Penyebab dan Cara Mengatasi Ruam Popok pada Anak Kecil

Penyebab dan Cara Mengatasi Ruam Popok pada Anak Kecil

Anak kecil atau bayi umumnya memiliki beberapa masalah kulit, ini merupakan hal yang normal dan tidak berbahaya. Salah satu masalah kulit anak dan bayi yaitu ruam popok moms. 

Ruam popok bukan masalah serius dan mudah diatasi jika terjadi secara ringan, dengan begitu moms tidak perlu khawatir. Cukup cari tahu penyebabnya dan segera cari cara untuk mengatasinya saja. 

Penyebab Ruam Popok

Iritasi

Ruam popok terjadi karena adanya iritasi oleh tinja dan urin hingga kulit yang sensitif akibat penggunaan popok yang terlalu ketat. Ruam popok ini ditandai dengan timbulnya bercak atau sisik merah di area paha, genital dan pantat anak moms. 

Ini juga bisa terjadi karena popok yang jarang atau telat diganti, oleh karena itu moms harus lebih sigap dalam mengawasi anak apakah mereka sedang buang air besar dan kecil atau tidak. Jika moms tahu anak sedang buang air besar atau kecil dan segera mengganti popoknya, maka ruam popok dapat terhindarkan. 

Infeksi

Tahukah moms bahwa urin dapat mengubah pH kulit, jika urin terlalu lama menempel pada kulit maka bakteri dan jamur akan lebih cepat berkembang biak, dengan kata lain kulit anak terlalu lembab.

Alergi

Ada beberapa anak yang tidak cocok menggunakan popok, terlebih jika menggunakan popok dalam jangka waktu yang lama, mereka bisa saja mengalami alergi popok dan membuat kulit mereka menjadi sensitif serta timbul ruam. 

Cara Mengatasi

Moms, sangat mudah untuk mengatasi ruam popok ini. Berikut beberapa tips dari Medisqu untuk mengatasi ruam popok anak Anda, diantaranya :

  • Bersihkan area genital dan pantat dengan baik

Cobalah bersihkan dan lap area ruam dengan menggunakan air biasa dan kain yang lembut. Moms juga bisa menggunakan tisu basah, namun sebaiknya pilih tisu basah yang tidak mengandung alkohol dan bahan kimia. Menggunakan tisu basah dengan alkohol dapat memperparah gejala ruam dan menimbulkan rasa perih. 

  • Ganti popok secara berkala

Setelah anak buang air besar dan kecil maka moms harus segera mengganti popok mereka. Idealnya penggantian popok harus dilakukan setiap 2 atau 3 jam sekali.

  • Batasi Penggunaan Popok

Jika anak moms sering mengalami ruam popok, cobalah untuk mengurangi penggunaan popoknya. Jika sedang santai di rumah dan tidak pergi keluar, bebaskan anak moms dari penggunaan popok sekali pakai. 

  • Bersihkan tangan sebelum mengganti popok

Selanjutnya ketika moms akan mengganti dan mencopot popok, pastikan tangan moms dalam keadaan bersih, sehingga ruam tidak terinfeksi dan semakin parah gejalanya.

  • Pilih sabun dan lotion yang sesuai

Gunakan lotion dan sabun untuk kulit sensitif, akan lebih baik jika moms bisa mendapatkan produk perawatan kulit yang khusus mengatasi ruam popok.

  • Gunakan Petroleum Jelly. 

Petroleum jelly atau vaseline dapat membantu melindungi kulit anak dari infeksi dan mengurangi gesekan pada kulit yang memiliki ruam, dengan begitu anak menjadi lebih merasa nyaman.

Moms, karena ruam popok bukan masalah kulit yang serius, maka pencegahan dan perawatan ringan bisa mengatasi dan menghilangkan ruam. Namun jika moms melihat ruam semakin parah seperti bercak semakin menyebar luas, anak demam tinggi, gejala tidak hilang dalam seminggu, maka pastikan untuk segera mengunjungi dokter kulit. 

Ruam biasanya akan mereda dan hilang tidak lebih dari seminggu, jika ruam tidak hilang dalam seminggu, itu bisa menjadi pertanda ada masalah kesehatan lain. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *