Manfaat Luar Biasa Menyusui ASI Esklusif Bagi Ibu

Menyusui merupakan hal penting yang perlu dilakukan oleh wanita terhadap anaknya sejak lahir, setidaknya wanita akan menyusui selama 2 tahun agar anak selalu tercukupi nutrisinya. Ini karena ASI memiliki jumlah nutrisi yang tepat dan optimal.

Memberikan ASI (air susu ibu) kepada anak dapat menimbulkan banyak manfaat baik bagi kesehatan anak Anda. Namun siapa sangka menyusui tidak hanya berdampak baik terhadap anak, namun juga ibu yang menyusui.

Sahabat Medisqu, bagi Anda seorang wanita yang akan atau sedang menyusui, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja manfaat baik menyusui bagi tubuh dan kesehatan Anda. Berikut beberapa manfaat menyusui bagi ibu :

1. Menurunkan Resiko Kanker Payudara dan Ovarium

Kanker ovarium dan kanker payudara merupakan jenis kanker yang peling umum menyerang wanita, namun kabar baiknya Anda bisa mengurangi resiko kanker payudara dan ovarium dengan menyusui secara esklusif bayi Anda. Minimal Menyusui selama 6 bulan dan maksimal 1 tahun.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tahukah Anda bahwa proses memproduksi ASI dapat membakar kalori lebih banyak, setidaknya sebanyak 300 hingga 500 dapat terbakar. ASI juga mengandung kalori, sehingga jika dalam sehari Anda dapat menstransfer kalori sebanyak 200 kepada bayi, maka akan semakin mudah berat badan Anda turun. Lalu setelah 3 bulan menyusui, tubuh akan membakar lemak lebih banyak.

Tentu penurunan berat badan setelah melahirkan sangat diperlukan mengingat banyaknya jumlah kenaikan berat badan saat hamil. Mendapatkan kembali berat badan yang ideal tentu baik bagi kesehatan tubuh Anda dan menurunkan resiko masalah kesehatan kronis.

3. Mencegah Penyakit Kronis

Ada beberapa manfaat bagi kesehatan ibu yang menyusui, setidaknya resiko penyakit kronis yang mungkin akan timbul di masa mendatang dapat berkurang, diantaranya seperti diabetes, rematik, radang sendi, darah tinggi hingga penyakit jantung.

4. Menurunkan Resiko Depresi

Mungkin beberapa wanita dapat mengalami depresi, umumnya depresi yang terjadi tidak lama setelah melahirkan yaitu depresi postpartum.

Depresi postpartum terjadi ketika ibu kehilangan selera dalam melakukan aktivitas akibat rasa sedih yang muncul secara terus menerus. Dengan begitu, seorang ibu akan kesulitan membangun bonding atau ikatan dengan bayinya.

Nah, namun jika Anda menyusui secara aktif bayi Anda, ini akan membantu menurunkan resiko depresi postpartum tersebut.

5. Mempercepat Pemulihan pasca melahirkan

Melahirkan merupakan perjuangan panjang dan sulit yang cukup menguras energi, dengan begitu seorang wanita yang baru melahirkan akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memulihkan kembali kondisi tubuhnya.

Menyusui juga dapat mengurangi keluarnya banyak darah pasca melahirkan dan membantu rahim Anda kembali ke ukuran normal atau involusi. Diketahui saat hamil, rahim Anda melebar dan membesar karena terisi oleh janin, plasenta dan jaringan lain.

6. Menurunkan Resiko Osteoporosis

Seorang wanita yang pernah menyusui memiliki resiko terserang osteoporosis yang lebih rendah, ini terjadi karena wanita yang sedang menyusui tubuhnya lebih baik dalam melakukan penyerapan kalsium, dengan begitu tulang Anda juga bisa menjadi lebih kuat dan sehat.

Selain itu, beberapa manfaat baik menyusui bagi Ibu seperti berkurangnya resiko infeksi saluran kemih dan anemia.

Sahabat Medisqu, karena banyaknya manfaat menyusui bagi bayi dan ibu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan memberikan ASI eksklusif minimal 6 bulan dan maksimal 2 tahun.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *