Tips Aman Berobat ke Rumah Sakit Saat New Normal

Masa new normal merupakan masa transisi di tengah kondisi COVID-19, pada masa ini masyarakat mulai bisa beraktivitas normal, namun tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat agar terhindar dari paparan virus corona.

Pada masa new normal ini, banyak orang mulai memberanikan diri untuk mengunjungi rumah sakit guna mendapatkan pengobatan dan konsultasi dari dokter secara langsung. Umumnya orang yang mendatangi rumah sakit merupakan pasien urgent yang harus segera mendapatkan penanganan yang tepat dan khusus.

Lalu adakah cara paling aman untuk dapat berobat ke rumah sakit pada masa new normal?

Sahabat Medisqu, jika Anda ingin mengunjungi rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan di tengah masa new normal, kami memiliki beberapa tips untuk Anda agar proses pengobatan dan konsultasi yang dilakukan di rumah sakit dapat berjalan dengan lancar.

Buat Janji Temu dengan Dokter

Ketika akan konsultasi atau berobat ke rumah sakit, tentu Anda sudah mengetahui dokter spesialis apa yang akan Anda tuju, oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui jadwal dinas mereka.

Jika Anda sudah mengetahui jadwal dinas dokter yang akan Anda temui, pastikan untuk menghubunginya dan membuat janji temu.

Janji temu dapat Anda lakukan beberapa hari sebelum kunjungan, Anda bisa melakukannya secara daring.

Daftar Administrasi secara Daring

Langkah pertama sebelum konsultasi dan mendapat tindakan di rumah sakit, tentu Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Biasanya Anda diwajibkan untuk mengisi formulir, memberikan kartu identitas dan membayar sejumlah uang.

Saat ini setiap rumah sakit sudah menyediakan pendaftaran administrasi secara online, tentu ini akan memudahkan Anda untuk mendaftar sebelum bertemu dengan dokter dan mendapatkan pengobatan.

Daftar administrasi secara online bertujuan untuk meniadakan antrian panjang di loket pendaftaran rumah sakit. Antrian panjang yang dilakukan secara manual tentu akan meningkatkan resiko penularan COVID-19.

Datang Saat Pagi Hari

Rumah sakit tentu akan selalu ramai dengan pasien yang datang dan pergi setiap waktu, selain itu akan banyak keluarga lain yang datang untuk mengunjungi atau mendampingi perawatan mereka.

Semakin banyak Anda bertemu dan kontak fisik dengan orang lain, akan semakin tinggi resiko terpapar virus. Oleh karena itu, pilihlah waktu paling sepi saat datang ke rumah sakit. Pagi hari adalah saat yang paling tepat untuk datang.

Saat pagi hari, jumlah orang di rumah sakit biasanya tidak terlalu ramai dibandingkan dengan siang atau sore hari. Karena belum banyak orang yang datang, tentu rumah sakit juga masih dalam keadaan bersih saat pagi.

Rencanakan Rute

Rumah sakit memiliki area yang sangat luas, tentu Anda akan melewati banyak ruangan, baik itu ruangan operasi, kamar mayat, ruang perawatan, ruang bersalin dan beberapa tempat lainnya.

Ketika akan berobat ke rumah sakit, pasti Anda sudah tahu dengan dokter apa Anda bertemu. Untuk itu rencanakan rute dengan baik saat menuju ke ruangan konsultasi atau pengobatan, hindari melewati banyak ruangan yang diisi atau dikunjungi banyak orang seperti UGD atau ruang perawatan. Anda bisa coba bertanya ke satpam agar mendapatkan rute paling aman.

Lakukan Screening Kesehatan

Setiap akan memasuki rumah sakit, tentu Anda harus mendapatkan pemeriksaan, misalnya cek suhu tubuh. Pastikan Anda mendapatkan pemeriksaan tersebut sebelum masuk ke dalam rumah sakit.

Jika suhu tubuh diatas 37,5 derajat biasanya Anda tidak diizinkan memasuki area rumah sakit. Hal ini dilakukan untuk melihat adakah kemungkinan Anda terpapar virus corona.

Bawa Kendaraan Pribadi

Kita tentu mengetahui dengan jelas bagaimana perawatan kendaraaan pribadi, serta siapa saja yang pernah menaiki dan menggunakannya. Dengan begitu kita bisa mengetahui adakah kemungkinan tersebarnya virus pada kendaraan.

Selain itu, kita juga tentu mengetahui bagaimana kebersihan kendaraan sendiri dengan baik. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan kendaraan pribadi saat menuju rumah sakit.

Saat menggunakan kendaraan umum, kemungkinan besar Anda akan bertemu dengan penumpang lain, itu akan meningkatkan resiko penularan virus corona.

Gunakan Masker dan Bawa Handsanitizer

Beberapa cara untuk melindungi diri dari paparan virus corona yaitu dengan menggunakan masker saat keluar rumah dan mencuci tangan dengan benar dan teratur.

Saat pergi ke rumah sakit, pastikan untuk membawa sendiri handsanitizer sendiri, meskipun rumah sakit menyediakan banyak handsanitizer di setiap sudut ruangan, namun akan lebih aman Anda membawanya sendiri.

Bawa Pendamping Sehat dan Tidak Membawa Anak Kecil

Ketika Anda pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, tentu Anda membutuhkan pendamping. Baik teman, pasangan atau orang tua.

Pastikan orang yang mendampingi Anda di rumah sakit merupakan orang yang kondisinya sedang sehat dan tidak mengidap penyakit kronis. Pastikan untuk tidak memilih orang tua dengan usia lanjut, karena mereka memiliki kekebalan tubuh yang lebih lemah dibanding orang dengan usia produktif.

Jika Anda memiliki anak, pastikan juga tidak mengajaknya memasuki lingkungan rumah sakit. Anak kecil juga memiliki sistem imun yang lebih lemah.

Hindari Menyentuh Banyak Barang Rumah Sakit

Barang bisa menjadi tempat berkumpulnya virus dan bakteri, barang juga bisa menjadi media penyebaran virus corona, untuk itu pastikan tidak banyak menyentuh barang rumah sakit.

Sentuh atau ambil sesuatu yang memang sangat diperlukan saja, setelahnya pun Anda harus langsung mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer.

Mandi dan cuci pakaian setelah sampai rumah

Setelah pulang dari rumah sakit, pastikan Anda langsung membersihkan diri dan mencuci seluruh pakaian yang telah Anda gunakan. Anda sebaiknya mandi dan gunakan sabun anti bakteri. Sedangkan untuk pakaian dan sepatu, pastikan Anda segera mencucinya menggunakan detergen.

Sahabat Medisqu, Anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit pada masa new normal, asalkan Anda mengikuti protokol kesehatan dan menjalankan tips diatas.

Selanjutnya tingkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi agar tidak mudah sakit.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *