Cara Mengatasi Keputihan Abnormal

Keputihan merupakan keluarnya cairan berwarna bening, kuning, kehijauan hingga coklat dari dalam vagina. Keputihan dapat terjadi secara normal maupun tidak normal, Anda dapat melihat keputihan yang Anda alami normal atau tidak berdasarkan gejala yang timbul. 

Biasanya keputihan yang tidak normal membutuhkan penanganan khusus, karena ini menjadi pertanda adanya masalah kesehatan pada organ reproduksi Anda.

Keputihan abnormal tentunya akan menimbulkan beberapa gejala yang bisa membuat Anda tidak nyaman, seperti gatal di area vagina, cairan berbau dan berubah teksturnya hingga perih dan sakit di area vagina dan perut.

Bagi Anda wanita yang memiliki masalah keputihan yang abnormal dan sedang berusaha mengatasinya, Medisqu akan memberikan beberapa pilihan cara yang dapat Anda lakukan agar keputihan segera membaik:

1. Hindari Penggunaan Sabun

Ketika keputihan terjadi, mungkin Anda berpikiran bahwa area vagina sedang tidak bersih, sehingga Anda mencoba untuk membersihkannya dengan menggunakan sabun. 

Namun tahukah Anda bahwa penggunaan sabun yang tidak tepat justru dapat memperburuk keputihan. Pastikan untuk menghindari sabun yang mengandung parfum dan tidak sesuai pH. 

Perlu diketahui bahwa area kewanitaan memiliki pH yang berbeda dengan area tubuh yang lain, sehingga pemilihan sabun yang sesuai pH sangat penting untuk diperhatikan.

Akan lebih baik Anda tidak menggunakan sabun untuk membersihkan area vagina, karena vagina memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Pastikan untuk membersihkan dengan langkah yang benar dan sesuai. Misalnya membasuh vagina dari depan ke belakang setelah buang air kecil.

2. Gunakan Pantyliner

Menggunakan pantyliner memang tidak lantas menghentikan keputihan, namun ini bisa membantu mengurangi keputihan dan bau yang timbul dari cairan keputihan.

Ketika akan menggunakan pantyliner, pastikan untuk menggunakannya maksimal selama 4 jam, ini untuk menghindari bakteri yang semakin menumpuk. Pilihlah pantyliner yang tidak mengandung parfum atau pengharum.

3. Penggunaan Gel dan Krim khusus

Bagi wanita yang memiliki keputihan akibat penyakit, umumnya dokter akan merekomendasikan penggunaan gel dan krim antibiotik. Ini biasanya dilakukan pada pasien gonore, trikomoniasis, klamidia dan beberapa penyakit menular seksual lainnya.

Selain itu, mereka juga akan diberikan antibiotik untuk diminum atau dalam bentuk suntikan. 

4. Gunakan Celana dalam Berbahan Katun

Pemilihan celana dalam juga penting bagi orang dengan keputihan abnormal, umumnya orang yang menggunakan celana dalam yang berbahan dasar selain katun akan membuat area vagina lembab dan udara semakin sulit keluar masuk.

Vagina yang lembab akan meningkatkan resiko keputihan karena bakteri dapat berkumpul dengan mudah, untuk itu gunakan celana dalam yang nyaman dan berbahan katun dan mudah menyerap keringat.

Selain itu, saat tidur di malam hari sebaiknya Anda tidak melepas celana dalam. Ini bertujuan agar vagina tetap kering dan tidak lembab akibat keringat sepanjang malam.

5. Kompres Air Dingin

Kompres air dingin di sekitar area vagina 

Jika Anda merasakan sakit, perih atau gatal. Biasanya ini terjadi pada wanita dengan keputihan yang cukup parah. Mengkompres area vagina dapat mengurangi perih atau gatal akibat keputihan. 

6. Hindari Hubungan Seksual

Jika Anda adalah wanita yang aktif berhubungan seksual, sebaiknya saat mengalami keputihan berlebih hindari berhubungan seksual terlebih dahulu. 

Biasanya beberapa wanita akan bertambah parah keputihannya setelah melakukan hubungan seksual. Tunggu selama 1 minggu hingga Anda mengetahui apakah keputihan bertambah parah atau tidak. 

Sahabat Medisqu, perlu diketahui bahwa penanganan keputihan berdasarkan apa yang menjadi penyebabnya. Untuk itu, jika Anda merasakan keputihan semakin parah seperti berubah warna, cairan yang keluar semakin banyak, berbau dan beberapa gejala lain yang membuat tidak nyaman, pastikan untuk segera mengunjungi dokter.

Selanjutnya bantu dengan konsumsi makanan dan minuman yang sehat setiap hari. Makanan yang tidak sehat dapat memperparah keputihan abnormal Anda. Makanlah sayuran dan buah setiap hari serta minuman atau makanan mengandung Lactobacillus seperti yoghurt.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *