Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami

Bagi seorang wanita, mengalami nyeri haid atau dismenore adalah hal yang biasa, ini merupakan masalah yang umum. Meski tidak semua wanita mengalami nyeri haid saat datang bulan, namun banyak juga wanita yang mengalami masalah ini.

 

Jenis nyeri haid yang dirasakan setiap wanita berbeda – beda, mulai dari sakit di sekitar punggung, sakit pada perut bagian bawah hingga sakit pada pinggang. Selain itu, tingkat sakitnya juga berbeda – beda, ada yang nyeri haid normal hingga nyeri haid parah.

 

Biasanya nyeri haid normal ini terasa hanya beberapa jam saja lalu hilang dengan sendirinya, sedangkan nyeri haid yang parah, membutuhkan perawatan atau penanganan khusus seperti mengkonsumsi obat dan istirahat total.

 

Nah bagi Anda yang sering mengalami masalah nyeri haid, Medisqu akan memberikan beberapa tips untuk membantu menghilangkan masalah tersebut secara alami. Cara ini dapat dilakukan dirumah, sehingga akan memudahkan Anda untuk melakukannya.

 

Relaksasi

 

Mungkin banyak dari Anda yang sudah mengetahui manfaat dari teknik relaksasi seperti yoga, salah satunya yaitu untuk membantu mengurangi nyeri haid. Ketika melakukan teknik relaksasi, pikiran Anda akan teralihkan dari rasa sakit yang sedang dirasa. 

 

Teknik relaksasi merupakan cara yang sangat simpel dan dapat dilakukan dimana saja, itulah mengapa sebaiknya Anda mencoba melakukan cara ini saat nyeri haid datang.

 

Kompres Air Hangat

Tidak hanya berfungsi untuk menurunkan demam, kompres menggunakan air hangat juga bisa membantu mengurangi nyeri haid. Anda bisa menggunakan alat khusus untuk mengopres bagian punggung atau perut secara langsung. Selain itu Anda juga bisa menggunakan botol berisi air hangat. Lakukan teknik ini selama beberapa menit dan ulangi cara ini beberapa kali hingga nyeri haid Anda berkurang.

 

Olahraga

 

rajin olahraga

Siapa sangka, ternyata olahraga teratur bisa mengurangi nyeri haid Anda. Meskipun ini menjadi salah satu pencegahan, Anda perlu untuk mempertimbangkan olahraga secara teratur di waktu mendatang, agar saat masa haid selanjutnya, rasa sakitnya tidak terasa berlebihan.

 

Lakukan olahraga ringan secara teratur dan jadikan hal tersebut menjadi aktivitas rutin Anda.

 

Mandi Air Hangat

Manfaat air hangat untuk meredakan nyeri haid, tidak hanya bisa digunakan untuk mengompres saja, namun Anda juga bisa menggunakan air hangat untuk mandi. Mandi air hangat bisa membantu meringankan nyeri haid dan membuat tubuh menjadi lebih relax.

 

Istirahat yang Cukup

 

istirahat yang cukup

Jika Anda sudah mencoba beberapa cara diatas ketika mengalami nyeri haid, pastikan juga Anda mengurangi aktivitas fisik, jika perlu luangkan waktu beberapa jam hingga satu hari untuk istirahat total. Tubuh yang mendapatkan istirahat yang cukup, bisa membantu menghilangkan nyeri haid Anda. 

 

Sahabat Medisqu, tidak hanya memperhatikan tips mengatasi nyeri haid, Anda juga sebaiknya melakukan beberapa pencegahan agar nyeri haid yang cukup parah muncul kembali pada periode haid Anda selanjutnya. 

 

Beberapa pencegahan yang dapat dilakukan yaitu menjaga pola makan sehat dengan mengkonsumsi buah dan sayur secara teratur, kurangi konsumsi kafein, serta jauhi rokok dan alkohol.

 

Itulah beberapa tips cara mengatasi nyeri haid secara alami. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. 

 

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2020. About Dysmenorrhea

NHS. Diakses pada 2020. Period Pain

WebMd. Diakses pada 2020. Menstrual Cramps

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *