Cara Menghilangkan Flek Hitam Alami

Bagi seorang wanita, memiliki kulit wajah yang mulus adalah sebuah impian. Bagaimana tidak, kulit wajah mulus tanpa flek akan meningkatkan kepercayaan diri seorang wanita. Namun ada beberapa orang yang harus berjuang menghilangkan flek hitam pada wajahnya.

 

Flek hitam atau hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh banyak hal, baik penyebab dari luar atau dari dalam tubuh kita. Beberapa penyebab dari luar yaitu kulit wajah yang terlalu lama terpapar sinar matahari langsung, jerawat, hingga akibat penuaan. Sedangkan penyebab dari dalam yaitu adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh atau produksi melanin yang terlalu banyak pada kulit.

 

Jika flek hitam sudah semakin banyak dan melebar, tentu Anda akan berusaha mencari cara bagaimana menyamarkan atau menghilangkan flek hitam  tersebut. Nah jika Anda sedang berjuang untuk mengatasi masalah tersebut,  simak tips menghilangkan flek hitam secara alami dari Medisqu berikut ini.

 

Jeruk Lemon

 

Buah satu ini tentu sangat mudah dijumpai di sekitar kita, Anda bisa menemukannya di supermarket atau pasar tradisional. Pertama – tama, ambil satu buah lemon utuh dan iris menjadi 2 bagian atau lebih. Selanjutnya Anda bisa mengambil air lemon dengan memerasnya.

 

Namun Anda juga bisa hanya memotong tipis buah lemon dan langsung menempelkannya  ke area kulit wajah yang memiliki flek hitam. Tempelkan buah lemon ke area wajah sekitar 10 menit, lalu bilas wajah menggunakan air hangat. Cara ini bisa Anda lakukan pada pagi dan sore hari, lakukan secara berulang hingga flek hitam pada wajah Anda menghilang.

 

Lidah Buaya

 

Gel lidah buaya cukup banyak digunakan untuk skin care atau produk kosmetik, ini karena lidah buaya atau aloe vera memiliki senyawa depigmentasi yang membantu mencerahkan kulit. Cara menggunakan gel dari lidah buaya ini juga sangat mudah, yaitu hanya mengambil sebagian dagingnya dan oleskan ke area wajah yang berpigmen.

 

Gunakan gel lidah buaya ini setiap malam sebelum tidur, selanjutnya Anda bisa membilas wajah keesokan harinya. Gunakan cara ini beberapa kali hingga flek hitam tersamarkan atau menghilang.

 

Susu

 

Siapa sangka, susu tidak hanya mengandung kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang, namun ternyata susu juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit. Asam laktat dalam susu bisa membantu mencerahkan kulit Anda.

Untuk menghilangkan flek hitam menggunakan susu, caranya sangat mudah. Pertama tuangkan susu segar pada kapas lalu tempelkan kapas ke beberapa bagian wajah yang memiliki flek hitam. Lakukan cara ini dua kali dalam sehari serta ulangi hingga flek hitam menghilang.

 

Pepaya

 

Buah satu ini juga sering dijadikan bahan dasar kosmetik atau skin care, tidak hanya bisa membantu melancarkan pencernaan, pepaya juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Nah bagi Anda yang ingin menggunakan buah pepaya, pertama – tama pilihlah pepaya matang lalu haluskan menggunakan blender. Selanjutnya aplikasikan pepaya yang sudah halus ke area wajah sebagai masker. 

Anda sebaiknya melakukan cara tersebut dua kali sehari dan lakukan terus hingga flek pada kulit wajah Anda memudar atau menghilang.

 

Cuka Apel

 

Mungkin Anda tidak asing ya dengan cuka apel ini, beragam kegunaan dan manfaat dapat kita rasakan dari penggunakan cuka apel ini, salah satunya untuk membantu mencerahkan kulit wajah dan menyamarkan flek hitam.

Cara menggunakan cuka apel juga sangat mudah, Anda bisa mencampurkan 1 sendok makan cuka apel dengan satu sendok makan air mineral, selanjutnya Anda bisa langsung menggunakan campuran cuka apel sebagai masker wajah. Tidak seperti bahan sebelumnya, pemakaian cuma apel sebagai masker hanya selama 3 menit saja, setelah itu Anda langsung membilasnya menggunakan air hangat. 

 

Peterseli

 

Sayuran satu ini juga bisa membantu Anda untuk menyamarkan flek hitam pada kulit. Caranya Anda bisa memotong halus daun peterseli dan campurkan yoghurt sebanyak satu sendok. Selanjutnya Anda bisa menggunakan bahan tersebut sebagai masker wajah. Aplikasikan peterseli dan yoghurt pada wajah selama 15 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa bisa mengulangi pemakaian hingga beberapa kali.

 

Sahabat Medisqu, meskipun beberapa bahan diatas merupakan bahan alami, penting bagi Anda untuk mencari tahu terlebih dahulu, apakah bahan alami yang akan digunakan cocok atau tidak pada kulit wajah Anda. Jika tidak menimbulkan reaksi apapun, Anda bisa melanjutkan pemakaiannya.

 

Tidak hanya itu, setelah kulit Anda kembali cerah dan flek hitam memudar, pastikan Anda menjaga kulit wajah agar tidak timbul flek hitam yang baru. Caranya Anda harus menggunakan SPF (Sun Protection) diatas 30 ketika akan keluar rumah. Anda juga sebaiknya menghindari paparan sinar matahari langsung diatas pukul 10 pagi.

 

Itulah beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk menyamarkan atau menghilangkan flek hitam pada wajah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *