Mengejutkan, Ini Manfaat Berjalan Bagi Kesehatan Tubuh!

Bagi sebagian orang, berjalan menjadi salah satu kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari. Berjalan memang menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang bisa menyehatkan tubuh, berjalan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Untuk waktu berjalan kaki yang direkomendasikan yaitu 10 menit setiap hari. Anda bisa berjalan kaki saat akan pergi ke sekolah, ke kantor atau ke pasar saat pagi hari.

Bahkan berjalan kaki juga tidak membutuhkan biaya karena Anda bisa melakukannya di area umum seperti taman, tempat olahraga umum gratis yang disediakan oleh pemerintah hingga beberapa tempat umum lainnya.

Sahabat Medisqu, jika ingin olahraga ringan, tanpa perlu mengeluarkan biaya khusus dan memiliki banyak manfaat, pilihlah berjalan kaki. Berikut beberapa manfaat berjalan kaki bagi kesehatan tubuh :

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Nah bagi sahabat Medisqu yang memiliki penyakit diabetes atau beresiko karena ada keluarga yang mengalaminya juga, pastikan untuk mulai jalan kaki secara rutin ya.

Waktu jalan kaki terbaik untuk Anda yang ingin menurunkan kadar gula darah yaitu beberapa menit setelah makan.

Anda bisa berjalan kaki selama 10 menit setelah sarapan, makan siang dan makan malam. Namun pastikan untuk memberi jeda selama beberapa menit setelah selesai makan ya.

2. Membantu Meningkatkan Energi

Siapa sangka berjalan kaki bisa membantu meningkatkan energi tubuh, ini karena saat berjalan kaki aliran darah yang mengandung oksigen dan nutrisi akan meningkat, sehingga aliran darah menjadi lancar mengalir ke seluruh tubuh, terutama ke otak.

Selain itu berjalan kaki juga terbukti dapat meningkatkan jumlah jenis protein yang ditemukan di otak. Sehingga Anda bisa juga meningkatkan daya berpikir, daya belajar hingga menghafal.

3. Meningkatkan Mood

Tidak hanya memberikan efek positif bagi tubuh secara fisik, namun berjalan kaki juga mampu meningkatkan kesehatan mental Anda.

Sahabat medisqu, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa berjalan kaki yang rutin dapat mengubah sistem saraf dan menurunkan rasa marah kesal dan sedih yang sedang dirasakan. Dengan begitu perasaan Anda bisa menjadi lebih baik.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh dengan sistem kekebalan tubuh yang baik bisa mencegah terjadinya masalah kesehatan, berjalan selama 30 menit setiap hari bisa membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Dengan begitu Anda jadi tidak mudah sakit dan tubuh menjadi lebih bugar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *