Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet dengan Cepat

Setiap orang tentu ingin memiliki berat badan yang ideal, ketika memiliki berat badan ideal, ini bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

Tidak hanya itu, berat badan ideal juga mengindikasikan bahwa Anda memiliki tubuh yang sehat. Oleh karena itu tak heran jika banyak orang berlomba – lomba mencoba berbagai cara untuk menurunkan berat badannya.

Bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, kali ini Medisqu akan memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan agar berat badan Anda cepat turun tanpa diet :

Konsumsi Protein, lemak dan sayuran

Mungkin Anda bertanya – tanya, alih – alih mengurangi porsi makan, mengapa justru harus mengkonsumsi protein, lemak dan sayuran untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Ketika Anda mengkonsumsi lebih banyak protein, maka ini dapat membantu meningkatkan pengeluaran kalori hingga 800 – 1000 perhari. Konsumsi protein yang cukup juga dapat mengurangi pikiran untuk makan saat malam hari karena perut Anda kenyang.

Anda bisa memilih beberapa jenis makanan mengandung protein yang sehat, seperti telur, kacang – kacangan, ikan salmon, kedelai, udang dan daging.

Sedangkan beberapa pilihan sayuran sehat dan rendah karbihidrat seperti, brokoli, kembang kol, kubis, selada, timun hingga bayam.

Selanjutnya konsumsi lemak untuk mengurangi berat badan, jangan takut untuk mengkonsumsi lemak, namun pastikan ands mengkonsumsi lemak yang sehat, beberapa pilihan lemak sehat seperti minyak zaitun, alpukat dan minyak kelapa.

Makan dengan Fokus

Tidak hanya bekerja atau mengerjakan soal ujian saja yang membutuhkan fokus, namun Anda harus fokus saat makan. Hal tersebut perlu dilakukan agar Anda dapat menikmati makan dengan baik dan tidak terburu – buru. Makan yang terburu – buru cenderung membuat mereka tidak sadar terhadap apa yang sedang dikonsumsi, Anda tidak bisa berfikir bahwa apakah makanan tersebut sehat atau tidak.

Tips untuk makan dengan fokus yaitu :

  • Cari tempat paling nyaman dan duduk
  • Hindari makan sambil menonton video, menonton TV atau bermain handphone
  • Makan dengan perlahan dan nikmati makanan dengan baik

Tingkatkan Bakteri Baik di Usus

Kurangnya bakteri baik dalam usus akan memicu penumpukan lemak serta penambahan berat badan, untuk itu cobalah untuk meningkatkan bakteri baik di usus dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan berikut, seperti :

Makanan dan minuman berfermenatasi

Makanan dan minunan fermentasi dpiercaya dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh, ini juga dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri jahat. Beberapa pilihan makanan yang bisa Anda konsumsi seperti. Tempe, miso, kimchi dan yoghurt.

Makanan mengandung probiotik

Makanan mengandung probiotik dapat membantu meningkatkan aktivitas bakteri baik dan mengontrol berat badan. Beberapa jenis makanan mengandung probiotik seperti asparagus, bawang, pisang, gandum dan alpukat.

Sarapan Setiap Hari

Mungkin banyak dari Anda yang melewatkan sarapan dengan tujuan menurunkan berat badan. Cara tersebut keliru dan justru bisa meningkatkan berat badan Anda.

Ketika Anda melewatkan sarapan, maka saat siang hari Anda cenderung akan makan lebih banyak karena rasa lapar yang amat sangat, untuk itu pastikan selalu sarapan setiap hari, plihlah makanan sehat dan bernutrisi saat sarapan seperti gandum, buah – buahan dan susu rendah lemak.

Sebuah studi menunjukkan bahwa oeang yang teratur sarapan memiliki indeks massa tubuh yang normal dibanding mereka yang sering melewatkan waktu sarapan.

Hindari stres dan Rutin Rileksasi

Stres merupakan hal normal yang bisa muncul kapan saja, untuk itu Anda perlu melakukan rileksasi agar stres yang sedang dirasakan dapat berkurang.

Anda perlu menghindari dan mengurangi stres karena stres yang berlarut – larut dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan nafsu makan bahkan membuat tubuh sulit mengontrol keinginan untuk terus makan.

Jika Anda kesulitan mengontrol keinginan makan, akibatnya Anda akan mengalami kenaikan berat badan yang signifikan.

Ketika Anda sedang stres, sebaiknya kelola stres denga beberapa pilihan cara seperti, yoga, teknik pernapasan, jalan – jalan bahkan hingga berkebun.

Tidur Malam yang Cukup

Tidur yang cukup juga memiliki peran penting dalam menjaga berat badan yang ideal, sebuah studi menunjukkan bahwa tidur kurang dari 6 jam sehari dapat meningkatkan resiko obesitas. Pastikan Anda cukup tidur setiap malam setidaknya selama 7 hingga 9 jam.

Orang yang kurang tidur juga akan menghambat proses metabolisme, ketika proses metabolisme berjalan kurang baik, ini akan membuat tubuh Anda menyimpan energi sebagai lemak.

Minum Lebih Banyak Air

Siapa sangka banyak orang yang salah paham tentang rasa lapar dan haus yang sedang dirasa. Misalnya Anda merasakan lapar, lalu Anda langsung makan. Pastikan sebelum makan Anda minum satu gelas air untuk memastikan bahwa yang sedang Anda rasakan itu laar atau haus. Jika setelah minum rasa lapar Anda hilang, berarti Anda salah mengira tentang perasaan lapar yang sedang dirasa.

Untuk mencegah makan berlebih, pastikan untuk minum air yang cukup setelah melakukan berbagai aktivitas.

Sahabat Medisqu, poin penting dalam menurunkan berat badan yaitu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti buah dan sayuran. Pastikan Anda menghindari jenis makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji. Selanjutnya imbangi dengan olahraga teratur selama 30 menit setiap hari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *