Tips Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Memiliki kulit kering terkadang membuat tidak nyaman, terlebih Anda tipe orang yang melakukan aktivitas didalam ruangan dan menggunakan pendingin sepanjang waktu. Hal tersebut membuat kulit Anda semakin kering dari waktu ke waktu.
Meskipun bukan termasuk dalam masalah kesehatan yang serius, kurangnya kelembapan pada kulit bisa membuat aktivitas Anda menjadi terganggu, akibatnya setiap beberapa jam Anda harus mengoleskan lotion pada kulit, yang justru hal tersebut bisa mengganggu aktivitas harian Anda.
Ada banyak hal yang menyebabkan kulit Anda kering, mulai dari tubuh yang kurang terhidrasi, penggunaan lotion yang kurang tepat, cuaca yang terlalu panas atau dingin, hingga penggunaan sabun atau detergen yang terlalu sering.
Nah bagi Anda yang sedang mengalami masalah kulit kering, kali ini Medisqu akan memberikan beberapa tips untuk mengembalikan kelembapan kulit Anda secara alami.

Gunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu jenis minyak sehat yang banyak digunakan untuk kecantikan dan kesehatan. Salah satu manfaat minyak kelapa bagi kesehatan yaitu membantu melembabkan dan menjaga kulit Anda tetap terhidrasi sepanjang hari.
Hal tersebut dapat terjadi karena minyak kelapa mengandung asam lemak esensial dan lemak emollient yang juga membantu memperhalus kulit Anda.

Pelembab Udara

Pelembab udara atau Humidifier menjadi salah satu hal yang juga harus Anda pertimbangkan, jika Anda lebih banyak bekerja dan melakukan aktivitas didalam ruangan, Anda bisa menggunakan pelembab udara secara rutin.
Penggunaannya sangat mudah, Anda bisa memilih pelembab udara listrik dan letakkan didalam ruangan, Anda bisa menyalakannya ketika kulit Anda mulai kering.

Pelembab kulit

Jika Anda memiliki tipe kulit kering, wajib bagi Anda untuk menggunakan pelembab setiap hari. Pastikan Anda mengaplikasikan pelembab setelah selesai mandi. Selain itu, pilihlah pelembab kulit yang sesuai dan cocok dengan kulit Anda.

Batasi Waktu Mandi

Siapa sangka, waktu mandi bisa menjadi pemicu keringnya kulit Anda. Jika Anda terbiasa mandi dengan waktu yang lama, saat ini coba untuk membatasi waktunya. Untuk membantu mengurangi kulit kering, pastikan waktu mandi Anda tidak lebih dari 10 menit.
Mandi yang terlalu lama justru bisa mengjilangkan minyak pada kulit dan membuat kulit Anda menjadi semakin kering.

Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan dan Omega 3

Tidak hanya cukup penanganan dari luar, Anda juga harus mengatasi kulit kering dari dalam tubuh. Caranya Anda bisa mengkonsumsi makanan mengandung antioksidan dan Omega 3, beberapa jenis makanannya seperti wortel, kacang – kacangan, tomat, blueberi hingga ikan salmon.
Selain membantu melembabkan kulit, beberapa jenis makanan tersebut bisa membantu mencerahkan kulit Anda juga.

Petroleum Jelly

Produk Petroleum Jelly banyak digunakan untuk kesehatan dan kecantikan, bahan ini berfungsi untuk melembabkan kulit Anda. Kulit kering dan bersisik yang sering Anda alami bisa hilang dengan rutin menggnakan produk mengandung Petroleum Jelly.

Aloe Vera

Lidah buaya atau Aloe Vera juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kulit. Jika kulit Anda kering, pastikan untuk menggunakan aloe vera secara rutin sebelum beraktivitas. Penggunannya sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan gel aloe vera pada permukaan kulit yang kering.

Gunakan Madu

Tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan pengakit dari dalam tubuh, madu juga bermanfaat untuk mengatasi kulit kering dan menjaga kelembabannya. Anda bisa mengkonsumsi madu secara langsung atau mengoleskan madu ke permukaan kulit Anda yang kering.
Sahabat Medisqu, tidak hanya penting mengetahui cara mengatasi kulit kering, Anda juga harus memahami cara mencegah kulit kering. Bagi Anda yang rutin melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci, sebaiknya Anda menggunakan sarung tangan karet untuk mencegah kulit yang semakin kering karena penggunaan produk pembersih.
Selanjutnya Anda bisa mengurangi penggunaan produk berbasis alkohol dan kurangi penggunaan pendingin ruangan yang terlalu lama. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.
Referensi
Home Remedies for Dry Skin. Diakses pada 2020. Medical News Today
8 Home Remedies For Dry Skin. Diakses ada 2020. Healthline
Dry Skin. Diakses pada 2020. MayoClinic

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *