Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut

Memiliki masalah bau mulut merupakan hal yang cukup merepotkan, hal ini bisa menurunkan kepercayaan diri Anda. Ketika bau mulut, tentu Anda akan merasa malu jika harus berbicara dengan teman atau berbicara di tempat umum.


Semakin parah bau mulut yang Anda alami, maka akan semakin sulit Anda bersosialisasi dengan orang lain. Bahkan beberapa teman Anda mungkin akan menjaga jarak ketika Anda berbicara.

Tidak hanya mengganggu kepercayaan diri seseorang, bau mulut atau halitosis juga merupakan pertanda bahwa Anda memiliki masalah pada gigi dan mulut.

Beberapa hal yang menjadi penyebab bau mulut seperti kebersihan gigi dan mulut yang buruk, seperti tidak pernah membersihkan karang gigi, mengkonsumsi makanan yang berbau dan pedas, masalah gusi, gigi berlubang hingga, mulut kering, merokok hingga akibat infeksi.

Nah bagi sahabat Medisqu yang sedang memiliki masalah bau mulut ini, Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya, diantaranya :

 

Minum Air yang Cukup

 

 

 

Salah satu penyebab bau mulut adalah mulut yang kering dalam jangka waktu yang lama, mulut kering terjadi ketika Anda kurang mengkonsumsi cairan dan beberapa kondisi medis lainnya yang menyebabkan mulut kering. Untuk itu pastikan minum yang cukup secara berkala setiap hari.

Jika mulut Anda terus – terusan kering padahal Anda sudah cukup minum, maka pastikan untuk memeriksakan kondisi tersebut ke dokter.


Sikat gigi 2 kali sehari

 

 

 

Dokter merekomendasikan untuk menyikat gigi 2 kali sehari, hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut nda sepanjang hari.

Kebersihan gigi dan mulut yang buruk tentu bisa menimbulkan bau mulut, maka Anda bisa mencegahnya dengan tetap menjaga kebersihannya dengan sikat gigi secara teratur. Sikat gigi yang paling baik yaitu pada pagi hari sebelum memulai aktivitas dan malam hari sebelum tidur.


Bersihkan Lidah

 

Menjaga kesehatan mulut tidak hanya dapat dilakukan dengan menyikat gigi, namun Anda juga harus memperhatikan kebersihan lidah. Lidah juga bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan kotoran sisa makanan, untuk itu pastikan bersihkan lidah Anda setelah menyikat gigi menggunakan pembersih khusus.


Gunakan Obat Kumur

 

 

 

Membersihkan gigi dan mulut dapat dilakukan dengan menambah penggunaan obat kumur, obat kumur ini mengandung antibakterial yang bisa membantu menghilangkan bakteri yang masih menempel dia area mulut.

Namun pastikan Anda untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi Anda sebelum menggunakan obat kumur. Selanjutnya Anda juga sebaiknya menggunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol, karena alkohol dalam obat kumur justru dapat memicu mulut kering.


Gunakan benang gigi/flossing

 

 

Tahukah Anda bahwa menyikat gigi hanya membersihkan sekitar 60% permukaan gigi? Dengan begitu dapat dipastikan sekitar 40% gigi Anda tidak tersentuh oleh sikat gigi. Akibatnya masih banyak kotoran yang menempel di sela – sela gigi.

Pastikan untuk flossing menggunakan benang gigi setelah makan atau setelah menyikat gigi, agar semua sisa makanan terangkat dengan baik dan tidak menyebabkan karang gigi yang bisa memicu bau mulut.


Berkumur setelah makan

Menyikat gigi hanya direkomendasikan sebanyak 2 kali dalam sehari, namun Anda tetap bisa membersihkan gigi dan mulut dari sisa makanan setelah makan dengan berkumur.

Berkumurlah secara rutin setelah makan agar sisa makanan tidak menempel dan terselip diantara gigi.

Sahabat Medisqu, selain memperhatikan cara mengatasi bau mulut, Anda juga harus mencegah beberapa hal agar bau mulut tidak kembali lagi. Pastikan untuk tidak merokok dan mengkonsumsi makanan dengan bau yang kuat seperti bawang terlalu banyak.

Tidak ada larangan untuk mengkonsumsi makanan dengan bau menyengat, namun pastikan Anda mengkonsumsinya dengan poris yang normal.

Selanjutnya cegah masalah gigi yang bisa menyebabkan bau mulut dengan rutin periksa kesehatan gigi Anda setidaknya setiap 6 bulan sekali. Jika ada masalah gigi seperti timbulnya lubang, maka dokter gigi Anda bisa segera melakukan penangan khusus agar lubang gigi Anda tidak memicu bau mulut.

Referensi:

Bad breath. Diakses pada 2020. Healthline
Bad breath. Diakses pada 2020. NHS
Bad breath causes. Diakses ada 2020. WebMd

 
Disclaimer: informasi dari Medisqu tidak menggantikan nasihat medis. Selalu konsultasikan ke dokter Anda sebelum melakukan tindakan lebih lanjut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *