Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak dialami. Data kementerian kesehatan pada tahun 2019 menunjukkan lebih dari 60 juta kasus di Indonesia.

Tekanan darah dikatakan tinggi jika lebih dari 130/80mmHG. Tekanan darah tinggi sendiri perlu penanganan yang tepat. Jika tidak, maka akan timbul berbagai masalah kesehatan lain, seperti arteri rusak, gagal jantung, stroke, kehilangan penglihatan dan penurunan kognitif.

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, Anda perlu mengatasinya dengan cara yang tepat. Anda bisa mencoba untuk melakukan beberapa cara mudah dan alami di rumah, sehingga tekanan darah Anda bisa kembali normal.

Olahraga Teratur

Olahraga memiliki peran penting dalam proses penurunan tekanan darah, Anda disarankan setidaknya untuk berolahraga secara teratur selama 150 menit dalam seminggu. Anda juga dapat membaginya dalam 5 waktu, masing – masing selama 30 menit.

Beberapa pilihan olahraga yang dapat Anda lakukan seperti jogging, bersepeda, berenang, hingga aerobik.

Olahraga teratur dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 5 hingga 8 mmHG. Untuk itu pastikan olahraga secara teratur, jika olahraga tidak teratur maka sangat mudah membuat tekanan darah Anda kembali naik.

Konsumsi Makanan Tinggi Kalium

Kalium merupakan salah satu mineral penting yang dapat membantu mengurangi natrium dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

Sangat mudah untuk menemukan makanan tinggi kalium, misalnya seperti sayur, buah – buahan, tuna, kacang – kacangan, hingga ubi jalar dan kentang.

Selain itu, Anda juga perlu untuk menghindari konsumsi makanan olahan seperti junkfood dan frozen food. Banyak makanan cepat saji yang memiliki kandungan garam yang cukup tinggi.

Bawang putih

Konsumsi bawang putih dapat membantu meningkatkan zat oksida nitrat, hal ini dapat membuat pembuluh darah Anda rileks dan membesar. Efeknya aliran darah menjadi leluasa dan tekanan darah berkurang.

Anda bisa mengkonsumsi bawang putih dengan menambahkannya ke beberapa jenis makanan yang akan dikonsumsi

Kurangi Berat Badan

Siapa sangka bahwa berat badan memiliki pengaruh terhadap tekanan darah, kurangi berat badan Anda minimal 4kg untuk dapat mengurangi tekanan darah.

Kurangi Stres

Stres menjadi salah satu pemicu darah tinggi, ketika sedang stres, ini membuat jantung berdetak lebih cepat dan pembuluh darah menyempit.

Mengurangi stres bisa dilakukan dengan mendengarkan musik yang tenang atau memberikan waktu bagi tubuh untuk lebih banyak istirahat. Salah satu penyebab stres yaitu tubuh yang terlalu lelah atau padatnya aktivitas atau pekerjaan.

Selanjutnya Anda bisa menambahkan yoga atau meditasi dalam rangkaian mengurangi stres. Meditasi dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, sistem ini bekerja untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks dan menurunkan tekanan darah.

Konsumsi Buah Beri

Buah beri memiliki kandungan polifenol, ini dapat bertugas untuk membantu memperbaiki fungsi pembuluh darah. Dengan begitu, beri dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

Sahabat Medisqu, setelah tekanan darah Anda kembali normal, pastikan untuk menjaga kesehatan dan gaya hidup sehari – hari agar tekanan darah tetap terkontrol.

Sebaiknya hindari untuk mengkonsumsi makanan tinggi natrium atau makanan asin, merokok dan kontrol pikiran supaya tidak stres.

Pengaruh asupan natrium yang sedikit, dapat membantu mengurangi tekanan darah sebanyak 5 hingga 6 mmHG. Untuk natrium, pastikan Anda membatasinya maksimal hanya 1.500mg dalam sehari.

Selain itu, Anda juga perlu mengontrol tekanan darah secara rutin, Anda bisa mengunjungi dokter atau menggunakan pengukur tekanan darah digital secara mandiri di rumah.

Disclaimer: informasi dari Medisqu tidak menggantikan nasihat medis. Selalu konsultasikan ke dokter Anda sebelum melakukan tindakan lebih lanjut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *