Anda bisa menggunakan kunyit sebagai masker masker, caranya Anda bisa menghaluskan beberapa ruas kunyit. Selanjutnya balurkan ke area wajah yang berkomedo.

Tunggu hingga masker kunyit kering dan bilas menggunakan air hangat. Lakukan cara ini secara berulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Soda kue

Siapa sangka, bahan yang sering digunakan untuk campuran kue ini ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat membantu mengurangi komedo.

Soda kue dapat berfungsi menetralkan ketidakseimbangan pH kulit, menghilangkan kotoran, minyak dan sel kulit mati.

Cara penggunaannya sangat mudah, cukup campurkan 2 sendok soda kue dengan air lalu oleskan ke area wajah atau hidung yang berkomedo, pijat dengan lembut dan bilas.

Soda kue memiliki efek samping tertentu, yaitu membuat kulit menjadi kering. Oleh karena itu pastikan Anda tidak menggunakan masker soda kue lebih dari 3 kali seminggu.

Madu

Madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit, salah satunya yaitu dapat menghilangkan komedo. Tak hanya itu, madu juga dapat menjaga kelembapan dan menenangkan kulit wajah Anda.

Untuk menggunakan masker sebagai madu, Anda bisa mengoleskannya ke area wajah dan mendiamkannya selama 20 menit, selanjutnya bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan cara ini beberapa kali hingga komeda Anda berkurang dan menghilang.

Minyak Kelapa dan Gula

Campuran minyak kelapa dan gula dapat Anda gunakan sebagai masker wajah. Oleskan masker dari bahan tersebut ke area wajah yang berkomedo selama 5 hingga 10 menit, selanjutnya bilas dengan menggunakan air hangat.

Air Lemon

Air lemon merupakan juga bisa menghilangkan komedo, caranya yaitu dengan mengoleskan air lemon ke area  kulit wajah yang berkomedo. Namun jangan gunakan masker lemon untuk waktu yang lama, misalnya tidak lebih dari 10 menit.

Rasa asam lemon dapat mengganggu keseimbangan pH kulit wajah Anda, oleh karena itu batasi penggunaannya denga baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *