Makanan Ini Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem imun atau kekebalan tubuh merupakan hal yang penting bagi tubuh, jika tubuh tidak memiliki kekebaln tubuh yang baik, maka akan menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah sakit.

Kekebalan tubuh bertugas untuk menyerang bakteri, infeksi hingga patogen penyebab penyakit, dengan begitu tubuh tetap sehat.

Ketika orang tumbuh dewasa, maka kekebalan tubuhnya akan semakin meningkat. Berbeda dengan anak kecil yang belum banyak memiliki patogen dalam tubuhnya, maka antibodinya juga belum banyak terbuat.

Namun perlu diketahui bahwa sistem kekebalan tubuh setiap orang berbeda – beda, ada orang yang lebih mudah sakit ada juga yang lebih jarang sakit.

Bagi Anda yang lebih mudah sakit, tentu Anda harus berusaha untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar penyakit tidak mudah menyerang. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, namun cara yang paling mudah yaitu hanya dengan mengkonsumsi tertentu, apa saja ya?

Berikut beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda:

Brokoli

Sayuran hijau satu ini mampu meningkatkan sistem imun tubuh karena sangat kaya akan mineral dan vitaminnya. Diantaranya brokoli mengandung vitamin A, E,C, serat hingga antioksidan yang kuat.

Konsumsi brokoli secara rutin dengan memperhatikan bagaimana cara Anda mengolahnya, cara terbaik yaitu dengan mengukusnya atau membuatnya menjadi sayur. Pastikan untuk tidak memasaknya terlalu lama karena akan mengurangi nilai gizi dan nutrisinya.

Bayam

Bayam memiliki banyak vitamin dan antioksidan kuat, diantaranya vitamin C, E, flavonoid, betakaroten dan katorenoid.

Diketahui bahwa vitamin C dan E memiliki peran yang yang penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Sedangkan betakaroten berfungsi untuk melawan infeksi dalam tubuh.

Jeruk

Vitamin C memang memiliki peran yang penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, itulah mengapa saat orang sudah merasa tak enak badan, mereka akan langsung mengkonsumsi vitamin C, baik minuman atau vitamin tablet.

Jeruk sangat kaya kandungan vitamin C nya, baik jeruk lemon, jeruk bali atau nipis. Anda bisa mengkonsumsi jenis jeruk apa saja yang Anda suka.

Konsumsi harian vitamin C yang disarankan berbeda antara pria dan wanita, wanita setidaknya harus mengkonsumsi sebanyak 75mg, sedangkan pria setidaknya 90mg.

Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya berfungsi sebagai penyedap masakan, namun ini juga bisa mengobati penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena bawang putih memiliki kandungan allicin.

Anda bisa menambahkan sedikit lebih banyak pada makanan yang akan dikonsumsi.

Sup Ayam

Mungkin banyak orang sering memberikan saran untuk mengkonsumsi sup ayam ketika tubuh sedang tidak sehat, hal tersebut karena ayam mengandung vitamin B-6.

Vitamin B-6 berfungsi untuk meningkatkan pembentukan sel darah merah yang baru dan sehat. Itu menjadi salah satu kunci meningkatnya sistem kekebalan tubuh Anda.

Madu

Madu mengandung banyak nutrisi dan vitamin penting bagi tubuh, diantaranya seperti B, C, magnesium, fosfor dan asam amino. Madu berfungsi juga sebagai anti radang dan anti bakteri.

Paprika Merah

Tidak hanya jeruk yang mengandung vitamin C tinggi, justri paprika merah memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk, paprika juga mengandung beta karoten.

Seperti yang Anda ketahui bahwa makanan tinggi vitamin berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sedangkan beta karoten berfungsi untuk menyehatkan kulit serta mata.

Buah Delima

Buah merah dengan rasa manis ini juga memiliki fungsi untuk melawan bakteri dan virus. Selain itu, buah ini juga meringankan dan mencegah flu semakin parah.

Yoghurt

Produk dengan bahan dasar susu ini mampu merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit yang sedang menyerang.

Selain itu, yoghurt juga mengandung vitamin D, itulah mengapa sistem kekebalan tubuh bisa meningkat dengan mengkonsumsi yoghurt secara rutin. Untuk hasil yang maksimal, pilihlah jenis yoghurt yang tidak mengandung gula dan rasa.

Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari memiliki kandungan fosfor, vitamin B-6, vitamin E hingga magnesium. Vitamin E lah yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sahabat Medisqu, selain mengkonsumsi beberapa jenis makanan diatas, harus ada dukungan lain agar sistem imun tetap baik, yaitu seperti olahraga teratur, tidur yang cukup, minum air yang cukup, menjaga kebersihan tubuh dan menjaga berat badan agar tetap ideal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *