Cara Meredakan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup menyiksa, ini membuat tenggorokan menjadi tidak nyaman dan gatal.

Beberapa lainnya juga merasakan sakit di sekitar tenggorokan, akibatnya kegiatan makan dan minum menjadi terganggu karena rasa sakitnya. Ini juga bisa berdampak pada kegiatan tidur, tidur menjadi tidak lelap karena sering terbangun karena rasa gatal dan sakit.

Sakit tenggorokan umumnya terjadi akibat adanya respon kekebalan tubuh terhadap infeksi dan bakteri.

Sakit tenggorokan biasanya juga disertai dengan kondisi lain, seperti pilek atau flu. Namun beberapa orang hanya merasakan sakit tenggorakan saja tanpa disertai flu.

Bagi Anda yang sering atau sedang mengalami sakit tenggorokan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengatasinya :

Perasan Lemon

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa lemon memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang kuat sehingga mampu untuk menyegarkan tenggorokan yang sedang sakit.

Selain itu, lemon juga berfungsi melawan peradangan dan stres oksidatif sehingga rasa sakit tenggorokan dapat berkurang ketika mengkonsumsi perasan lemon.

Cara mengkonsumsi lemon sangat mudah, Anda hanya perlu mencampur air perasan lemon dengan air hangat. Minumlah secara rutin untuk mengurangi sakit dan ketidaknyamanan tenggorokan Anda.

Kumur Air Garam

Berkumur dengan air garam mampu meredakan sakit dan gatal pada tenggorokan. Selanjutnya, ini juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga kebersihan mulut.

Jaringan tenggorokan bengkak juga bisa diredakan dengan berkumur air garam, dengan begitu lendir akan keluar dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan akan berkurang.

Untuk penggunaannya, campurkan ½ sendok teh garam kedalam ½ gelas air hangat air hangat. Anda bisa mengulangi cara ini hingga sakit dan gatal pada tenggorakan berkurang.

Peppermint

Permen atau cairan peppermint memang memiliki kemampuan untuk menyegarkan napas dan tenggorokan. Hal tersebut terjadi karena peppermint mengandung mentol yang dapat mengencerkan lendir pada tenggorokan.

Peppermint juga mengandung efek anti inflamasi, anti bakteri dan antivirus. Tidak hanya itu, sakit dan ketidaknyamanan tenggorokan juga bisa hilang jika mengkonsumsi permen peppermint atau menyemprotkan cairan peppermint ke tenggorokan.

Madu

Cukup banyak orang yang menggunakan madu sebagai obat, ini karena madu memiliki efek anti inflamasi, anti oksidan dan anti mikroba. Dengan begitu madu dapat mengurangi sakit dan ketidaknyamanan tenggorokan.

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mencampurkan madu menggunakan air hangat. Minumlah madu secara berulang hingga tenggorokan Anda membaik.

Minum Air yang Cukup

Ketika dehidrasi, maka mulut dan tenggorokan menjadi kering. Hal tersebut akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit. Terlebih jika tenggorokan Anda sedang bermasalah dan tubuh kurang terhidrasi, ini akan memperparah resiko pembengkakan dan peradangan.

Untuk itu pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi agar tenggorokan tetap lembab. Minum air lebih banyak jika aktivitas sedang padat dan cuaca sangat panas.

Bawang Putih

Siapa sangka, bawang putih juga bisa menjadi obat. Bawang putih memiliki kandungan allicin yang mampu melawan mikroba, membunuh bakteri dan menyembuhkan infeksi serta peradangan tenggorokan.

Untuk penggunaannya, Anda bisa mengunyah bawang putih tanpa campuran apapun. Namun jika dirasa sulit, Anda bisa mencampurkan bawang putih pada sup atau makanan lain.

Teh Chamomile

Teh satu ini memiliki sifat anti inflamasi dan anti oksidan. Itulah mengapa teh chamomile sering digunakan untuk mengobati beberapa penyakit, termasuk sakit tenggorokan.

Tidak hanya itu, konsumsi teh chamomile juga dapat merangsang kekebalan tubuh Anda untuk mencegah dan melawan infeksi penyebab sakit tenggorokan.

Gunakan Pelembab Udara

Tenggorokan yang sakit dan tidak nyaman umumnya terjadi saat tenggorokan kering dan kurang memiliki kelembaban. Untuk itu Anda bisa meningkatkan kelembaban tenggorokan dengan menggunakan pelembab udara atau humidifier.

Humidifier juga dapat meredakan jaringan bengkak di tenggorokan Anda penyebab rasa sakit dan masalah tenggorokan lainnya.

Air Jahe

Jahe menjadi salah satu bahan alami yang cukup sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Ini karena jahe memiliki efek anti bakteri dan inflamasi.

Untuk meredakan sakit tenggorokan, Anda bisa merebus air jahe dan mencampurnya dengan madu atau lemon. Minumlah air jahe dalam keadaan hangat, Anda bisa minum rebusan jahe secara berulang hingga sakit tenggorokan menghilang.

Sahabat Medisqu, meskipun sakit tenggorokan adalah masalah yang ringan, sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter jika rasa sakitnya berlangsung cukup lama, yaitu lebih dari seminggu.

Terlebih jika Anda merasakan gejala lain seperti kesulitan menelan, leher kaku dan sulit membuka mulut. Hal tersebut bisa menjadi pertanda adanya masalah yang cukup serius dan perlu perawatan khusus.

Selanjutnya, hindari pemicu sakit tenggorokan seperti konsumsi makanan pedas, berminyak dan asam. Anda juga sebaiknya menjaga jarak dari orang yang sedang flu atau batuk agar tidak tertular.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *