Kebiasaan Ini Dapat Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang cukup penting, hal ini karena dapat mempengaruhi banyak hal, seperti kesehatan lain dan tingkat kepercayaan diri seseorang.

Misalnya orang dengan kebersihan gigi dan mulut yang baik, tentu mereka akan memiliki napas yang segar, dampaknya mereka memiliki rasa keercayaan diri yang cukup ketika harus berbicara di hadapan orang lain tanpa khawatir dengan masalah bau mulut.

Untuk itu pastikan Anda menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit gigi dan penyakitainnya. Berikut beberapa tips dari Medisqu untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut dengan mudah :

Sikat Gigi 2 Kali Sehari

Ini menjadi poin utama dalam proses menjaga kesehatan dan kebersihan gigi serta mulut. Meskipun ini merupakan cara yang mudah, namun terkadang orang – orang sangat sulit untuk melakukannya.

Guna mendapatkan kebersihan gigi yang maksimal, sikat gigi secara teratur 2 kali dalam sehari. Lakukan saat pagi setelah bangun tidur atau setelah selasai sarapan, serta malam sebelum Anda tidur.

Selain itu pastikan untuk menyikat gigi dengan baik dsn benar, sikat sela – sela gigi dengan baik agar semua sisa makanan dapat terangkat.

Periksa Gigi ke Dokter Setiap 6 Bulan

Tidak hanya cukup dengan sikat gigi rutin 2 kali sehari, Anda juga harus melakukan pemeriksaan gigi secara teratur ke dokter gigi. Pemeriksaan bertujuan untuk mengecek bagaimana kondisi gigi Anda.

Selain itu, Anda juga disarankan melakukan scalling atau pembersihan karang gigi ketika datang. Sikat gigi tidak dapat mencegah terbentuknya karang gigi, dengan begitu Anda perlu membersihkan karang gigi setiap 6 bulan sekali.

Selanjutnya, jika terindikasi adanya masalah gigi, dokter gigi bisa segera melakukan penanganan, penanganan yang tepat dapat mencegah masalah gigi Anda menjadi bertambah parah.

Kurangi Konsumsi Makanan dan minuman Manis

Mengkonsumsi manis berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan, baik kesehatan gigi maupun kesehatan tubuh. Makanan manis dapat meningkatkan resiko gigi berlubang dan mengikis email gigi.

Beberapa makanan dan minuman manis yang perlu dihindari seperti jus buah, permen, cokelat, kue kering hinggs minuman ringan.

Gunakan Mouthwash/Obat Kumur

Mungkin masih banyak dari kita yang tidak menggunakan mouthwash atau obat kumur, mouthwash ternyata sangat penting untuk dipertimbangkan, setidaknya ini akan membantu memineralisasi gigi, membersihkan seluruh bagian gigi bahkan bagian yang sulit disikat hingga mengurangi jumlah asam di mulut.

Hindari Merokok

Merokok dapat menodai gigi, ini membuat gigi menjadi lebih cepat kuning hingga cokelat. Tak hanya itu, merokok juga dapat meningkatkan masalah kesehatan pada mulut seperti bau/ halitosis dan kanker mulut.

Tak hanya berdampak pada gigi, merokok juga akan meningkatkan masalah kesehatan pada gusi.

Gunakan Pasta Gigi Mengandung Fluoride

Banyak pasta gigi yang mengandung fluoride, fluoride ini berfungsi untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya kerusakan pada gigi. Selain itu, fluoride juga melawan bakteri pada gigi yang menjadi penyebab pembusukan dan gigi berlubang.

Kumur dan Minum Setelah Makan

Membersihkan gigi dan mulut tidak hanya dapat dilakukan dengan menyikat gigi, Anda juga sebaiknya membersihkan mulut dengan berkumur setelah makan atau minum minuman manis.

Selain itu, Anda juga perlu untuk menetralkan asam setelah makan dengan minum air. Biasanya asam dalam mulut akan meningkat setelah makan, untuk itu hilangkan asam berlebih pada mulut dengan selalu minum setelah makan.

Flossing

Menyikat gigi tidak dapat menjangkau seluruh area dan sela – sela gigi, untuk itu Anda perlu melakukan cara lain agar sisa makanan dan kotoran yang terdapat di sela gigi bisa terangkat, Anda bisa melakukan flossing menggunakan benang gigi.

Lakukan flossing setelah selesai menyikat gigi, setidaknya sebanyak 2 kali sehari. Flossing juga bertujuan untuk mencegah terbentuknya plak lebih banyak.

Sikat Lidah

Menjaga kebersihan dan kesehatan mulut tidak hanya perlu membersihkan gigi, namun Anda juga harus memperhatikan lidah.

Siapa sangka, lidah juga dapat menjadi sarang kuman, bakteri dan sisa makanan. Jika tidak dibersihkan dengan baik, ini akan menyebabkan bau mulut hingga meningkatka resiko masalah kesehatan lain.

Gunakan Pelindung Mulut

Cara lain untuk tetap menjaga kesehatan mulut yaitu dengan menggunakan pelindung mulut ketika olahraga, seperti tinju atau olahraga yang melibatkan kepala dan wajah.

Tanpa perlindungan yang baik, itu akan meningkatkan resiko masalah kesehatan gigi, seperti gigi patah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *