Ini 7 Cara Ampuh Mengatasi Morning Sickness

Morning sickness atau mual dan muntah saat masa kehamilan merupakan hal yang normal, hal ini bisa terjadi akibat adanya perubahan hormon yang cukup signifikan. Meski tidak semua mengalami morning sickness, namun cukup banyak wanita hamil yang mengalami hal ini pada masa awal kehamilan.
Morning sickness biasanya terjadi pada kehamilan trimester pertama, yaitu kehamilan bulan pertama hingga bulan ke empat. Meski bukan masalah yang serius, namun beberapa wanita hamil merasa kesulitan dengan morning sickness yang sedang alami. Bahkan beberapa wanita hamil menjadi terganggu aktivitas hariannya akibat mual dan muntah yang berkepanjangan.
Bagi Anda wanita hamil yang sedang mengalami hal ini, Anda tidak perlu khawatir. Berikut ada beberapa tips dari Medisqu untuk meringankan mual dan muntah yang sedang Anda alami.

1. Konsumsi Cairan yang Cukup

Memenuhi kebutuhan cairan yang cukup setiap hari ternyata dapat mengurangi rasa mual dan muntah Anda. Jika Anda lebih sering mengalami mual pada pagi hari, pastikan untuk minum terlebih dahulu sebelum beranjak dari tempat tidur.
Sebaiknya Anda juga minum sedikit demi sedikit, sesuaikan dengan rasa mual yang sedang Anda alami. Tidak ada ukuran pasti sebanyak apa Anda harus minum, hal tersebut tergantung aktivitas Anda. Namun pastikan minum air minimal 8 gelas dalam satu hari.

2. Lebih banyak Istirahat

Mual dan muntah memang sangat mengganggu aktivitas, terlebih rasa mual yang terjadi semakin parah dari hari ke hari. Nah bagi Anda yang merasa terganggu dengan rasa mual ini, Anda bisa meluangkan waktu untuk istirahat. Sebaiknya tinggalkan tugas – tugas berat yang sebelumnya biasa Anda kerjakan.
Tidak hanya menghilangkan morning sickness, istirahat yang cukup saat hamil juga baik bagi kesehatan Anda dan juga bayi dalam kandungan.

3. Minum Air Jahe

Mungkin Anda sudah sering ya mendengar bahwa jahe bisa meringankan rasa mual. Nah Anda juga bisa coba untuk mengkonsumsi air jahe ketika mual. Namun pastikan Anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, akan lebih baik jika Anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan mengenai hal ini.
Setiap wanita hamil memiliki kondisi dan kekuatan yang berbeda, maka konsultasi dengan dokter kandungan atas segala apa yang akan Anda lakukan adalah hal yang terbaik.

4. Pilih Makanan dengan Suhu Normal

Umumnya makanan hangat atau panas memiliki bau yang lebih kuat dan menyengat. Biasanya wanita yang mual dan muntah akan kesulitan mengkonsumsi makanan tertentu, bahkan beberapa diantaranya hanya mengkonsumsi buah – buahan dan minuman karena tidak kuat mencium bau makanan.
Nah bagi Anda yang sulit mengkonsumsi makanan pada masa ini, sebaiknya pilihlah makanan yang tidak panas. Anda bisa mendinginkan makanan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya. Cara ini dipercaya bisa membantu meringankan mual yang sedang dirasa.

5. Obat dan Vitamin

Jika morning sickness Anda semakin parah dari hari ke hari hingga Anda kesulitan untuk memenuhi asupan makanan dan minuman, pastikan untuk segera konsultasi dengan dokter kandungan Anda.
Biasanya dokter akan memberikan Anda obat atau vitamin. Tentunya obat dan vitamin akan diberikan setelah menjalani pemeriksaan tertentu. Vitamin yang mungkin akan diberikan yaitu vitamin B-6 dan beberapa vitamin prenatal lainnya.

6. Hindari Makanan Berlemak

Tidak hanya makanan panas dan manis, makanan berlemak juga nyatanya bisa memperparah mual Anda. Untuk itu pastikan kurangi dan bahkan hindari makanan yang tinggi lemak. Sebaiknya pilihlah makanan segar seperti buah dan sayur setiap hari.

7. Ruangan yang Sejuk dengan Ventilasi yang Baik

Akibat indera penciuman yang meningkat pada masa kehamilan, maka ini membuat Anda menjadi lebih mudah mual dan muntah. Jika Anda memiliki ruangan atau kamar dengan ventilasi yang buruk, ini bisa memperparah rasa mual Anda.
Ruangan lembab biasanya memiliki bau khas yang tidak segar, oleh karena itu pastikan kamar atau ruangan Anda memiliki ventilasi yang cukup baik agar Anda tidak terganggu dengan bau yang mungkin tercium saat istirahat.
Sahabat Medisqu, meskipun tidak ada pengobatan khusus untuk menangani morning sickness, tetapi Anda bisa melakukan beberapa tips diatas dan menghindari beberapa penyebabnya, seperti hindari makanan pedas, hindari minuman tinggi gula dan makanan manis, perbanyak istirahat dan penuhi kebutuhan cairan yang cukup setiap hari.
Vomiting and Morning Sickness in Pregnancy. Diakses pada 2020. NHS
Morning Sickness. Diakses pada 2020. Healthline
Disclaimer: informasi dari Medisqu tidak menggantikan nasihat medis. Selalu konsultasikan ke dokter Anda sebelum melakukan tindakan lebih lanjut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *