Mengejutkan, Ini Manfaat Berjalan Bagi Kesehatan Tubuh!

Selain itu, berjalan secara teratur juga bisa mengurangi resiko infeksi pernapasan secara keseluruhan.

5. Mempertahankan Kesehatan Tulang

Semakin tua usia, maka kepadatan tulang akan ikut berkurang, itu merupakan hal yang lazim dialami oleh setiap orang. Namun Anda bisa mencoba untuk mempertahankan kesehatan tulang sejak muda.

Salah satu caranya yaitu dengan rutin berjalan kaki selama 30 menit setiap hari. Nah bagi Anda yang sedang memasuki usia senja atau osteoporosis, berjalan bisa membantu menghentikan hilangnya massa tulang. Dengan begitu proses pengeroposan tulang menjadi berhenti atau terhambat.

Bahkan berjalan secara rutin juga bisa mengurangi resiko patah tulang pinggul sebanyak 40% loh.

6. Membakar Kalori

Siapa nih sahabat Medisqu yang lagi berusaha menurunkan berat badan? Ternyata hanya dengan berjalan bisa membantu membakar kalori loh, dengan begitu berat badan Anda bisa berangsur – angsur turun dengan catatan rutin berjalan kaki.

Sebenarnya membakar kalori tergantung pada seberapa cepat dan seberapa lama Anda berjalan. Semakin cepat dan semakin lama berjalan, maka akan semakin banyak kalori yang terbakar. Selama 30 menit berjalan setidaknya ada 150 kalori yang terbakar.

7. Memperpanjang Usia

Jika Anda ingin memperpanjang usia, maka salah satu cara ampuh nya yaitu dengan rutin berjalan kaki. Namun ini juga tergantung tingkat kecepatan berjalan Anda.

Penelitian mengungkapkan bahwa orang yang berjalan lebih cepat memiliki resiko kematian yang lebih rendah dibandingkan orang yang berjalan dengan lambat.

Selanjutnya jika Anda berjalan lebih cepat lagi, maka resiko kematian juga akan semakin berkurang. Setidaknya jalan yang cukup cepat akan menurunkan resiko kematian sebanyak 24%.

8. Memperkuat Kaki Anda

Ingin memiliki kaki yang kuat? Kuncinya yaitu berjalan secara rutin. Berjalan dapat memperkuat otot – otot kaki. Jika ingin hasil yang lebih baik, pastikan memilih jalan yang lebih bagus, yaitu perbukitan, tanjakan atau lintasan yang menanjak.

Ketika berjalan dengan menanjak, maka ini bisa meningkatkan kekuatan otot kaki lagi dan lagi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, rutinkan kegiatan berjalan Anda dan tambah kecepatannya. Namun jika Anda sebelumnya tidak biasa berjalan kaki, mulailah secara perlahan dengan durasi waktu yang pendek terlebih dahulu agar kaki Anda bisa menyelesaikannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *