Tanda Kesehatan Mental Anda Terganggu

Kesehatan mental merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk diperhatikan, memiliki kesehatan mental yang baik tentu dapat berpengaruh terhadap lancarnya kehidupan dan aktivitas harian Anda.

Berbeda dengan gejala penyakit lain, terkadang sulit untuk mengenali bahwa kesehatan mental Anda sedang terganggu. Mungkin banyak dari Anda yang mengabaikan gejala yang muncul, hingga baru menyadari bahwa sebenarnya Anda memiliki gangguan kesehatan mental yang serius dan perlu penanganan medis.

Tanda dan gejala untuk setiap jenis gangguan mental sangat bervariasi, hal tersebut tergantung pada tingkat keparahannya. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa tanda gangguan mental agar mencegah tingkat keparahan berlanjut.

Bagi Anda yang selama ini kurang memperhatikan kesehatan mental atau bahkan masih bingung tentang gejala dan tandanya, Medisqu akan menjelaskan beberapa tanda yang perlu diwaspadai saat kesehatan mental sedang terganggu.

Menarik diri dari lingkungan sosial

Orang yang memiliki masalah mental akan lebih suka menyendiri, mereka secara perlahan akan menarik diri dari lingkungan sosialnya.

Beberapa lainnya akan merasa kesulitan bersosialisasi, yang akhirnya membuat mereka tidak nyaman berbicara dengan orang lain dan lebih suka menyendiri dalam melakukan segala hal.

Tidak hanya teman, Anda juga turut menghindari orang tua atau saudara. Biasanya Anda akan merasa tidak nyaman atau bahkan kesal jika harus berbaur dan berbincang dengan orang lain.

Takut, cemas dan khawatir berlebihan

Memiliki rasa takut, cemas dan khawatir merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap manusia. Namun Anda perlu waspada jika hal tersebut dirasakan secara berlebihan dari hari ke hari.

Tentunya rasa takut dan khawatir berlebih akan mengganggu aktivitas karena pikiran Anda selalu merasa tidak tenang. Akhirnya Anda lebih banyak merasakan takut dan sulit untuk menjalani segala sesuatu dengan santai.

Suasana Hati Berubah Cepat

Setiap orang tentu wajar jika suasana hatinya bisa berubah kapan saja, namun Anda perlu waspada jika perubahan suasana hati atau mood yang terjadi sangat tiba – tiba dan cepat.

Misalnya Anda sedang merasa sangat bahagia, namun dalam hitungan menit perasaan Anda berubah menjadi sangat sedih bahkan bisa menangis.

Umumnya perubahan suasana hati terjadi karena adanya pemicu, untuk itu sangat perlu diperhatikan jika suasana hati Anda berubah tanpa ada pemicu.

Ledakan Emosi

Setiap orang tentu pernah ya merasakan marah, namun ada rasa marah yang bisa jadi pertanda adanya gangguan mental. Jika sebelumnya Anda merupakan tipe orang yang tenang namun tiba – tiba berubah menjadi orang yang sangat pemarah, tentu Anda harus waspada.

Ledakan emosi ini membuat orang sangat marah terhadap suatu hal, hingga mereka sendiri kesulitan untuk mengontrol emosinya. Jika ledakan emosi ini terjadi secara terus menerus disertai dengan ketidakmampuan untuk mengontrol, maka perlu bagi Anda untuk mendapatkan konsultasi kesehatan mental.

Makan dan Tidur Terganggu

Tidak hanya mengenai perasaan dan pikiran, tanda gangguan mental juga dapat berpengaruh terhadap bagaimana cara makan dan tidur sehari – hari. Sangat berbeda dengan gangguan makan dan tidur yang wajar terjadi, gangguan mental membuat Anda kesulitan makan dan tidur.

Orang dewasa setidaknya harus tidur selama 7 – 9 jam, jika Anda tidur dibawah atau diatas waktu itu, maka ada kemungkinan Anda memiliki masalah mental.

Tidur dibawah 7 jam mengindikasikan adanya masalah insomnia dan kecemasan, sedangkan tidur diatas 9 jam bisa mengindikasikan Anda mengalami depresi.

Sebaliknya, tanda lain juga bisa membuat makan dan tidur Anda menjadi lebih meningkat, bahkan Anda kesulitan untuk melakukan aktivitas lain karena lebih banyak menggunakan waktu hanya untuk makan dan tidur saja.

Bingung

Bingung yang terjadi secara terus menerus juga perlu Anda waspadai, rasa bingung ini tentu bisa membuat Anda sulit untuk fokus bahkan tidak mendapatkan fokus sama sekali ketika melakukan suatu hal.

Akibatnya aktivitas dan pekerjaan Anda menjadi terganggu. Hal ini dapat membuat Anda sulit untuk menentukan keputusan yang harus diambil serta sulit untuk menyelesaikan pekerjaan dan tugas.

Berpikir Menyakiti Diri Sendiri

Tahap yang semakin serius yaitu ketika Anda pernah atau sering berpikir untuk menyakiti diri sendiri, biasanya keinginan ini muncul ketika Anda merasa takut, cemas atau sulit bertahan pada keadaan sulit yang sedang dialami.

Jika sudah muncul pikiran seperti ini atau bahkan Anda sudah sempat melakukannya, pastikan Anda segera konsultasi dengan dokter agar mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Ingin Mengakhiri Hidup

Tanda lain yang perlu Anda waspadai yaitu timbul pikiran ingin mengakhiri hidup atau bunuh diri. Tentunya ini merupakan tahap yang serius dan perlu penanganan khusus.

Seseorang dengan gangguan mental yang sudah parah, biasanya kesulitan untuk berpikir panjang mengenai hidupnya. Jika ada masalah yang sulit dan merasa tidak bisa menyelesaikan, mereka akan langsung berpikir bahwa bunuh diri adalah pilihan terbaik untuk lari dari masalah yang sedang dihadapi.

Sahabat Medisqu, sangat penting untuk memperhatikan beberapa tanda yang muncul pada tubuh dan pikiran Anda. Jika Anda mengalami satu hal diatas, belum tentu Anda memiliki gangguan mental. Namun Anda tetap perlu melakukan konsultasi dan evaluasi dari psikiater atau dokter spesialis jiwa.

Ketika ada indikasi yang mengarah ke gangguan mental, Anda akan segera mendapatkan perawatan dan pencegahan agar gangguan mental yang dialami tidak bertambah parah.

 

Referensi:
Warning signs of mental illness. Diakses pada 2020. Psychiatry.org
Mental illness symtomps. Diakses pada 2020. WebMd
 
Disclaimer: informasi dari Medisqu tidak menggantikan nasihat medis. Selalu konsultasikan ke dokter Anda sebelum melakukan tindakan lebih lanjut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *