10 Penyebab Haid Terlambat Selain Kehamilan

Setiap bulan umumnya semua wanita akan mengalami haid, ini terjadi ketika darah dan jaringan mukosa keluar dari lapisan rahim melalui vagina.

Setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda – beda, namun siklus mentruasi normalnya berada pada pada rentang waktu 21 hingga 35 hari, Anda dapat menghitungnya sejak hari pertama haid bulan sebelumnya hingga haid selanjutnya.

Sayangnya tidak semua wanita memiliki siklus haid yang teratur, terkadang beberapa wanita haidnya sering terlambat, yang mana siklusnya lebih panjang dari 35 hari.

Ada banyak alasan mengapa haid bisa datang terlambat, mulai dari alasan yang ringan hingga masalah berat karena disebabkan oleh masalah kesehatan. Berikut beberapa penyebab haid bisa datang terlambat yang perlu wanita ketahui, agar bisa menghindari pemicunya dan segera mendapatkan perawatan :

1. Berat Badan Rendah

Memiliki badan yang kurus tidak selalu baik, jika Anda mengetahui bahwa ternyata berat badan Anda jauh dibawah normal, ini bisa menyebabkan masalah kesehatan dan mengubah fungsi tubuh.

Setidaknya berat badan yang berada dibawah kisaran normal sebanyak 10%, itu bisa menghentikan ovulasi yang berakibat pada keterlambatan haid.

Untuk itu pastikan selalu menjaga berat badan sehat dan ideal, setidaknya cek Indeks masa tubuh Anda setiap satu bulan untuk mengetahui apakah tubuh Anda selalu ada dalam kisaran normal atau tidak.

Hal paling penting jika berat badan terlalu rendah yaitu perbaiki pola makan Anda. Pastikan untuk makan secara teratur dan tidak beraktivitas secara berlebihan.

2. Obesitas

Berat badan memang selalu menjadi masalah dalam proses haid, tidak hanya wanita dengan berat badan rendah yang memiliki kemungkinan terlambat haid, namun wanita yang obesitas atau memiliki berat badan berlebih juga dapat mengalaminya.

Setidaknya jaga berat badan Anda agar tetap ideal dan atur pola makan agar tidak berlebihan.

3. Stres

Stres tidak hanya buruk bagi pikiran Anda, ini akan memberikan dampak terhadap seluruh tubuh, termasuk siklus haid.

Stres dapat mempengaruhi hormon yang akan berpengaruh terhadap otak, otak akan ikut mengatur proses haid akan terdampak yang mengakibatkan siklus haid menjadi terlambat.

Jika stres menjadi penyebab terlambatnya haid Anda, pastikan untuk mencoba melakukan teknik rileksasi atau olahraga secara teratur ahar siklus haid Anda kembali normal.

4. Olahraga Berlebih

Olahraga memang baik untuk dilakukan, bahkan Anda disarankan untuk mengatur olahraga setidaknya 150 menit dalam seminggu.

Namun Anda perlu mengetahui bahwa olahraga berlebihan justru dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh, termasuk diantaranya sistem reproduksi wanita.

Untuk itu pastikan tidak olahraga terlalu berat dan berlebihan waktunya. Sesuaikan dengan kemampuan tubuh untuk mendapatkan tubuh yang bugar.

5. Masalah Tiroid

Kelenjar tiroid yang kurang aktif atau terlalu aktif juga bisa menyebabkan haid datang terlambat. Tahukah Anda bahwa tiroid mempengaruhi metabolisme yang juga akan berpengaruh terhadap hormon.

Jika Anda terbukti memiliki masalah tiroid, maka pengobatan bisa dilakukan untuk mengatasinya. Ketika masalah tiroid dapat diatasi dengan baik, ini bisa mengembalikan siklus haid menjadi normal.

6. PCOS (sindrom ovarium polisistik)

PCOS terjadi ketika tubuh Anda lebih banyak mengandung hormon androgen pria, ini juga dapat terjadi ketika kista terbentuk pada ovarium yang diakibatkan oleh ketidakseimbangan hormon.

Penyebab PCOS sendiri belum dapat diketahui secara pasti, namun ini ada kemungkinan akibat faktor genetik dan lingkungan.

Jika siklus haid seorang wanita terganggu akibat sindrom ini, tentu Anda perlu mendapatkan perawatan terlebih dahulu agar proses haid Anda kembali normal.

7. Penyakit Kronis

Beberapa penyakit kronis yang dapat mempengaruhi siklus haid Anda yaitu seperti diabetes dan penyakit celiac. Diketahui bahwa perubahan gula darah yang signifikan akan mempengaruhi hormon, itulah mengapa ketika tubuh tidak dapat mengontrol gula darah, ini akan memicu masalah haid.

Sedangkan penyakit celiac terjadi akibat peradangan yang mempengaruhi usus kecil, akibatnya tubuh tidak dapat menyerap nutrisi penting yang akan menyebabkan keterlambatan haid.

8. Kontrasepsi

Kontrasepsi hormonal seperti KB juga umumnya menyebabkan siklus haid. Setidaknya untuk pengguna KB pil, Anda mungkin akan mengalami keterlambatan haid selama beberapa bulan.

Sedangkan jenis kontrasepsi lain seperti IUD, KB suntik hingga implan akan benar – benar menghentikan haid Anda.

9. Perimenopause

Perimenopause terjadi ketika wanita akan memasuki masa menopause, pada masa ini umumnya siklus haid akan sedikit terganggu, salah satunya haid datang terlambat hingga darah yang keluar sangat sedikit.

Perimenopause biasanya dimulai sejak awal usia 40 hingga pertengahan. Perimenopause ini dapat terjadi selama beberapa tahun sebelum haid Anda benar – benar berhenti karena menopause.

10. Amenore

Amenore terjadi ketika wanita mengalami keterlambatan haid setidaknya selama 3 bulan. Penyebab umum yang menyebabkan amenore yaitu akibat masalah pada organ reproduksi dan kelenjar yang mengatur proses haid.

Jika Anda mengalami keterlambatan haid hingga 3 bulan, ini bisa terjadi akibat amenore. Tentu Anda perlu mendapatkan penanganan medis agar masalah tersebut dapat segera diatasi dan haid kembali normal.

Sahabat medisqu, meskipun tidak semua dapat dicegah, ada baiknya Anda selalu menjaga pola hidup sehat seperti konsumsi makanan sehat dan olahraga secara teratur agar siklus haid tidak terlambat.

Selanjutnya jika diketahui penyebab terlambat mentruasi Anda akibat masala kesehatan, pastikan untuk segera melakukan pemeriksaan mendalam agar dokter dapat segera melakukan pengobatan dan perawatan yang diperlukan.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *