Inilah Cara Mengatasi Gigi Berlubang dengan Benar

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan gigi berlubang, beberapa diantaranya seperti sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik, penumpukan bakteri pada gigi, hingga penumpukan plak. 

 

Gigi berlubang ini bisa dialami oleh siapa saja, baik anak kecil, remaja hingga orang dewasa, ini merupakan masalah kesehatan yang sangat umum.

 

Setiap orang dengan masalah gigi berlubang memiliki gejala yang berbeda – beda, ada yang tidak merasa nyeri sama sekali, ada yang merasakan nyeri hanya ketika makan atau minum, atau ada pula yang merasakan nyeri hampir sepanjang waktu. Gejala tersebut muncul, tergantung pada tingkat masalah gigi berlubang Anda.

 

Bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki masalah lubang pada gigi, Anda tidak perlu khawatir, ada banyak pilihan cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. 

 

Perawatan Fluoride

Fluoride merupakan mineral yang dapat mencegah kerusakan gigi serta mengurangi resiko gigi berlubang. Dokter akan mengaplikasi fluoride dalam bentuk gel, busa hingga pernis.

 

Tidak hanya untuk mengatasi gigi berlubang, perawatan fluoride juga berfungsi untuk memperkuat enamel gigi, mencegah penyakit gusi dan meningkatkan kesehatan mulut.

 

Tambal Gigi

 

Tambal gigi menjadi rekomendasi selanjutnya oleh dokter, jika lubang pada gigi Anda masih dalam tahap yang tidak terlalu parah. Tambal gigi ini bertujuan untuk mencegah kerusakan gigi semakin berlanjut dan mencegah lubang pada gigi semakin membesar.

 

Pertama – tama, dokter akan mengangkat atau mengambil bagian gigi yang sudah membusuk menggunakan laser. Selanjutnya dokter akan membersihkan bagian gigi yang berlubang dari kotoran dan bakteri.

 

Setelah lubang pada gigi sudah bersih, dokter akan bersiap mengisi atau menambal gigi berlubang Anda menggunakan bahan tertentu. Beberapa bahan yang biasa digunakan untuk menambal gigi seperti, emas, porselen, komposit hingga amalgam. Masing – masing bahan tambalan memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda.

 

Perawatan Saluran Akar

Perawatan saluran akar atau edodontik bertujuan untuk menyelamatkan gigi berlubang Anda agar tidak dicabut. Prosedur ini dilakukan kepada mereka yang mengalami infeksi bakteri pada pulpa gigi.

 

Perawatan ini hampir serupa dengan tambal gigi, pertama – tama dokter akan membersihkan bakteri dan kotoran dari saluran akar, setelah gigi bersih dan bakteri hilang, dokter akan menambal saluran akar dan menutupnya dengan tambalan atau mahkota.

 

Umumnya prosuder ini akan berhasil dilakukan, setelah melakukan perawatan ini, setidaknya gigi Anda yang sebelumnya bermasalah dapat bertahan dengan baik hingga 10 tahun kedepan.

 

 

Mencabut Gigi

 

 

Cabut gigi menjadi pilihan cara paling terakhir yang direkomendasikan oleh dokter. Biasanya dokter akan lebih mengarahkan Anda untuk melakukan 3 prosedur diatas, namun jika kondisi gigi Anda sudah terlalu parah dan tidak bisa diselamatkan, maka dokter akan mengarahkan Anda untuk memilih prosedur ini.

 

Pertama – tama, dokter akan melakukan bius di sekitar gigi yang akan dicabut, lalu dokter akan mengendurkan gigi dan mencabutnya. 

 

Sahabat Medisqu, penting bagi Anda untuk memperhatikan kesehatan gigi secara berkala, sehingga Anda dapat terhindar dari masalah gigi berlubang. Pastikan untuk menyikat gigi 2 kali dalam sehari dan mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan untuk melakukan pemeriksaan gigi secara menyeluruh. 

 

Ketika dokter menemukan ada indikasi lubang pada gigi Anda, maka pencegahan dapat segera dilakukan, agar lubang pada gigi tidak semakin membesar dan parah.

 

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Dental health cavaties & Dental health fillings.
Mayoclinic. Diakses pada 2020. Cavities/tooth decay.
Healthline. Diakses pada 2020. Tooth Cavities Treatment

 

Disclaimer: informasi dari Medisqu tidak menggantikan nasihat medis. Selalu konsultasikan ke dokter Anda sebelum melakukan tindakan lebih lanjut.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *