Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Batu

Jerawat merupakan salah satu masalah yang cukup umum dialami oleh setiap orang, salah satu jenis jerawat yang paling serius yaitu jerawat kistik atau jerawat batu. Jerawat ini terbentuk karena adanya bakteri, minyak dan sel kulit kering yang terperangkap di bawah kulit Anda.

Karena cukup seriusnya jenis jerawat ini, maka setelah Anda berhasil menyembuhkannya, bekas jerawat batu tidak mudah hilang begitu saja. Bekas jerawat batu pada permukaan wajah tentu sangat mengganggu dan menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Jerawat batu akan tampak seperti bisul, yaitu benjolan kecil berisi nanah dan kulit kemerahan di area benjolan. Oleh karena itu Anda akan membutuhkan usaha yang lebih keras untuk menghilangkan bekasnya.

Nah bagi Anda yang sedang berusaha untuk menghilangkan bekas jerawat batu di wajah, berikut beberapa rekomendasi dari Medisqu dalam menghilangkan bekas jerawat batu Anda:

1. Es Batu

Anda bisa dengan mudah menggunakan es batu untuk membantu menghilangkan bekas jerawat batu. Caranya mudah, Anda hanya perlu menempelkan dan gosokkan es batu ke sekitar area kulit bekas jerawat secara melingkar.

Lakukan cara tersebut hingga beberapa menit, untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda perlu melakukan cara tersebut 3 kali sehari.

Diketahui bahwa es batu juga dapat membantu mengurangi pembengkakan, kemerahan, rasa nyeri dan gatal akibat jerawat batu.

2. Tea Tree Oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil juga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat batu, Anda bisa mengoleskan minyak ini ke bagian kulit wajah dengan bekas jerawat batu. Sebaiknya Anda mengulangi metode ini beberapa kali hingga bekas jerawat tersamarkan sedikit demi sedikit.

Tea tree oil juga memiliki sifat anti inflamasi dan anti mikroba. Tak hanya itu, jenis minyak ini juga dapat mengurangi jumlah bakteri penyebab jerawat batu. Sehingga ini juga dapat Anda gunakan sebagai metode pencegahan jerawat batu selanjutnya.

3. Masker Kunyit

Tahukah Anda bahwa bahan herbal yang biasa digunakan untuk bumbu masakan ini juga ternyata bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit Anda, Anda dapat menggunakan kunyit untuk dijadikan masker wajah.

Diketahui bahwa kunyit mengandung kurkumin, yaitu sifat anti inflamasi dan sifat antiseptik. Untuk menggunakan kunyit sebagai masker, Anda bisa menghaluskan kunyit dan mengoleskan ke area wajah dengan bekas jerawat batu. Diamkan masker kurang lebih 10 menit atau tunggu hingga masker kunyit kering. selanjutnya bilas menggunakan air hingga bersih. Ulangi metode ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Hindari beberapa jenis makanan dan minuman

Sambil melakukan beberapa perawatan rumah, Anda juga sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memicu jerawat batu, diantaranya produk berbahan dasar susu.

Diketahui bahwa produk susu merupakan pembentuk lendir yang sulit dicerna oleh tubuh, oleh karena itu jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak produk susu maka tubuh Anda akan kesulitan meng toleransinya, akibatnya produk susu yang sudah terlanjur masuk kedalam tubuh akan diekskresikan dalam bentuk jerawat batu.

Beberapa jenis makanan dan minuman berbahan dasar susu seperti yoghurt dan keju perlu Anda hindari, cobalah untuk tidak mengkonsumsinya selama 3 minggu dan Anda bisa melihat hasilnya.

Selain itu Anda juga perlu untuk mengurangi atau menghentikan konsumsi makanan olahan dan gula. Diketahui makanan olahan dan gula dapat memicu munculnya jerawat dan memperparah kondisi jerawat.

5. Konsumsi Probiotik yang Cukup

Tahukah Anda bahwa mengkonsumsi probiotik yang cukup setiap hari dapat meningkatkan kesehatan kulit, diantaranya dapat mengurangi peradangan kulit dan membantu kulit menjadi lebih bersih. Jika Anda memiliki bekas jerawat batu di area wajah, konsumsi probiotik yang cukup setiap hari dapat membantu menyamarkan bekas jerawatnya secara perlahan – lahan.

Beberapa makanan dan minuman yang mengandung probiotik seperti tempe, acar kefir hingga salah satu makanan yang berasal dari jepang, natto.

Sahabat Medisqu, setelah Anda melakukan beberapa cara diatas untuk menghilangkan jerawat batu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan kulit wajah. Salah satu hal penting yang perlu diingat yaitu hindari penggunaan riasan atau make up yang terlalu tebal.

Pastikan untuk memilih make up atau skin care yang berbahan dasar air, selanjutnya pastikan untuk membersihkan wajah menggunakan pembersih make up yang ampuh sebelum tidur. Membiarkan wajah Anda dalam keadaan menggunakan make up saat tidur akan menimbulkan masalah kulit wajah, salah satunya jerawat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *