Tips Mudah dan Cepat Mengajari Anak Berbicara

Tips Mudah dan Cepat Mengajari Anak Berbicara

Berbicara merupakan salah satu hal penting yang perlu orang tua ajarkan kepada anak, hal ini penting karena berbicara merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. 

Mengajari berbicara kepada Anak perlu moms dan ayah lakukan sejak kecil, bahkan akan lebih baik jika moms dan ayah mulai mengajari mereka sejak bayi. 

Saat anak masih bayi, tentu orang tua akan kesulitan memahami keinginan mereka. Ini karena mereka tidak dapat mengekspresikan keinginannya melalui kata – kata, namun semakin bertambahnya usia, mereka mulai bisa bicara sepatah dua patah kata. 

Umumnya mereka mulai bisa mengucap satu kata, seperti mama atau ayah. Lama kelamaan mereka bisa mengucapkan beberapa kata sekaligus. 

Nah bagi moms dan ayah yang memiliki anak balita dan sedang dalam tahap mengajari mereka bicara, Medisqu akan memberikan tips mudah untuk mengajari anak moms dan ayah berbicara. Tipsnya yaitu:

1. Bicara dengan Mereka

Ketika moms dan ayah sedang bersama mereka, pastikan untuk berbicara secara aktif. Cobalah untuk bertanya kepada mereka dan jelaskan dengan kata – kata mengenai hal apapun yang moms dan ayah inginkan. 

Ajak anak moms dan ayah bicara ketika sedang mengganti popok, menyusui, memberi makan, bermain hingga mandi. Meski mereka tidak bisa membalas dengan kata – kata secara langsung, umumnya mereka akan memberikan respon seperti tersenyum atau tertawa. 

Moms dapat mempraktekkan cara ini sedini mungkin, artinya tidak perlu menunggu mereka hingga berumur satu atau dua tahun. 

2. Membaca Bersama

Kegiatan membaca ini dapat moms lakukan secara rutin sebelum mereka tidur malam. Moms bisa membacakan mereka selama beberapa waktu, misalnya selama 15 menit. 

Saat moms membacakan cerita, tentu anak mendengarkan dengan baik dan mereka akan menangkap begitu banyak kosakata baru setiap hari. Selanjutnya mereka akan mengingat kosa kata baru dan mempraktekkannya. 

Tidak hanya itu, ketika mereka tidak mengerti kosakata baru yang terdengar, mereka pasti akan bertanya artinya. Ini juga bisa memicu mereka untuk bicara lebih banyak. 

3. Biasakan Mengulangi Kata

Salah satu cara mudah lain untuk membuat anak moms mau berbicara yaitu dengan mengajak mereka mengulangi kata – kata yang moms ucapkan. 

Misalnya hari ini ajari mereka untuk mengenal nama buah, pertama moms bisa menyebut nama – nama buah dan mereka langsung mengikuti ucapan moms. 

4. Bernyanyi Bersama

Iringan musik yang asik dan menyenangkan tentu membuat anak – anak jadi tertarik dan semangat ya moms, ini bisa dijadikan strategi untuk membuat anak berbicara. 

Moms dan anak bisa bernyanyi bersama, setelah selesai bernyanyi sekali, moms bisa meminta anak untuk kembali bernyanyi sendiri. Ketika hal ini dilakukan terus menerus, maka anak moms akan lebih cepat berbicara dengan pelafalan yang jelas. 

Perlu moms ingat juga, sebaiknya pilihlah lagu anak – anak yang memiliki kosakata yang mudah, sehingga mereka tidak kesulitan mengucapkannya. 

5. Gunakan Ekspresi 

Tahukah moms bahwa anak kecil sangat suka melihat orang tuanya bersemangat dan ceria ketika sedang bersama mereka, nah saat moms sedang mengajari mereka bicara, pastikan untuk menunjukkan semangat yang maksimal. 

Semangat bisa disalurkan melalui suara tertawa, senyum hingga gerakan tangan dan tubuh lainnya. Minimal selalu tersenyum dan gerakan tangan saat mengajari mereka bicara agar semangat mereka juga ikut terpacu. 

6. Berikan Anak Pertanyaan

Ketika anak moms lebih sulit untuk mengeluarkan kata – kata,maka sebagai orang tua moms perlu memancingnya untuk bicara. Salah satunya yaitu dengan memberikan pertanyaan kepada mereka. 

Misalnya, meminta anak anda untuk menjelaskan bagaimana hari mereka, menyebutkan nama permainan hingga kartun kesukaan mereka. Jika moms sering melakukan hal ini, anak akan terpancing berbicara dengan sendirinya, terlebih topik yang moms tanyakan merupakan topik menarik yang mereka sukai. 

Moms, setiap anak memiliki waktu bicara yang berbeda. Beberapa anak bisa saja mengalami keterlambatan berbicara, moms bisa melihat dari tanda yang muncul. Misalnya saat anak moms tidak bisa bicara hingga usia 2 tahun dan kesulitan menyusun kata – kata. Ketika hal tersebut terjadi, sebaiknya moms segera konsultasi kepada dokter atau terapis. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *