Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit paling umum yang cukup banyak dialami, ini bisa dialami oleh siapa saja, baik remaja, orang dewasa, wanita hingga pria.

Masalah kulit satu ini memang cukup mengganggu keindahan kulit wajah, selain itu rasa sakit yang timbul juga membuat Anda cepat – cepat ingin mengobatinya.

Jerawat ini dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari hormon, gaya hidup yang buruk, pori – pori tersumbat oleh minyak, hingga akibat kebersihan kulit wajah yang kurang terjaga dengan baik.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah jerawat ini. Pengobatan dapat melalui jalan medis hingga konvensional, yaitu Anda bisa menggunakan bahan alami dan mengobatinya dari rumah. Berikut beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan serta cara pengobatannya

Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh memang terkenal memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan kulit, yaitu memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai masalah kulit Anda, tak jarang bahan satu ini banyak digunakan untuk produk perawatan kulit.

Minyak pohon teh memiliki kandungan alami untuk melawan peradangan pada kulit. Untuk cara penggunaanya, Anda bisa mengoleskan minyak ini ke area kulit yang berjerawat, tidak perlu mengoleskan keseluruh area wajah.

Selanjutnya, diamkan minyak pohon teh selama 20 menit lalu bilas menggunakan air biasa. Sebaiknya Anda tidak membiarkan terlalu lama karena dapat membuat wajah Anda menjadi kering. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengoleskan minyak pohon teh 2 kali dalam sehari.

Gunakan Masker Madu dan Kayu Manis

Madu dan kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang kuat. Antioksidan berfungsi untuk mencegah timbulnya jerawat kembali.

Selain itu, madu dan kayu manis mampu melawan bakteri dan peradangan sehingga mencegah jerawat timbul kembali.

Nah dengan begitu, menggunakan campuran madu dan kayu manis sebagai masker merupakan hal yang tepat. Cara penggunaannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mencampur sedikit madu dan bubuk kayu manis, setelah tercampur rata Anda bisa langsung mengoleskannya ke seluruh area wajah.

Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera memiliki sifat anti inflamasi, sehingga ini dapat mengurangi munculnya jerawat. Tak hanya itu, kandungan air pada lidah buaya juga dapat membantu melembabkan kulit kering.

Cara penggunaan lidah buaya juga sangat mudah, pertama bersihkan wajah Anda menggunakan facial wash dan bilas. Selanjutnya Anda bisa langsung mengaplikasikan gel lidah buaya ke area kulit yang berjerawat.

Diamkan gel lidah buaya selama 10 menit lalu bilas menggunakan air. Cara ini bisa Anda lakukan secara berulang hingga jerawat mengempis dan sembuh.

Masker Timun

Beberapa orang akan merasakan sakit dan perih di area kulit yang berjerawat, ini juga akan membuat kulit wajah Anda sedikit membengkak. Nah untuk meringankan masalah tersebut, Anda bisa menjadikan mentimun sebagai masker.

Mentimun memiliki efek menenangkan pada kulit, mengurangi bengkak dan nyeri. Ketika menggunakan masker mentimun, Anda akan merasakan efek dingin yang dapat mengurangi keluhan tidak nyaman yang muncul akibat jerawat.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel berfungsi untuk melawan berbagai jenis bakteri dan virus, dengan begitu Anda bisa menggunakan cuka sari apel untuk menyembuhkan jerawat.

Lebih lanjut, cuka sari apel juga memiliki kemampuan untuk mengurangi minyak di area wajah yang menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat.

Untuk menggunakan cuka sari apel, Anda bisa mencampur cairan cuka apel dengan beberapa tetes air mineral, selanjutnya oleskan campuran tersebut ke area jerawat. Tidak perlu lama, Anda hanya perlu menggunakannya selama 30 detik hingga 1 menit.

Setelah itu Anda bisa langsung membilasnya, pastikan Anda mengulangi metode ini beberapa kali hingga mendapatkan hasil yang baik.

Bawang Putih

Bawah putih memiliki senyawa dengan anti bakteri dan inflamasi, dengan begitu tubuh Anda lebih kuat dalam melawan infeksi yang juga dapat menimbulkan jerawat.

Untuk penggunaan bawang putih berbeda dengan bahan lain, Anda bisa mengkonsumsi bawang putih lebih banyak dari biasanya. Tambahkan bawang putih ke beberapa jenis makanan Anda. Namun pastikan untuk tetap mengkonsumsinya dalam batas yang wajar.

Sahabat Medisqu, meskipun beberapa bahan ini adalah bahan alami, Anda tetap perlu mengetesnya sebelum menggunakan untuk jangka waktu yang lama. Beberapa orang bisa saja tidak cocok dengan penggunaan bahan tersebut.

Selanjutnya jika Anda sudah menggunakan bahan diatas namun jerawat tidak kunjung sembuh, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit Anda agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

 

13 Powerful Remedies for Acne. Diakses pada 2020. Healthline
Top 15 Remedies for Acne. Diakses pada 2020. NHS
 
Disclaimer: informasi dari Medisqu tidak menggantikan nasihat medis. Selalu konsultasikan ke dokter Anda sebelum melakukan tindakan lebih lanjut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *